WhatsApp Gulirkan 3 Fitur Baru untuk Group Call, Apa Saja?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 18 Jun 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2022, 12:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
Fitur baru untuk panggilan grup yang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. (Dok: WhatsApp).

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menggulirkan tiga fitur baru untuk fungsi panggilan grup atau group call melalui aplikasinya. Informasi ini diumumkan langsung melalui akun Twitter aplikasi chatting milik Meta tersebut.

Kehadiran fitur baru ini juga diumumkan oleh Head of WhatsApp, Will Cathcart melalui akun Twitternya. Salah satu fitur yang digulirkan adalah kemampuan untuk mematikan suara (mute) pengguna lain yang bergabung dalam panggilan grup.

"Beberapa fitur baru untuk panggilan grup di WhatsApp: Kamu kini bisa membisukan atau mengirim pesan pada orang-orang tertentu dalam panggilan (fitur baru pertama dan kedua)," tulis Will seperti dikutip dari akun Twitternya, Sabtu (18/6/2022).

Selain itu, pengguna kini juga akan mendapatkan notifikasi apabila ada pengguna lain yang bergabung dalam sebuah panggilan grup (fitur baru ketiga). Menurut Will, fitur ini membantu ketika orang ingin mengetahui peserta yang masuk dalam panggilan grup di WhatsApp.

"Kami telah menambahkan indikator yang berguna sehingga kamu dapat lebih mudah melihat ketika ada banyak orang yang bergabung dalam panggilan grup dalam jumlah besar," tulisnya melanjutkan.

Sebagai informasi, dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp memang terbilang rutin menghadirkan fitur baru untuk panggilan grup. Fitur yang sebelumnya diperkenalkan adalah Joinable Calls.

Lewat fitur baru ini, pengguna lebih mudah untuk bergabung dengan panggilan grup yang sedang dilakukan. Untuk mengaksesnya, pengguna aplikasi WhatsApp tinggal masuk ke grup yang sedang melakukan panggilan.

Nantinya, pengguna dapat mengetahui apakah panggilan sedang berlangsung dari ikon yang ada di gambar profil grup tersebut.

Setelah masuk grup, pengguna akan menemukan opsi Join yang muncul di bagian atas dan mengkliknya untuk bergabung dalam panggilan yang sedang berlangsung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Grup WhatsApp Kini Bisa Tampung hingga 512 Anggota

Ilustrasi WhatsApp, chat WA
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp, chat WA. (Photo by syifa5610 on Freepik)

Sebelumnya, WhatsApp juga telah merilis secara bertahap kemampuan untuk membuat grup dengan jumlah peserta hingga mencapai 512 anggota. Sebelumnya, anggota grup dibatasi sampai 256 akun.

Hal ini seperti diungkap oleh situs WABetaInfo, dikutip Minggu (12/6/2022). Sebelumnya, kemampuan untuk menambahkan hingga 512 orang di grup WhatsApp hanya diluncurkan ke sejumlah penguji secara terbatas.

Fitur ini sudah dirilis ke hampir semua pengguna pada pekan ini, dan bisa didapatkan apabila kamu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, baik lewat Play Store atau App Store.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com menggunakan aplikasi yang sudah di-update, saat mencoba untuk membuat sebuah grup WhatsApp, nantinya akan terlihat di bawah tulisan "Add Participants", jumlah anggota maksimal mencapai 512 akun.

Diketahui, ini merupakan salah satu kemampuan baru yang diluncurkan oleh aplikasi chatting milik Meta tersebut. Beberapa fitur kabarnya juga sedang digodok oleh WhatsApp.

Sebelumnya, WhatsApp juga dilaporkan sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyunting atau mengedit pesan yang sudah terkirim.

"WhatsApp sedang mengembangkan opsi baru yang memungkinkan kamu mengedit pesan teks," ungkap WABetaInfo sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (6/6/2022).


Fitur Edit Pesan yang Sudah Terkirim

Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Postingan tersebut menekankan bahwa mungkin tidak akan ada riwayat edit yang memungkinkan pengguna memeriksa versi pesan WhatsApp sebelumnya.

Akan tetapi, itu bisa saja berubah, mengingat fitur tersebut masih dalam pengembangan. Juga tidak jelas apakah akan ada jendela batas waktu untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim.

"Sayangnya, karena fitur ini sedang dalam pengembangan, kami tidak tahu kapan fitur ini akan diluncurkan ke penguji beta," tambah WABetaInfo.

Mungkin WhatsApp dapat menghapus fitur tersebut sebelum diluncurkan. Dan mungkin perlu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menguji fitur baru itu sepenuhnya sebelum hadir untuk semua pengguna.

Awal Mei lalu, WhatsApp mengumumkan kemampuan untuk berkirim file melalui platformnya kini telah ditingkatkan. Lewat peningkatan ini, pengguna sekarang bisa berkirim file dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya.


Penggguna WhatsApp Bisa Kirim File Hingga 2GB

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Dikutip dari blog WhatsApp, pengguna kini dapat mengirimkan file dengan ukuran hingga 2GB dalam sekali waktu. Tidak hanya itu, perusahaan juga memastikan pengiriman ini tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

"Kini, kamu bisa mengirimkan file di WhatsApp hingga 2GB dalam sekali waktu, dan dilindungi dengan proteksi end-to-end," tulis perusahaan melalui situsnya. Peningkatan kemampuan berkirim file ini terbilang signifkan.

Seperti diketahui, sejauh ini kemampuan berkirim file di aplikasi WhatsApp dibatasi hingga 100MB saja. Karenanya, kemampuan baru ini jelas kian membantu para pengguna aplikasi chatting milik Meta ini.

Menurut WhatsApp, peningkatan kemampuan ini diharapkan bisa membantu kolaborasi antara pengguna, baik untuk keperluan bisnis maupun produktivitas.

(Dam/Isk)


Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Cek Fakta
Perbesar
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya