3 Cara Backup Foto dari Smartphone agar Tidak Hilang

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 25 Jun 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Jun 2022, 18:00 WIB
Galaxy M33 5G
Perbesar
Foto: Galaxy M33 5G (Foto: Samsung Electronics Indonesia).

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, lebih dari 1 triliun foto diambil di seluruh dunia. Tahun 2022 ini, angka foto yang diambil bisa mencapai 1,72 triliun foto atau setara 4,7 miliar foto per hari. Dari jumlah itu, 92 persen dijepret melalui smartphone.

Jika dirinci, pengguna smartphone di Asia jadi salah satu yang paling sering memotret karena tiap orang bisa mengambil hingga 15 foto per harinya.

Pengguna smartphone mengambil foto mulai dari foto makanan, momen bersama teman, OOTD (outfit of the day), hingga foto random untuk Instagram Stories.

Jika satu foto berukuran 10MB, artinya kamu akan menghabiskan memori sebesar 150MB per hari atau lebih dari 4GB per bulan untuk menyimpan foto. Belum lagi video yang direkam untuk medsos atau video yang dikirimkan melalui WhatsApp.

Kalau hal tersebut dibiarkan, memori smartphone akan cepat penuh sehingga kinerja menurun dan sering lag.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Wildan Mukholad mengatakan, kebutuhan akan memori yang besar untuk menyimpan foto dan video dipenuhi oleh Samsung Galaxy M33 5G.

Smartphone ini didukung memori internal 128GB dan memori internal hingga 1TB. Galaxy M33 5G juga dibekali kemudahan untuk backup tiap foto dan video yang diambil.

"Jadi kamu tidak perlu berpikir dua kali untuk membuat konten, kamu bisa langsung mem-backup dengan sederhana supaya momen-momen terindah tidak hilang dan bisa dilihat kapan pun dan di mana pun," kata Wildan, melalui keterangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tips Backup Foto

Galaxy M33 5G
Perbesar
Ilustrasi: Galaxy M33 5G (Foto: Samsung Electronics Indonesia)

Berikut adalah tiga tips mem-backup foto dari smartphone:

1. Backup dengan kartu microSD

Kartu microSD adalah ruang penyimpanan yang umum dipakai pengguna untuk menyimpan foto atau video. Pengguna yang mau mem-backup foto dan video di Galaxy M33 5G bisa mem-backup-nya ke microSD, pasalnya smartphone ini dilengkapi memori eksternal yang mendukung penyimpanna hingga 1TB atau setara 1.000GB.

Caranya: Buka aplikasi MyFiles, pilih Internal Storage, pilih DCIM, pilih folder yang ingin di-backup (misalnya Camera), tekan lama foto atau video yang ingin di-backup, lalu pilih Move (untuk memindahkan sepenuhnya) atau Copy (untuk membuat salinan).

Selanjutnya, kembali ke halaman utama dari My Files, lalu pilih SD Card. Pastikan pengguna sudah memasukkan kartu microSD ke dalam perangkat.

Lalu, pilih folder tujuan yang diinginkan, lalu pilih Move Here atau Copy Here, dan tunggu proses backup selesai.


2. Backup dengan hard disk atau flash disk

Samsung Galaxy S22 Ultra
Perbesar
Tampilan Samsung Galaxy S22 Ultra (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hard disk dan flash disk umum dipakai untuk menyimpan data seperti foto dan video. Untuk backup data dengan hard disk atau flash disk, pengguna bisa memanfaatkan fitur Link to Windows yang ada di Galaxy M33 5G untuk menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop.

Nantinya pengguna bisa mentransfer file seperti foto dan video ke komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan hard disk atau flash disk dengan cepat.

Pengguna juga bisa mem-backup data menggunakan flash disk On The Go (OTG). Flash disk OTG adalah flash disk dengan dua tipe USB, yaitu USB Type A dan USB Type B

Hal ini memungkinkan flash disk bisa langsung dicolok ke PC atau laptop maupun smartphone. Cara backup dengan flash disk OTG mirip dengan mem-backup dengan microSD.

Pengguna hanya perlu membuka aplikasi My Files dan memindahkan atau menyalin foto dan video yang ingin di-backup dari memori internal ke flash disk OTG.


3. Backup menggunakan online drive

OneDrive
Perbesar
Ilustrasi Microsoft OneDrive. (Foto: Microsoft)

Untuk mem-backup dengan online drive, pengguna bisa menentukan terlebih dahulu platform yang akan dipakai, baik itu Google Drive, OneDrive, atau layanan cloud lain.

Setelahnya, pengguna bisa memasukkan ke online drive pilihan kemudian unggah foto dan video yang ingin di-backup.

Pastikan pengguna sudah login dengan akun yang benar dan terhubung dengan koneksi internet stabil agar proses backup menjadi lancar.

Di sini , pengguna bisa menghubungkan akun Google Drive atau OneDrive dengan aplikasi MyFiles di Galaxy M33 5G. Dengan begitu, pengguna bisa makin mudah mengakses semua data mereka yang ada di smartphone maupun di online drive.

Pengguna pun bisa memaksimalkan platform Google Photos untuk menyimpan foto dan video yang ada di smartphone secara online.

Pengguna cukup login dengan akun Google lalu aktifkan fungsi backup di Google Photos, maka tiap foto dan video yang tersimpan di memori internal smartphone akan otomatis di-backup di Google Photos.

(Tin/Ysl)

 

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya