Sukses

iOS 16 Mungkinkan Pengguna Transfer eSIM ke iPhone Baru via Bluetooth

iOS 16 akan memungkinkan pengguna iPhone untuk mentransfer eSIM mereka dari iPhone lama ke iPhone baru melalui koneksi Bluetooth.

Liputan6.com, Jakarta - Apple menambahkan sebuah metode mudah untuk menukar eSIM iPhone ke iPhone lainnya melalui update iOS 16.

Pengguna Twitter Carson Waldrop menemukan fitur tersebut, di mana iOS 16 mendukung pemindahan kartu eSIM dari iPhone yang dipakai ke iPhone baru melalui Bluetooth.

Kemudahan untuk mentransfer eSIM dari satu iPhone ke iPhone lain ini bakal memudahkan pengguna mentransfer nomor telepon, ketika berganti ke iPhone baru.

Mengutip The Verge, Sabtu (11/6/2022), saat ini di iOS, jika pengguna membeli iPhone baru dan menggunakan eSIM, pengguna harus menghubungi operator untuk mendapatkan eSIM yang diterbitkan ulang.

Beberapa operator seluler sudah memberikan kemudahan dengan kode QR di aplikasi seluler mereka. Sementara, operator lain di AS masih memaksa pengguna untuk pergi ke gerai untuk mentransfer eSIM mereka.

Lebih lanjut, laporan MacRumors menunjukkan proses transfer eSIM dari satu iPhone ke iPhone lain via Bluetooth hanya mungkin dilakukan jika operator mendukung fitur tersebut.

Kini, meski iOS 16 masih versi Beta, dukungan operator untuk fitur baru ini kemungkinan masih belum lengkap. Jadi belum diketahui berapa banyak operator dan negara mana saja yang sepenuhnya mendukung penggunaan fitur tersebut.

iOS 16 sendiri dikabarkan akan tersedia mulai musim gugur atau sekitar September tahun ini. Saat ini iOS 16 masih dalam fase pratinjau pengembang.

Sejumlah update pada iOS 16 mulai dari lock screen yang bisa disesuaikan dengan widget, tampilan iMessage baru, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iOS 16

Wakil Presiden Senior Apple, Craig Federighi, mengatakan, iOS 16 menjanjikan berbagai fitur baru, opsi personalisasi, dan tentunya tampilan lock screen yang dirombak. Apa saja?

Lock Screen

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Cukup dengan menggeser layar, pengguna iOS kini dapat dengan bebas mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood pada saat itu.

Agar dapat lebih memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan lock screen, Apple juga sudah menyediakan beragam wallpaper untuk dipakai.

Notifikasi

Perusahaan juga melakukan perombakan dalam hal notifikasi di lock screen, dimana biasanya tampil menumpuk di layar kini akan "roll" di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur "live activities" yang akan menampilkan notifikasi terkait dengan aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan pakai Uber.

 

3 dari 4 halaman

Fitur iOS 16

Live Text

Tak hanya dipakai untuk mengenali teks di foto, kini fitur Live Text juga dapat berfungsi dalam format video.

Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan ketika pengguna menggunakan Live Text di foto atau video.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menambahkan pustaka foto iCloud bersama, dimana fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.

Photos akan memberikan saran berbagi dan pengeditan gambar serta kata kunci akan disinkron untuk semua pengguna iPhone, iPad hingga Mac.

iMessages

Apple juga merombak besar-besaran aplikasi pesan bawaan mereka, yakni iMessages. Di iOS 16, pengguna kini dapat mengedit pesan dan menghapus pesan yang sudah terkirim.

Pengguna juga kini dapat memanfaatkan fitur SharePlay di aplikasi Messages. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur dikte ke dalam aplikasi Messages.

Safety Check

iOS 16 juga akan membawa penambahan fitur teranyar yang disebut Safety Check, yang bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi, yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

4 dari 4 halaman

iPhone yang Kebagian iOS 16

Mengutip informasi laman web Apple, Selasa (7/6/2022), berikut adalah daftar model iPhone yang kebagian update iOS 16:

iPhone 8 dan 8 Plus

  • iPhone X
  • iPhone SE (2020)
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 mini, iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini, iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max
  • iPhone SE (2022)

Sementara itu, iPhone 7 dan 7 Plus--yang meluncur setahun sebelum iPhone 8--tidak akan bisa memakai iOS 16.

Tak hanya itu, model original iPhone SE, iPhone 6s, dan iPhone 6s Plus juga masuk ke dalam deretan seri ponsel Apple yang tidak bisa pakai iOS 16 ketika diluncurkan September mendatang.

Perlu dicatat, tidak semua model iPhone yang kebagian update iOS 16 mampu menjalankan seluruh fitur baru yang sudah Apple ungkap dalam WWDC 2022 semalam.

Salah satu fitur tersebut adalah Live Text dan Visual Lookup yang mana membutuhkan kemampuan prosesor sekelas A12--seperti di iPhone XR, XS, dan paling baru.

Apple resmi mengumumkan iOS 16 dalam acara WWDC 2022, dan memperlihatkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang dibawa perusahaan ke dalam sistem operasi untuk iPhone ini.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.