Kemampuan Kamera Ponsel untuk Gantikan Fungsi Mikroskop, Seperti Apa?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 17 Jun 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 07:30 WIB
Oppo
Perbesar
Salah satu tangkapan dari kamera Microlens yang ada di Oppo Reno7. (Dok: Oppo Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, piranti yang biasa digunakan untuk menangkap objek mikro adalah mikroskop. Namun, Oppo Reno7 menawarkan kemampuan serupa dengan kamera Microlens yang dimilikinya.

Sesuai namanya, Microlens merupakan lensa kecil yang umumnya memiliki diameter kurang dari 1 milimeter dan seringkali sekecil 10 mikrometer. Dengan lensa ini, pengguna dapat menjelajahi dunia mikro untuk menangkap detail unik yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Lewat Microlens 2MP di Oppo Reno7 ini, pengguna bisa memperbesar objek super kecil yang biasanya hanya bisa ditangkap dengan mikroskop lewat perbesaran 15 hingga 30 kali.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (16/6/2022), berbeda dari fotografi makro yang menampilkan objek kecil agar terlihat besar 1:1, fotografi mikro difokuskan untuk mengabadikan objek dengan perbesaran 20:1 ke atas.

Untuk melakukan pemotretan, pengguna Oppo Reno7 tinggal membuka aplikasi Camera, lalu arahkan ke More, dan pilih Microscope. Setelahnya, arahkan kamera objek dalam jarak cukup dekat atau hampir menempel.

Lalu, atur fokus ke bagian tertentu dari objek yang ingin ditonjolkan. Nantinya, orbit light atau lampu LED di sekitar kamera Microlens akan menyala, ketika memotret objek mikro.

Orbit Light yang digunakan di HP Oppo ini tidak menggunakan lampu LED konvesional. Biasanya, modul flash standar memiliki pancaran cahaya terlalu besar dan terang, sehingga dikhawatirkan justru menghasilkan exposure tidak merata pada objek mikro.

Namun Orbit Light ini merupakan turunan dari ring light di seri Find X3 Pro ini mampu memanipulasi dan menyesuaikan kisaran suhu warna pada Microlens untuk menghasilkan foto yang pas.

Teknologi Microlens sendiri telah diterapkan pada seri Find X3 Pro dan kini diusung di seri Reno. Kamera ini memiliki jarak fokus yang sangat rendah sekitar 3mm dan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto unik, seperti tampilan serat kain hingga penampang daun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cek Spesifikasi dan Harga Oppo Reno7 di Indonesia

OPPO Reno7
Perbesar
OPPO Reno7/Istimewa.

Oppo resmi meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Oppo Reno7 pada Maret 2022. Smartphone ini sebelum sempat diperkenalkan oleh Oppo saat peluncuran Reno7 5G dan Reno7 Z 5G.

"Kami memperkenalkan seri terakhir dari lini Reno7 Series, yakni Oppo Reno7 yang didukung Ultra-Sensing Selfie dengan sensor IMX709," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A. saat peluncuran Reno7, Kamis (24/3/2022).

Menurut Aryo, sensor IMX709 merupakan sensor yang dikembangkan Oppo bersama Sony. Reno7 menjadi perangkat pertama yang menggunakan sensor di Indonesia.

Lebih lanjut disebutkan, IMX709 memiliki sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan Oppo. Sensor ini mampu menangkap cahaya 60 persen lebih banyak daripada sensor RGGB standar, sekaligus mengurangi noise hingga 35 persen.

Adapun sensor ini digunakan untuk kamera depan Reno7 yang beresolusi 32MP. Berbekal sensor ini, kamera depan smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur andalan, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.

 


Spesifikasi Oppo Reno7

OPPO Reno7
Perbesar
OPPO Reno7/Istimewa.

Beralih ke spesifikasi, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 680 yang dipadukan RAM 8GB dan ROM 25GB. Oppo juga membenamkan fitur RAM Expansion di smartphone ini untuk memberikan tambahan tenaga saat menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Smartphone terbaru Oppo ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dan mendukung refresh rate 90Hz. Layar perangkat ini juga sudah bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD untuk memutar video berkualitas tinggi.

Oppo Reno7 melanjutkan desain ikonik dari seri Reno yang diberi nama Ultra-Slim Retro Design. Ada dua warna yang diperkenalkan kali ini, yakni sunset orange dan cosmic black.

Reno7 sunset orange hadir dengan warna oranye cerah dan memiliki desain kulit fiberglass yang diterapkan pertama kali di smartphone. Sementara warna cosmic black menampilkan desain Oppo Glow yang ikonik.


Harga Oppo Reno7

Untuk fotografi, Reno7 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP, lensa bokeh 2MP, serta lensa mikro 2MP. Untuk membuka perangkat, ada fitur pemindai sidik jari di layar.

Sebagai penunjang performanya, perangkat ini dilengkapi baterai 4.500mAh dan sudah mendukung SUPERVOOC 33W. Dengan kemampuan tersebut, Oppo mengklaim baterai smartphone ini bisa terisi penuh dalam waktu 60 menit.

Oppo Reno7 menjalankan ColorOS 12 yang sudah berbasis Android 12. Selain deretan fitur baru, ColoroS 12 juga menjamin keamanan dan privasi data pengguna karena sudah tersertifikasi ISO, ePrivacy, serta TrustArc.

Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 5.199.000. Oppo Reno7 dapat dipesan secara eksklusif di laman resmi Oppo Indonesi, sedangkan pemesanan secara offline dilakukan di jaringan Oppo Store dan partner retail Oppo di seluruh Indonesia.

(Dam/Isk)


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya