Harga dan Spesifikasi Oppo A76, Ngecas Baterai dari 0 hingga 50 Persen cuma 31 Menit

Oleh Iskandar pada 14 Jun 2022, 08:50 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 08:50 WIB
Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC
Perbesar
Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Dok: Oppo Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia merilis Oppo A76 pada Februari 2022. Smartphone ini adalah keluarga A Series pertama Oppo yang mengusung fitur pengisian daya cepat SuperVOOC.

Dengan adanya fitur pengisian daya super cepat ini HP Oppo A76 menyasar pengguna yang memiliki tingkat kesibukan atau mobilitas yang lumayan tinggi.

Oppo A76 sendiri memiliki kapasitas baterai 5000mAh, serta mendukung pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Teknologi ini diklaim mampu memberikan waktu panggilan telepon 3,5 jam dengan charging selama lima menit saja.

33W SuperVOOC diklaim mampu mengisi ulang daya baterai Oppo A76 dari nol hingga 50 persen hanya dalam 31 menit (sekitar setengah jam).

Pengguna bahkan hanya membutuhkan waktu pengisian daya 5 menit untuk melakukan panggilan telepon selama 3 jam 47 menit, panggilan video WhatsApp selama 62 menit, dan streaming YouTube selama 2 jam 10 menit.

Spesifikasi Oppo A76 lainnya adalah Oppo A76 memiliki layar HD 6,56 inci dengan screen-to-body ratio sebesar 89,9 persen dengan model punch-hole. Mereka juga memiliki touch sampling 180Hz.

Ponsel ini hadir dengan RAM 6GB dan ROM internal 128GB. Oppo juga mengizinkan pengguna untuk memperluas ruang penyimpanan dengan tambahan kartu microSD hingga 1TB.

Disematkan juga teknologi RAM Expansion pada HP Oppo ini, yang bisa mengonversikan ruang penyimpanan menjadi tambahan RAM sementara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harga Oppo A76

OPPO A76 (Dok. Oppo)
Perbesar
OPPO A76 (Dok. Oppo)

Terdapat juga fitur sensor sidik jari yang diletakkan pada bagian tepian frame, dari perangkat dengan ketebalan dan bobot sekitar 8,4 mm dan 189 gram ini.

Untuk pasar Indonesia, Oppo juga memberikan dukungan fitur ROM Expansion. Fitur ini mengizinkan perangkat A76 untuk menyimpan data aplikasi sistem dan media sosial ke kartu microSD.

Oppo A76 tersedia dengan dua pilihan warna Glowing Blue dan Glowing Black, dengan pilihan konfigurasi 6GB RAM dan 128GB ROM.

Harga Oppo A76 dilepas ke pasar dengan banderol resmi Rp 3.399.000 secara luring melalui toko-toko yang menjual perangkat smartphone Oppo dan Oppo Store yang terdapat di seluruh Indonesia.

Di perangkat ini, Oppo juga menghadirkan teknologi Oppo Glow yang sebelumnya terdapat di A95 serta seri Reno.

Fitur Oppo Glow ini memberikan kenyamanan di tangan pengguna, terutama melalui materialnya yang tidak licin, tahan terhadap noda, serta bebas sidik jari.

 


Mengenal Teknologi SuperVOOC

Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Dok: Oppo Indonesia
Perbesar
Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Dok: Oppo Indonesia

VOOC merupakan kependekan dari Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging dan mulai dikembangkan sejak 2013.

Hingga tahun 2020, Oppo telah merilis tujuh generasi VOOC baru. Antara lain VOOC (2014), VOOC 2.0 (2015), VOOC 3.0 (2019), VOOC 4.0 (2019).

Di sela pengenalan VOOC, Oppo memperkenalkan SuperVOOC pada 2016, lalu SuperVOOC 2.0 dan SuperVOOC 125W pada 2020. Baru pada tahun 2022 ini Oppo membawa teknologi pengisian daya cepat terbaru yakni 33W SuperVOOC pada Oppo A76.

SuperVOOC 33W adalah ekosistem pengisian daya cepat yang tak hanya bergantung pada adapter. Ada empat elemen yang saling berkaitan dengan sistem pengisian daya cepat ini.

Mulai dari adapter dengan chip Micro Controller Unit (MCU), High Capacity Cable, dua cell baterai yang masing-masing berkapasitas 2.500 mAh (alih-alih satu baterai 5.000 mAh).

Solusi dua baterai yang ditanamkan Oppo diklaim bisa mengefisiensi pengisian daya, sehingga proses 33W SuperVOOC bakal lebih cepat daripada teknologi konvensional dengan arus sama-sama 33W.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, menjelaskan SuperVOOC adalah sebuah ekosistem yakni adapter, kabel, dan baterai serta smartphone yang saling berhubungan.

"Jadi, jika pengguna hanya menggunakan adapternya, maka chip MCU di adapter tersebut akan mengenali batas maksimal arus pada smartphone dan akan mengaliri daya sesuai dengan batas maksimal," Aryo menjelaskan.

Dengan demikian, kata Aryo, kalau smartphone-nya hanya mendukung 18W, maka arus yang dihasilkan oleh adapter tersebut hanya 18W.

 


Oppo Find X5 Pro Rilis di Indonesia Seharga Rp 15 Juta, Ini Spesifikasinya

OPPO Find X5 Pro 5G
Perbesar
OPPO Find X5 Pro 5G.

Sebelumnya, Oppo Find X5 Pro resmi meluncur untuk pasar Indonesia. Smartphone ini diperkenalkan untuk pasar global pada Februari 2022.

Penerus Oppo Find X3 Pro ini hadir sistem kamera yang didukung MariSilicon X besutan Oppo sendiri, serta dua sensor IMX766. Smartphone ini juga dibekali dengan Hasselblad Natural Colour Calibration.

"Oppo telah melakukan lebih dari ratusan test untuk memastikan kualitas dan ketahanan kelas dunia dari Oppo Find X5 Pro dengan berbagai keunggulannya," tutur Chief Executive Officer Oppo Indonesia Jim Zhang saat peluncuran.

Berbekal MariSlicon X, Oppo mengklaim penggguna dapat menggunakan Find X5 Pro 5G untuk merekam video 4K dengan kualitas terbaik dan bersih tanpa efek grain, termasuk kualitas gambar yang sama seperti mengambil foto tidak bergerak.

Sebagai dapur pacu, Oppo membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Oppo Find X5 Pro sudah memiliki sertifikasi IP68, sehingga tahan air dan debu.

Dari sisi desain, bagian belakang smartphone ini terbuat dari keramik asli. Panel keramik ini diklaim dua kali lebih kuat dibandingkan panel kaca konvesional dan dua kali lebih efektif mengurangi panas.

Find X5 Pro hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dan sudah mendukung 100 persen P3 color gamut coverageSmartphone ini juga memiliki fitur multi-brightness colour calibration untuk menampilkan warna yang konsisten, baik saat dilihat di bawah cahaya redup atau sina Matahari yang cerah.

HP Oppo ini juga memiliki fitur Dolby Atmos untuk pengalaman multimedia yang lebih mendetail dan imersif. Untuk masalah daya, Find X5 Pro memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh yang mendukung SuperVOOC 80W.

Oppo Find X5 Pro hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari dua lensa bereresolusi 50MP (lensa utama dan lensa ultrawide) dengan sensor Sony IMX766, ditambah lensa telephoto 13MP dengan hybrid zoom 5x.

Soal harga, Oppo Find X5 Pro dengan pilihan warna ceramic white dan glaze black dijual Rp 14.999.000. Pemesanan pre-order smartphone ini dilakukan pada 2-10 Juni 2022 di Oppo Brand Store, Oppo Official Store, dan mitra toko, termasuk rekanan e-commerce.

Dalam setiap pembeliannya, Oppo akan menawarkan layanan Oppo Care untuk perlindungan layar rusak selama 12 bulan dan perpanjangan garansi selama 12 bulan. Layanan ini bisa diperoleh di Oppo Store dan service center resmi Oppo.


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya