3 Fitur Gaming di Oppo Reno7 Series 5G Ini Bikin Main Game Lebih Mulus

Oleh Iskandar pada 14 Jun 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 07:30 WIB
5 Alasan Memilih OPPO Reno7, Auto Naik Kelas!
Perbesar
OPPO Reno7/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo mengklaim lini smartphone Oppo Reno7 Series 5G yaitu Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, tak hanya mengunggulkan desain stylish dan fotografi sebagai fitur andalannya, tapi juga mendukung aktivitas game atau gaming esports.

Salah satu fitur pendukung gaming yang ditawarkan Oppo di kedua perangkat Reno7 Series 5G adalah AI Frame Rate Stabilizer.

AI Frame Rate Stabilizer akan memprediksi perubahan frame rate dan suhu ponsel terlebih dulu, kemudian melakukan penyesuaian untuk menghindari frame rate yang tidak stabil, sehingga game yang dimainkan pengguna akan berjalan lebih mulus.

Kedua adalah Quick Startup untuk membantu mengidentifikasi game yang paling sering dimainkan. Hal ini membuat game tetap aktif di latar belakang, bahkan setelah pemain keluar dari game.

Dengan Quick Startup, saat pengguna kembali memulai game, jalan pintas akan dibuat untuk langsung menuju halaman utama game dengan melewatkan animasi pembuka.

Fitur gaming ketiga yang ditawarkan adalah Game Focus Mode, untuk meminimalisir semua notifikasi yang berpotensi mengganggu permainan seperti pesan dan panggilan masuk.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, Reno7 Series 5G tidak hanya menghadirkan desain modern yang ikonik serta kemampuan kamera yang baik, namun juga menawarkan performa tinggi dan kenyamanan, sehingga menghadirkan pengalaman baru kepada konsumen untuk bermain mobile game.

"Ini untuk memberikan pemahaman bahwa smartphone gaming itu smartphone yang nyaman. Bukan yang tampilannya bagus atau punya fitur-fitur tambahan," kata Aryo dalam konferensi pers Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron di Oppo Store Karawaci, Tangerang, belum lama ini.

Oppo sendiri menyebut, mobile gaming masih menjadi faktor menarik bagi konsumen. Bahkan, kemampuan perangkat smartphone dalam menjalankan game diklaim menjadi salah satu faktor penentu pembelian perangkat oleh konsumen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Portrait Mode Reno7 5G

OPPO Reno7 Z 5G.
Perbesar
OPPO Reno7 Z 5G.

Sekadar informasi, Reno7 Series 5G menjagokan fitur Portrait di kamera selfie maupun kamera utama, baik untuk foto maupun video.

Oppo mengklaim, fitur tersebut membuat Reno7 Series 5G mampu meniru hasil potret yang biasanya hanya bisa didapatkan melalui kamera DSLR kelas atas dengan bukaan diafragma besar.

Pada Reno7 5G, Oppo menawarkan kebebasan bagi pengguna mengatur kedalaman bidang dan ruang tajam melalui kemampuannya meniru sifat optik kamera DSLR.

Perlu diketahui, Portrait Mode Reno7 5G dapat mensimulasikan 25 tingkatan ukuran diafragma yang dapat disesuaikan mulai dari F0.95 hingga F16.

Reno7 Series 5G Oppo juga menghadirkan fitur Bokeh Flare Portrait yang mampu menghadirkan efek bokeh seperti diproduksi menggunakan kamera profesional pada sebuah perangkat smartphone.

Reno7 5G Series turut didukung fitur selfie HDR yang bisa menghasilkan foto selfie jernih di kondisi minim cahaya atau latar cahaya yang kuat. Terdapat pula portrait retouching yang bisa mengenali secara spesifik titik di wajah dan menghapus noda pada wajah.

Fitur ini memperbaiki warna kulit atau riasan sembari menjaga kecantikan lain yang tetap diinginkan.

Ada juga fitur AI Color Portrait yang bekerja melalui AI atau kecerdasan buatan yang ditingkatkan. AI ini secara otomatis menerapkan filter hitam putih pada latar belakang namun tetap mempertahankan warna asli pada subjek potret.

Terdapat pula AI Highlight Video yang membantu menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail pada background.

Kamera Reno7 Series 5G juga dilengkapi Focus Tracking yang ditingkatkan pada perekaman video.

Caranya dengan mengetuk dua kali pada wajah untuk melacaknya sebagai subjek utama saat merekam video. Kamera pun akan mengidentifikasi subjek yang dipilih dan secara otomatis melacaknya secara konsisten.


Perbedaan Oppo Reno7 5G dengan Reno7 Z 5G

Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Dari sisi desain, Oppo Reno7 5G dilengkapi material penampang belakang yang dibuat dengan proses Laser Direct Imaging (LDI).

Teknik ini diterapkan untuk meniru gambaran jejak bintang dan menciptakan pola yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi 20 mikron.

LDI menerapkan teknologi laser engraving pada lapisan yang terletak di atas Oppo Glow. Lapisan Oppo Glow menghasilkan gradasi warna yang dapat berubah secara dinamis namun diperkuat sehingga tahan terhadap goresan. Reno7 5G tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Star Trails Blue dan Starry Black.

Sementara Oppo Reno7 Z 5G mengusung desain Ultra-Slim Retro dengan bingkai samping yang datar. Smartphone ini menawarkan dua pilihan warna, Rainbow Spectrum dan Cosmic Black.

Oppo menerapkan penggunaan teknologi tekstur tiga lapis dan proses pelapisan memberikan hasil akhir matte pada penampang belakang dengan tampilan berkilau.

Oppo Reno7 Z 5G merupakan smartphone pertama yang menggunakan tekstur spliced gloss dan matte, menggantikan bahan dasar yang biasanya ditemukan di sekitar modul kamera di perangkat smartphone pada umumnya.

Di perangkat ini Oppo juga memperkenalkan Dual Orbit Light, sebuah fitur nostalgia breathing light yang diperkenalkan pada perangkat Find7 Series pada 2013.

Dua buah breathing light terletak tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa, dapat menyala atau berkedip dalam warna biru elektrik atau biru muda yang mengikuti dengan skenario tertentu, seperti saat ponsel dihidupkan, mengisi baterai, menerima panggilan atau notifikasi masuk, serta membuka game.


Spesifikasi

Oppo Reno7 5G.
Perbesar
Smartphone Oppo Reno7 5G.

Oppo Reno7 5G mengadopsi kompatibilitas 5G pada frekuensi band N1, N3 dan N40 berkat keberadaan prosesor 5G Mediatek Dimensity 900 5G.

Membawa layar AMOLED sebesar 6,4 inci, Reno7 5G menjanjikan pengalaman bermain game, multimedia dan media sosial yang lebih lancar, ditambah dengan refresh rate 90hz.

Didukung pula dengan RAM 8GB dengan teknologi ekspansi mulai dari 2GB, 3GB hingga 5GB dan penyimpanan internal 256GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD hingga 1TB.

Sementara Oppo Reno7 Z 5G diklaim sebagai salah satu perangkat smartphone yang diperkuat prosesor Snapdragon 695 5G. Prosesor ini kompatibel dengan seluruh operator telekomunikasi penyelengara jaringan 5G di Indonesia, terutama pada dukungan band N1, N3, dan N40.

Reno7 Z 5G juga membawa RAM 8GB dengan opsi ekspansi mulai dari 2GB, 3GB hingga 5GB dan juga penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 1TB. 

Kamera

Untuk kamera, Reno7 5G memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP f/1.7, lensa wide angle 8MP f/2.2, serta lensa makro 2MP f/2/4. Sementara untuk kebutuhan selfie, Oppo menyertakan kamera depan 32MP.

Pada Reno7 Z 5G, Oppo menyertakan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP High-Res, depth sensor 2MP, serta lensa makro 2MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 16MP.

Baterai

Untuk memberikan daya tahan penggunaan seharian, Oppo melengkapi Reno7 5G dengan baterai 4500mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 65W SUPERVOOCTM, yang membuat perangkat dapat diisi daya hingga 100 persen dalam waktu sekitar 31 menit.

Sedangkan Oppo Reno7 Z 5G diperkuat baterai 4500mAh dan teknologi pengisian daya super cepat 33W SUPERVOOCTM sehingga perangkat ini dapat diisi penuh dalam waktu 63 menit.


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya