Sukses

Pengembang PUBG Krafton Pamer Tampilan Manusia Virtual Pertama Buatannya

ANA dirancang untuk melibatkan audiens global dan membantu membangun Web 3.0 Krafton

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan di balik waralaba gim PUGB, Krafton, mengungkapkan visual pertama dari ANA, manusia virtual pertama yang mereka kembangkan.

Dalam pengumuman di laman resminya, dikutip Sabtu (18/6/2022), Krafton mengatakan bahwa ANA adalah "manusia virtual perusahaan yang didukung hyperrealism, rigging, dan deep learning."

ANA dirancang untuk melibatkan audiens global dan membantu membangun Web 3.0 Krafton. Perusahaan menyebut, manusia virtual ini pertama kali terungkap dalam demonstrasi teknis pada Februari lalu.

"ANA adalah manusia virtual hiper-realistis yang diciptakan oleh teknologi Krafton yang tak tertandingi," kata Josh Seokjin Shin, Head of Creative Center di Krafton.

Krafton mengatakan, mereka telah bekerja secara internal untuk menciptakan manusia virtual yang dapat diterima dan disetujui oleh audiens di seluruh dunia.

ANA dikembangkan melalui teknologi produksi hyperrealism dari Unreal Engine. Perusahaan mengatakan, "ANA dengan bangga menampilkan tampilan hyper-realistis, mengaburkan batas antara karakter digital dan manusia nyata."

Krafton lebih lanjut mengklaim, ANA akan memiliki fitur-fitur tubuh yang mirip manusia dan tidak terlihat seperti manusia virtual lainnya.

Menurut Krafton, mereka menggunakan teknologi face rigging yang canggih untuk membuat ANA mampu mengekspresikan gerakan pupil, otot wajah halus, dan kerutan, dan memungkinkan gerakan sendi yang alami di seluruh tubuh.

"Selain itu, teknologi deep learning seperti voice synthesis tingkat lanjut, membantu menciptakan suara kecerdasan buatan untuk ANA sehingga dia dapat berakting dan bernyanyi seperti manusia sungguhan," kata Krafton.

"ANA akan merilis trek musik orisinal dan memperluas cakupan aktivitasnya sebagai influencer ke berbagai bidang hiburan dan esports," kata Shin menambahkan.

Krafton belum mengungkapkan lebih lanjut seperti apa ANA ke depannya. Mereka mengatakan, informasi lanjutan akan diungkap akhir tahun ini melalui gambar, video, dan alur cerita untuk tokoh ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengembang PUBG Krafton Gandeng Solana Labs

Sebelumnya, Krafton telah mengumumkan kemitraan dengan Solana Labs dengan tujuan membangun penawaran game blockchain-nya. 

Rencana bisnis baru perusahaan mencakup penciptaan ekonomi token untuk memperkuat pengalaman play-to-earn (P2E) untuk membangun penawaran Web3 sendiri.

Krafton, merupakan salah satu perusahaan pengembangan game Korea terbesar, telah melanjutkan tahap lain dalam porosnya baru-baru ini untuk bergabung ke industri game blockchain.

Kesepakatan antara Krafton dan Solana Labs melibatkan hubungan kerja sama jangka panjang untuk pengembangan dan pengoperasian game dan layanan berbasis blockchain dan NFT. 

Ini berarti menunjukkan kedua perusahaan telah sepakat untuk bekerja sama dalam pembentukan peluang bisnis dan investasi bersama, dan juga dalam pengembangan game berbasis blockchain yang disebutkan.

Kecepatan dan biaya rendah yang ditawarkan Solana kepada penggunanya adalah faktor besar dalam pemilihannya. Mengenai hal ini, pemimpin Web3 Roundtable di Krafton, Hyungchul Park, mempercayai Solana sebagai mitranya. 

3 dari 4 halaman

Game Blockchain

"Sebagai salah satu blockchain global berkinerja tinggi terbaik dengan kekuatan dalam kecepatan tinggi dan biaya rendah, Solana mewakili ekosistem Web 3.0 terbaik dan teknologinya,” kata Park, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (13/4/2022).

“Melalui kerja sama ini, Krafton akan memperoleh wawasan yang dibutuhkan untuk mempercepat investasinya dan menghasilkan pengalaman berbasis blockchain,” lanjut dia. 

Langkah ini berpotensi mendorong pengembang terkemuka lainnya yang mempertimbangkan gim blockchain untuk menggunakan Solana sebagai rantai pengembangan mereka, karena semakin banyak perusahaan yang mengintegrasikan teknologi baru ini dalam model bisnis mereka.

“Kami melihat para gamer semakin mencari game on-chain dan perusahaan game yang merespons permintaan ini dengan cepat akan mempersiapkan diri mereka dengan baik untuk kesuksesan yang berkelanjutan, ujar Kepala Pengembangan Bisnis Game di Solana Labs, Johnny Lee.

4 dari 4 halaman

Pengembang Game PUBG Masuk Dunia NFT dan Metaverse

Krafton juga diketahui resmi terjun ke bisnis NFT dan metaverse. Adapun untuk mewujudkan metaverse NFT ini, Krafton bekerja sama dengan dua perusahaan besar asal Korea, yakni Naver dan Zepeto.

Rencananya, Krafton akan menggunakan pengalaman perusahaan dalam membuat game online PUBG untuk membangun dunia virtual berbasis konten buatan pengguna di Web 3.0, dan proyek NFT.

Sementara itu, Naver Z--anak perusahaan Naver--akan mengelola layanan metaverse plus layanan komunitas dan sosial, sebagaimana dikutip dari IGN, Senin (14/2/2022).

“Kemitraan Krafton dan Naver Z ini didukung oleh keahlian masing-masing perusahaan dan fokus global ke arah masa depan yang didorong oleh NFT dan metaverse,” kata HyungChul Park, pemimpin tim web 3.0 Krafton.

"Dengan menggabungkan teknologi Krafton, Naver Z dan Zepeto, kami yakin dapat membangun metaverse terbuka berbasis konten berkualitas tinggi, dan menghidupkan ekonomi kreator global melalui teknologi NFT."

Kedua perusahaan mengumumkan kemitraan mereka beberapa jam setelah Krafton melakukan investasi ke Seoul Action Blue (senilai USD 2,5 juta/Rp 35 miliar) dan anak perusahaannya Xbyblue (membeli saham senilai USD 4,1 juta atau Rp 58 miliar).

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.