Sukses

Review Realme Buds Air 3: TWS dengan Latensi Rendah, ANC, dan Dual-Device Connection

Realme Buds Air 3 tak hanya menawarkan desain sporty, ANC, dan latensi rendah, tetapi juga dual-device connection

Liputan6.com, Jakarta - Realme memiliki ini produk AIoT yang menjadi pelengkap lini smartphone mereka dan salah satu produk AIoT itu adalah True Wireless Stereo (TWS).

Kali ini kami berkesempatan untuk menjajal TWS terbaru mereka yang dirilis pada ajang Mobile World Congress 2022 beberapa waktu lalu, yakni Realme Buds Air 3. Adapun unit di artikel ulasan ini adalah edisi Le Mans, yang senada dengan salah satu edisi Realme GT Neo 3 yang dirilis belum lam aini.

Apa saja keunggulan dan kekurangan TWS ini, simak review Realme Buds Air 3 berikut ini.

Desain Realme Buds Air 3

Realme Buds Air 3 mengalami perubahan pada aspek desain dari lini produk TWS perusahaan generasi sebelumnya. Warna Nitro Blue dengan aksen ash silver pada case --yang juga berfungsi sebagai mobile charger--Realme Buds Air 3 edisi Le Mans, serta jargon Dare to Leap, menampilkan kesan sporty pada case berukuran 64,5 mm x 48,3 mm x 24,3 mm itu.

Dengan ketebalan kurang dari 2,5 cm, case Realme Buds Air relatif masih nyaman untuk disimpan ke dalam saku, yang mana tidak akan terlalu menonjol. Dengan finishing mengilap (glossy), sidik jari tidak mudah tertinggal pada case. Kemudian, di bagian tutup juga terdapat tipografi khas Realme. Lalu di bagian bawah case ini terdapat satu port USB Type-C.

<p>True Wireless Stereo (TWS) - Realme Buds Air 3</p>

Beralih ke bagian muka case, tersemat satu LED kecil yang berfungsi sebagai indikator daya. LED ini akan menyala saat kamu membuka tutup atas case.

Jika LED berwarna merah, daya yang tersimpan di case tersisa sedikit. Namun, apabila LED menyala hijau, itu berarti masih banyak daya tersisa di case itu. Dalam keadaan terbuka, jika proses pairing dengan perangkat yang dituju telah dilakukan sebelumnya dan koneksi bluetooth perangkat itu menyala, Realme Buds Air 3 akan terkoneksi secara otomatis dengan perangkat itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Realme Buds Air 3

Peredam Bising

Realme Buds Air 3 mendukung Active Noise Cancellation (ANC) 42dB. Menurut pengalaman kami, fitur ini bekerja meredam suara sangat efektif di lingkungan dengan tingkat kebisingan menengah ke bawah. ANC di Realme Buds Air 3 akan sangat berguna bagi mereka yang bekerja di sebuah indoor open space, tetapi rutin melakukan virtual conference call.

Proses meredam kebisingan di Realme Buds Air juga terbantu oleh kehadiran dua unit mikrofon, yang menurut perusahaan, didukung oleh algoritma noise cancellation untuk keluaran suara efektif. Perusahaan juga menyematkan Transparency Mode yang memungkinkan pengguna bisa mengobrol dengan orang-orang di dekatnya tanpa perlu menanggalkan perangkat dari telinga.

Dual Device

Selain itu, ada juga satu fitur unggulan lainnya, yakni dual-device connection. Fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan Realme Buds Air 3 dengan dua perangkat berbeda melalui bluetooth, dan beralih secara mulus dari satu perangkat ke perangkat lain.

Bass Boost Driver

Soal keluaran suara, tersemat 10mm Dynamic Bass Boost Driver dengan diafragma LCP berelastisitas tinggi. Perusahaan mengklaim, desain ini dirancang untuk dan pengalaman suara mengesankan dengan vokal jernih dan bass kuat.

3 dari 4 halaman

Fitur Lainnya

Latensi rendah

Bagi active gamers, tersedia Game Mode yang diklaim menawarkan latensi 88ms. Selain untuk bermain game, Game Mode ini juga dapat diaktifkan saat menonton konten video di perangkat.

Apa manfaat dari latensi rendah? Semakin banyak latensi yang dapat dikurangi, semakin baik sekelompok perangkat yang terhubung dapat berkomunikasi satu sama lain. Itu berarti, latensi rendah memungkinkan jeda (delay) audio dapat berkurang sedemikian rupa hingga [mendekati] real-time.

Kontrol

Realme Buds Air 3 hadir tanpa tombol fisik, dan sebagai gantinya, kontrol sepenuhnya dilakukan dengan sentuhan:

  • Satu sentuhan cukup lama (sekitar 3 detik) berarti perintah untuk beralih antara Transparency Mode dan Noise Active Cancellation.
  • Dua sentuhan ketukan berarti perintah Pause / Play saat Anda sedang menonton video atau mendengarkan musik.
  • Tiga sentuhan ketukan berarti perintah untuk melewati trek.
4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Realme Buds Air 3 seharusnya mampu menawarkan pengalaman pengguna yang baik. Dengan banderol harga Rp 750.000 (edisi Le Mans) dan RP 699.000 (edisi biasa dengan warna Galaxy White dan Starry Blue), pengguna akan mendapatkan TWS yang tak hanya menawarkan desain sporty, ANC, dan latensi rendah, tetapi juga dual-device connection.

Khusus dual-device connection, fitur ini masih relatif jarang ditemukan pada perangkat di kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta, sehingga menjadi poin plus. Akhir kata, Realme Buds Air 3 mungkin dapat dipertimbangkan oleh mereka yang ingin merasakan pengalaman pengguna premium dari TWS di rentang harga tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.