Sukses

Masih Worry Transaksi Digital? Kenali Lagi Manfaat Pakai Dompet Digital ya Sahabat!

Buat kamu yang masih worry berlebihan terhadap transaksi digital, simak cara mengatasinya berikut ini ya sahabat.

Liputan6.com, Jakarta Transaksi dengan aplikasi dompet digital semakin masif di Indonesia. Nilai transaksi dan jumlah penggunanya terus tumbuh tiap tahun, bahkan meningkat drastis di masa pandemi. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang menjadi bagian dari cashless society.

Meski begitu, ternyata sayangnya masih ada juga lho individu-individu yang cemas saat bertransaksi secara digital. Usut punya usut, masih ada rasa worry dengan keamanan dan risiko kejahatan siber.

Segala sesuatu memang pasti mengandung risiko, tapi jenis dan tingkatannya akan berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa melindungi diri supaya Bebas Cemas dan meminimalisir risiko itu, bahkan juga bisa menghindarinya.

Buat kamu yang masih worry berlebihan terhadap transaksi digital, simak cara mengatasinya berikut ini:

1. Kenali Lagi Manfaat dan Keuntungan

 

Transaksi digital dengan dompet digital akan membuat segala transaksi keuangan menjadi lebih praktis, mudah, dan efisien. Kamu tidak lagi harus membawa banyak uang cash, tidak perlu tarik tunai ke atm, hingga terhindari dari uang palsu. Cukup buka aplikasi dompet digital dari smartphone. Bukan hanya praktis, transaksi pembayaran di merchant juga dijamin lebih cepat, tanpa perlu menunggu kembalian, tanpa ada kontak atau sentuhan dan selesai dalam hitungan detik.

Dompet digital juga biasanya memiliki fitur lengkap yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti bayar tagihan bulanan, pulsa, pembayaran di merchant dan sebagainya. Ditambah lagi, ada riwayat pemakaian yang bisa membantu kamu mengontrol dan membuat laporan keuangan lho. Dengan begini pastinya hidup kamu makin praktis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kenali Fitur-Fitur Dompet Digital 

Setelah sudah tahu manfaat dan keuntungan memiliki dompet digital, selanjutnya adalah belajar dan meningkatkan pengetahuan seputar dompet digital, termasuk cara menggunakannya secara bijak supaya tidak boros.

Dompet digital itu gak hanya menjadi platform untuk transaksi pembayaran semata, bukan untuk belanja saja. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur yang membantu pengguna untuk bisa mengelola keuangan. Mulai dari transfer/kirim uang, menabung, investasi, edukasi, donasi, an masih banyak lagi. Bahkan ada juga lho dompet digital yang memiliki fitur reminder yang bikin kamu bisa terhindar dari keterlambatan pembayaran tagihan bulanan! Plus biasanya, dompet digital juga menawarkan berbagai promo & tawaran menarik lainnya yang bisa bikin kamu hemat.

3. Cari Tahu Cara Melindungi Akun

 

Setelah memahami fitur-fitur dompet digital, langkah selanjutnya dan terpenting adalah tahu cara melindungi akun dompet digital. Untuk transaksi aman dan nyaman serta terhindar dari risiko kejahatan, pastikan untuk merahasiakan nomor PIN/OTP. Rutin mengganti PIN/Password dan cek saldo digital secara berkala. Gunakan jaringan pribadi saat transaksi, hindari layanan WiFi publik.

Untuk meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi digital, kamu juga dapat memanfaatkan verifikasi identitas berbasis biometrik berupa wajah, suara, hingga sidik jari. Sistem verifikasi identitas berbasis biometrik ini terbukti mampu menekan risiko kerugian jika smartphone kamu dicuri atau hilang.

 

3 dari 3 halaman

4. Pilih Dompet Digital Terpercaya

Salah satu cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kecemasan saat bertransaksi digital adalah dengan memakai aplikasi dompet digital yang aman dan terpercaya, seperti DANA.

 

Pasalnya, DANA dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis dan dinamis di setiap kamu bertransaksi, selalu ada PIN DANA, Kode OTP atau DANA Viz (fitur Face Verification di DANA) yang bisa membantumu mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi.

Ibarat tiga bodyguard yang sigap melindungi, ketiga sistem keamanan tersebut akan memastikan kamu bisa tetap aman saat melakukan berbagai transaksi di DANA. Kalau sudah aman, pastinya ‘Bebas Cemas’ bukan?.

Itulah sejumlah cara supaya kamu #Bebas Cemas dan #BebasDrama saat memakai dompet digital. Karena itu, yuk download dan pakai DANA sekarang untuk transaksi digital yang praktis dan aman.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.