Sukses

Unboxing dan Hands-on Oppo A16k: Tawarkan Desain Mewah

Berikut ini unboxing sekaligus ulasan singkat kami mengenai Oppo A16k

Liputan6.com, Jakarta Oppo pada pertengahan Mei lalu merilis smartphone dari lini A mereka yaitu Oppo A16k. Ponsel ini sendiri merupakan kelanjutan dari beberapa seri A16 yang sudah mereka rilis di Indonesia beberapa waktu sebelumnya.

Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia, dalam keterangannya saat itu, mengatakan bahwa Oppo A16e dan A16 mendapatkan respon konsumen yang cukup tinggi, khususnya di momen Ramadan dan jelang Idul Fitri 2022.

"Oppo A16k yang menawarkan fleksibilitas penggunaan smartphone dalam kondisi apapun berkat uji kualitas ketat dan juga kemampuannya terhadap ciptaran air melalui sertifikasi IPX4," kata Aryo.

HP Oppo A16k dalam beberapa hari terakhir sebenarnya sudah menginap kediaman saya, untuk mewakili Tekno Liputan6.com. Hadir dengan kotak kemasan biru khas Oppo, A16k membawa beberapa aksesoris pendukung yang cukup lengkap.

Saat melakukan unboxing atau membuka kemasan Oppo A16k, kamu akan dapat menemukan perangkat A16k itu sendiri, kabel charger micro-USB, serta kepala charger 10 watt.

Tidak ketinggalan juga terdapat kartu garansi, buku panduan, SIM ejector, dan softcase untuk ponsel ini.

Ringan dan mewah adalah kesan pertama yang saya dapatkan saat pertama kali menggegam dan melihat desain dari Oppo A16k. Apalagi, perangkat yang menyambangi rumah saya berwarna hitam.

Bodinya yang berwarna hitam lumayan membantu perangkat ini tidak terlihat terlalu kotor apabila diletakkan di permukaan yang sedikit berdebu, meski tidak sepenuhnya terbebas dari itu.

Seperti banyak smartphone pada umumnya, kamu dapat menemukan tombol volume dan on/off di bagian kanan layar. Sementara slot sim card ada di sisi kiri layar.

Di bodi belakang HP Oppo ini, terdapat modul kamera yang berbentuk persegi agak membulat, di mana di situ terdapat kamera resolusi 13 MP, dengan lingkaran berisi tulisan "AI". Terdapat juga tulisan "AI Camera" serta LED flash.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masih Pakai Micro-USB

Pada bagian atas layar smartphone, terdapat modul kamera swafoto 5 MP dengan desain berbentuk tetesan air atau waterdrop.

Di atas kamu tidak akan menemukan fitur apa pun, sementara pada bagian bawah smartphone terdapat lubang speaker dan mikrofon, audio jack 3,5 mm, serta konektor micro-USB.

Saya agak cukup menyayangkan saat mengetahui Oppo A16k masih memakai micro-USB, mengingat beberapa perangkat di harga Rp 2 jutaan sudah menggunakan Type-C.

Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan perangkat ini dengan aksesoris yang lengkap (ya, termasuk kepala charger), serta colokan apabila ingin mendengarkan melalui earphone atau headset dengan kabel.

Kalau boleh diulas sedikit, bobotnya yang ringan dan bentuknya yang tipis lumayan nyaman dalam genggaman.

3 dari 5 halaman

Sekilas Soal Performa

Harus diakui perangkat ini bukanlah perangkat yang menawarkan ponsel mid-range dengan performa ala flagship, mengingat harganya yang Rp 2 jutaan.

Namun, bukan berarti performa Oppo A16k boleh dikesampingkan begitu saja. Untuk memainkan gim seperti Mobile Legends: Bang Bang atau PUBG Mobile ponsel ini masih kuat, dengan pengaturan yang paling rendah untuk mendapatkan performa terbaiknya.

Dari segi layar pun juga masih cukup nyaman dan cerah untuk dilihat, meski warna yang dihasilkan tidak setajam beberapa perangkat Oppo lainnya.

A16k sendiri memiliki baterai 4230 mAh. Ini masih terbilang hemat kalau kamu menggunakannya untuk pemakaian biasa, atau sesekali memainkan game-game ringan.

Dipakai bermain MLBB sekitar 20 menit baterainya berkurang 5 persen, sementara untuk PUBG Mobile sekitar 20 hingga 30 menit berkurang 6 persen. Kalau hanya untuk nonton YouTube 40 menit cuma kurang 5 persen.

Sementara untuk pengisian daya dengan charger bawaan, mengisi daya setengah jam akan membuat daya terisi hingga 50 persen dari posisi awal 27 persen.

Untuk ulasan secara lengkap, serta mengenai fitur fotografi atau hasil kameranya, saya akan membahasnya di artikel terpisah.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo A16k

A16k hadir dalam dua pilihan warna hitam dan putih dengan desain ramping tiga dimensi, ketebalan 7,85 mm, dan bobot hanya 175 gram yang memberikan kenyamanan gengaman ketika dioperasikan dengan satu tangan.

Di balik performanya, spesifikasi Oppo A16k ditopang prosesor MediaTek Helio G35 dengan kombinasikan System Booster yang merupakan rangkaian optimalisasi tingkat sistem sehingga dapat memberikan kinerja mulus setiap saat.

Baterai 4230mAh berpadu dengan serangkaian fitur pengisian daya, termasuk Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode.

Sementara ColorOS11.1 menawarkan efisiensi, kenyamanan, privasi, dan keamanan, dengan berbagai fitur unggulan seperti FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja dengan HP Oppo terbaru ini.

OPPO A16k dibuat agar tahan cipratan air yang divalidasi dengan sertifikat IPX4. Perangkat ini juga telah menjalani serangkaian uji kualitas ketat dan memastikan untuk dapat digunakan dalam jangka panjang.

Penambahan heatsink berupa lembaran grafit, memberikan pembuangan panas optimal, mencegah perangkat dari panas berlebih saat melakukan streaming video atau bermain game untuk waktu yang lama.

 

5 dari 5 halaman

Harga Oppo A16k

OPPO A16k menampilkan layar HD+ berukuran 6,52 inci yang dilengkapi dengan All-day Eye Care.

Ini adalah serangkaian fitur yang terdiri dari Sunlight Display, Moonlight Display, dan AI Smart Backlight yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih sehat dan nyaman sepanjang hari.

OPPO A16k menyertakan kamera utama 13MP, dilengkapi dengan beberapa fitur yang ditingkatkan untuk membantu menangkap gambar terbaik di berbagai situasi.

Fitur HDR Backlight dapat mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup. Tiga filter malam baru diperkenalkan untuk memberikan gambaran unik pemandangan kota malam hari.

Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang tampil lebih alami dan jernih. Sementara, fitur AI Palette dapat mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer pada media sosial hanya dengan satu klik. 

OPPO A16k tersedia di Indonesia dalam pilihan warna hitam dan putih dengan konfigurasi 4GB RAM dan 64GB ROM, di mana A16k dijual dengan harga Rp 2,199 juta.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.