Sukses

Grammy Awards Tambah Kategori Penghargaan untuk Musik Video Game Terbaik

Musik pengiring video game bakal mendapatkan kategori penghargaannya sendiri dalam Grammy Awards tahun 2023 mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, penghargaan paling bergengsi untuk industri musik Amerika Serikat (AS), Grammy Awards, mengumumkan penambahan kategori penghargaan yang ditujukan untuk musik di video game dan media interaktif lainnya.

Menurut penyelenggara yaitu Recording Academy, kategori penghargaan itu dan kategori yang ditambahkan lainnya, akan mulai dimasukkan ke dalam Grammy di tahun 2023 mendatang atau Grammy Awards ke-65.

Mengutip laman Grammy.com, Senin (13/6/2022), kategori yang ditujukan untuk musik video game itu masuk ke dalam Best Score Soundtrack for Video Games and Other Interactive Media.

Penghargaan ini ditujukan untuk mengakui keunggulan "album score soundtrack yang sebagian besar terdiri dari score asli dan dibuat khusus untuk, atau sebagai pendamping, video game saat ini atau media interaktif lainnya yang dirilis dalam periode kualifikasi."

Selain itu, Grammy juga menambahkan beberapa kategori lain seperti Songwriter of the Year, Non-Classical; Best Alternative Music Performances; Best Americana Performances; dan Best Spoken Word Poetry Album.

Terdapat juga kategori tambahan lainnya yaitu Best Song for Social Change yang masuk di Special Merit Award. Penambahan kategori baru di Grammy 2023 mendatang ini juga disambut baik oleh CEO Recording Academy, Harvey Mason jr.

"Kami sangat bersemangat untuk menghormati komunitas pencipta musik yang beragam ini melalui penghargaan dan amandemen yang baru dibentuk, dan untuk terus mengembangkan lingkungan yang menginspirasi perubahan, kemajuan, dan kolaborasi," kata Mason jr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Catatan Penghargaan untuk Musik Video Game di Grammy

Dikutip dari PC Gamer, musik untuk video game sebenarnya sudah beberapa kali mendapatkan panggung di Grammy.

Penghargaan pertama diberikan untuk Baba Yetu yang digarap Christopher Tin, yang memenangkan Best Instrumental Arrangement Accompanying Vocalists di tahun 2011. Musik itu awalnya digarap untuk lagu tema Civilization 4 di tahun 2005.

Komposer Austin Wintory juga dinominasikan untuk Grammy tahun 2013 di kategori Best Score Soundtrack for Visual Media lewat karyanya Journey, namun gagal meraih kemenangan.

Mengutip Eurogamer, di Grammy Awards ke-64 awal tahun ini, arranger Charlie Rosen dan Jake Silverman juga masuk nominasi Best Arrangement, Instrumental, or A Capella untuk aransemen Big Band mereka di Meta Knight's Revenge dari Kirby Superstar.

Kemenangan keduanya di kategori itu pun membuat game tersebut sebagai peraih penghargaan kedua di Grammy Awards, setelah musik yang digarap oleh Christopher Tin.

Grammy Awards 2023 sendiri dijadwalkan digelar pada tanggal 31 Januari 2023. 

3 dari 4 halaman

Resident Evil 4 Remake Bakal Rilis 24 Maret 2023

Sementara itu dalam gelaran State of Play yang diadakan oleh Sony PlayStation beberapa waktu lalu, terungkap sudah gim populer Resident Evil 4 bakal digarap ulang menjadi versi remake.

Capcom pun mengungkapkan, Resident Evil 4 versi remake dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 24 Maret 2023 mendatang.

Edvin Edso, Promotion Producer, Capcom dalam blog PlayStation, dikutip Selasa (7/6/2022), mengatakan Resident Evil 4 Remake adalah versi baru dari Resident Evil 4 yang dirilis di tahun 2005.

Edso mengatakan, saat pertama kali dirilis, Resident Evil 4 "merevolusi waralaba Resident Evil dengan gaya permainan baru yang menggabungkan aksi, shooting, dan manajemen sumber daya."

Menurutnya, konsep ini kemudian menetapkan standar untuk judul-judul Resident Evil di kemudian hari.

Edso mengungkapkan, Resident Evil 4 Remake tengah dikembangkan untuk mencapai kualitas tertinggi dari survival horror yang cocok di tahun 2023, sembari tetap mempertahankan esensi dari gim aslinya.

 

4 dari 4 halaman

Cerita Resident Evil 4 Remake

"Kami bertujuan untuk membuat game ini terasa familier bagi para penggemar serial ini, sambil juga memberikan perasaan segar untuknya," kata Edso.

Lebih lanjut, cerita dalam gim versi baru juga akan diimajinasikan ulang sambil menjaga esensi arahnya. Game ini juga akan membuat grafiknya jadi lebih modern, serta memperbarui kontrol ke standar modern.

Terkait bocoran cerita, Resident Evil 4 Remake akan berlatar enam tahun setelah bencana biologis di Racoon City. Leon S. Kennedy, salah satu penyintas insiden tersebut, direkrut sebagai seorang agen yang melapor secara langsung kepada presiden.

Dengan pengalamannya menjalankan beberapa misi, Leon pun dikirim untuk menyelamatkan putri Presiden Amerika Serikat yang diculik. Leon lalu melacaknya ke sebuah desa Eropa yang terpencil, di mana ada sesuatu yang salah dengan para penduduknya.

Berdasarkan informasi di trailernya, tak cuma untuk konsol PlayStation 5 (PS5), Resident Evil 4 Remake juga rencananya juga akan dirilis untuk platform PC, serta Xbox Series X/S di tanggal yang sama.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.