Apa dan Bagaimana Cara Main Wordle Game yang Populer di Internet

Oleh Agustinus Mario Damar pada 21 Jun 2022, 14:07 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 14:07 WIB
Apa dan cara bermain Wordle Game
Perbesar
Apa dan bagaimana cara bermain game Wordle yang ramai di internet? (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini game Wordle kembali populer setelah sebelumnya sempat viral di media sosial, seperti Twitter pada awal 2022.

Kala itu, lini masa Twitter pun dipenuhi oleh tangkapan layar dan skor yang didapat oleh pemian dengan menembak kata di dalam game Wordle ini.

Namun apa sih game tebak kata ini dan siapa yang membuatnya? Wordle dibuat pengembang sofware bernama Josh Wardle.

Pada awalnya, Josh membuat game ini hanya untuk dimainkan oleh sang pacar yang sangat menyukai permainan puzzle dan tebak kata.

Tak lama kemudian, Josh pun memperkenalkan game Wordle ini ke teman-teman dan keluarganya. Mereka pun ketagihan dan penasaran dengan game tersebut.

Baru pada Oktober 2021, Josh memberanikan diri untuk merilis Wordle ini secara global. Saking populernya, game tebak kata ini langsung diakuisisi oleh The New York Times.

Lalu bagaimana cara main game Wordle ini? Seperti game puzzle dan tebak kata lainnya, player harus menebak satu kata yang terdiri dari lima huruf.

Pemain akan mendapatkan enam kali percobaan. Setiap kali menebak, kamu akan mengetahui huruf apa yang benar dan dimana seharusnya berada.

Player dapat mengetahui hal ini dengan tiga warna dalam kotak permainannya yaitu hijau, kuning, dan abu-abu.

Bila kotak berwarna hijau, maka huruf tersebut sudah benar. Bila kuning, maka huruf itu sudah benar tetapi tempatnya berada salah.

Sedangkan abu-abu menandakan huruf yang ditebak salah. Gimana sangat mudah bukan? Perlu diketahui, server Wordle game akan secara otomatis me-reset jawaban sehari sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Main Game Wordle

Apa itu Wordle, gim tebak kata yang ramai di media sosial. (Liputan6.com/ Yuslianson)

1. Buka situs The New York Times dengan link: nytimes.com/games/wordle. Sebuah kotak akan muncul di halaman web. Kotak tersebut memiliki 6 baris yang terdiri dari 5 kotak yang mewakili setiap huruf

2. Pada baris pertama pemain harus menebak kata 5 huruf secara acak. Permainan kemudian akan memunculkan warna setelah kamu klik "Enter". Ingat, kata yang ditulis harus berbahasa Inggris.

3. Huruf akan berwarna hijau jika tebakan benar dan berada di tempat yang benar. Huruf akan berwarna kuning yang menunjukkan kata yang kamu tulis benar, namun di baris yang salah. Sementara warna abu-abu adalah kata yang salah dan di tempat yang salah pula.

4. Setiap pemain hanya memiliki 6 kali kesempatan untuk menebak kata dan posisi tempat yang benar.

5. Setelah berhasil atau gagal menebak kata, kamu dapat membagikan skor game Wordle ini di media sosial.

 


Tips Main Wordle

Screenshot gim tebak kata Wordle yang viral di kalangan pengguna internet (Foto: Screenshot Wordle)

1. Salah satu cara terbaik untuk menebak kata di Wordle adalah untuk menggunakan kata dengan banyak kata konsonan. Contoh, ABOUT, CRANE, hingga OILED.

2. Setelah mendapatkan ragam huruf, kamu dapat mengetahui huruf mana yang benar, letaknya salah, dan tidak ada di dalam kata. Hal ini juga menjadi cara eliminasi untuk mencari huruf lainnya.

3. Jangan lupa, ada kalanya kata yang menjadi jawaban memiliki dua huruf yang sama berdampingan atau berbeda tempatnya. Karena itu, jangan sampai terkecoh.

4. Berhubung hanya ada enam kali kesempatan, perhatikan dengan baik huruf-huruf yang tersisa di keyboard virtual game Wordle. Terkadang, hal ini dapat menjadi ide dan membantu kamu saat menjawab.

5. Bila tidak bisa menebak kata hari ini, jangan berkecil hati. Toh kamu dapat kembali memainkan game Wordle besok dengan kata yang berbeda. So, practice makes perfect.

(Ysl/Tin)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya