Sukses

Pernah Gagal Transfer Uang dan Bikin Kamu Cemas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan adalah batas transfer uang harian.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pernah mengalami kegagalan ketika melakukan proses transfer uang? Jika iya, pasti deh kamu dibuat sebal, panik, dan cemas kan? Apalagi saat kamu dalam kondisi yang genting, semisal orangtua minta dikirimkan uang untuk membeli obat karena sedang sakit atau saat kamu lagi mau bayar tagihan bulanan.

Biar kamu nggak terlalu cemas sekaligus bisa mencari solusi ketika menghadapi kegagalan transfer uang, kamu harus tahu ya apa yang menyebabkan kegagalan ketika transfer uang. Kalau kamu sudah tahu faktor apa yang menyebabkannya, kamu bisa hindari kegagalan tersebut di kemudian hari ya! Melansir dari berbagai sumber, ini beberapa penyebab transfer uang bisa gagal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kode Bank Tujuan Salah

Kamu harus ingat ya, setiap bank itu memiliki kodenya masing-masing. Kalau kamu mau kirim uang ke bank yang berbeda, maka akan diminta kode bank ketika proses transaksi. Nah, sebelum melakukan transaksi, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu ya kode bank yang ingin dituju. Gampang kok cari kode bank, di internet kode bank mudah didapatkan!

 

3 dari 6 halaman

2. Nomor Rekening Penerima Salah

Nah, ini juga kerap kali terjadi. Entah karena kamu buru-buru sehingga jadi nggak fokus, atau salah ngetik, jadi keisi nomor rekening yang salah. Bisa dibilang, ini cukup fatal lho!

Karena nomor rekening yang salah nggak cuma buat proses transfer gagal, namun juga berisiko mengirimkan uang ke orang yang salah. Setelah kamu menuliskan nomor rekening, biasanya akan ada konfirmasi nama penerima. Sesuaikan lagi nomor rekening dan nama penerimanya ya!

 

4 dari 6 halaman

3. Gangguan Sistem Bank

Yup, kalau ini force majeure ya. Kamu nggak bakal tahu kapan sistem bank akan mengalami gangguan yang dapat menyebabkan kegagalan transfer uang. Tapi, biasanya, beberapa gangguan yang sering terjadi, seperti jaringan, mesin ATM, dan beberapa sistem lainnya yang mungkin terjadi kapan pun. Kalau hal ini terjadi, kamu harus sabar menunggu sampai semuanya normal kembali ya, biar transfer uang kamu lebih aman dan nggak mengalami kendala yang bikin ribet.

 

5 dari 6 halaman

4. Gangguan Jaringan

Gangguan jaringan seringkali terjadi pada kamu yang sering gunakan internet banking atau mobile banking. Apabila smartphone yang kamu gunakan sedang mengalami jaringan yang buruk, jangan paksakan proses transfer ya, untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan terjadi. Sebaiknya, kamu cari tempat lain dulu dengan jaringan yang lebih baik untuk melanjutkan proses transfer. Jika kamu ragu, cobalah untuk mengirim uang dengan nominal sangat kecil ke rekening bank kamu yang lain.

 

6 dari 6 halaman

5. Lampaui Batas Transfer Harian

Ini juga bisa jadi faktor yang menyebabkan kegagalan transfer uang lho. Karena setiap jenis rekening yang kamu miliki punya batas transfer harian, jadi kamu harus ingat ya nominal batasnya berapa. 

Apabila batasnya hanya Rp10 juta rupiah per hari, pastikan kamu tidak mengirim uang lebih dari nominal tersebut. Jika kamu sering melakukan transfer uang dalam jumlah yang besar, sebaiknya tingkatkan jenis rekening kamu dengan batas transfer harian yang lebih besar.

Selain itu, ada cara jitu lho buat menghindari kamu dari kecemasan gagal transfer uang. Ya, kamu bisa gunakan dompet digital DANA biar Bebas Cemas saat transfer uang. Selain bikin kamu Bebas Cemas, dengan DANA, kamu bisa kirim uang gratis ke mana saja lho! 

Dengan Kirim Uang pakai DANA kamu bisa untung banyak deh pas transfer uang ke orang lain. Mulai dari gratis Kirim Uang ke bank apa saja selama 10 kali transaksi per bulannya, selalu gratis transfer ke user DANA dan amat mudah tarik tunai juga lagi! Eits, nggak sampai di situ, kamu juga semakin dibuat praktis, karena DANA bisa Kirim Uang via link pembayaran yang dikirim lewat sosmed lho, jadi mudah banget kan?

Eits, kamu bisa juga kirim uang dari saldo kartu bank yang tersimpan di DANA. Last but not least, setiap transaksi yang ada di DANA dijamin aman deh! Soalnya ada DANA Protection yang memiliki sistem keamanan berlapis & dinamis yang pastinya bisa bikin kamu tambah #BebasDrama saat transfer uang. Plus ada juga Garansi 100% Uang Kembali yang akan melindungi transaksimu, sesuai syarat & ketentuan yang berlaku di DANA.

Yuk, tunggu apa lagi? Sudah saatnya manfaatkan fitur DANA agar bisa Bebas Cemas & #BebasDrama saat melakukan transaksi keuangan apapun. Unduh dan gunakan DANA sekarang ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini