Sukses

Peroleh Hak Labuh Starlink, Telkomsat Siap Dukung Pemerataan Akses Internet di Indonesia

Harapan TelkomGroup untuk memberikan pemerataan akses internet di seluruh wilayah Indonesia semakin terbuka dengan diperolehkan Hak Labuh Satelit Starlink dari Kominfo.

Liputan6.com, Jakarta Harapan TelkomGroup untuk memberikan pemerataan akses internet di seluruh wilayah Indonesia semakin terbuka dengan diperolehkan Hak Labuh Satelit Starlink dari Kominfo. 

Sebagai informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika belum lama ini telah memberikan Hak Labuh Satelit Starlink kepada Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang bergerak sebagai penyedia layanan satelit yang ahli dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Hak labuh satelit Starlink tersebut merupakan lisensi bagi Telkomsat untuk memberikan layanan pada jaringan perantara yang menghubungkan infrastruktur backbone telekomunikasi milik TelkomGroup dengan tower Base Transceiver Station/ tower WiFi/ perangkat distribusi akses melalui fiber optik. Layanan ini hanya ada dalam penyelenggaraan jaringan tetap tertutup, bukan untuk layanan retail pelanggan akses internet secara langsung.

Dengan telah diterimanya Hak Labuh Starlink tersebut, Telkomsat semakin siap mendukung program pemerataan pembangunan jaringan telekomunikasi broadband dalam rangka memperkecil kesenjangan layanan digital di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai upaya untuk akselerasi lingkungan dan masyarakat digital di Indonesia, ketersediaan layanan telekomunikasi broadband yang merata di seluruh wilayah menjadi suatu keharusan, baik di daerah urban, suburban hingga rural. Berbagai opsi teknologi yang tersedia oleh provider dalam negeri maupun dari provider negara lain bisa dikombinasikan untuk memenuhi kebutuhan  telekomunikasi broadband di area yang berbeda.

Penggunaan fixed broadband mayoritas untuk  melayani area urban dan sebagian kecil area suburban. Sedangkan mobile broadband tersedia secara baik di area urban dan suburban serta sebagian kecil area rural. Sedangkan solusi rural perlu dibantu dengan Satelit Broaband namun dengan harga yang lebih affordable.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Starlink, Solusi Penuhi Kebutuhan Jaringan Backhaul

Dengan kondisi geografis Indonesia sangat menantang bagi program pemerataan pembangunan  jaringan fiber optik ke seluruh wilayah Indonesia. Starlink hadir sebagai solusi yang tepat untuk mengisi kebutuhan jaringan backhaul di wilayah wilayah yang belum terjangkau fiber optik sampai tersedianya solusi yang lebih permanen.

Starlink merupakan layanan berbasis sistem  konstelasi Satelit Non Geostationer milik SpaceX dengan orbit rendah (LEO /Low Earth Orbit)  dengan ketinggian 500-1.400 km yang mampu memberikan layanan dengan latency rendah,  throughput tinggi dan didukung oleh perangkat stasiun bumi yang mudah diinstalasi dan  portable. Hal tersebut dapat menjadi solusi terhadap keterbatasan jaringan backhaul di dalam  penyelenggaraan layanan telekomunikasi.

“TelkomGroup melihat dan menyambut kehadiran Starlink sebagai complement terhadap layanan bisnis telekomunikasi broadband di Indonesia dan juga dapat membantu percepatan penetrasi maupun pemerataan layanan telekomunikasi di Indonesia, khususnya segmen pasar B2B,” kata Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf.

3 dari 3 halaman

Telkomsat Kolaborasi dengan SpaceX

Sebelumnya Telkomsat memang telah melakukan penjajakan untuk bersinergi dengan SpaceX. Hingga pada kuartal 1/2021, Telkomsat dan SpaceX sepakat untuk bekerja sama dalam pemanfaatan layanan Starlink.

“Dengan adanya hak labuh Starlink ini, kami harapkan TelkomGroup dapat terus mengakselerasi terwujudnya lingkungan dan masyarakat digital Indonesia. Karena kami meyakini dengan digitalisasi, Indonesia ke depannya bisa menjadi lebih  baik,” tutup Lukman.

Telkom memandang bahwa kerja sama Telkomsat dengan SpaceX yang telah dan sedang dibangun untuk menjalankan layanan Starlink merupakan langkah yang strategis dan sinergi dengan perjalanan TelkomGroup untuk mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini