Sukses

XL Axiata Gandeng Juniper Networks untuk Percepat Peluncuran Layanan 5G

XL Axiata menggandeng Juniper Networks untuk mempercepat peluncuran layanan 5G XL Axiata, guna mendukung layanan digital.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menggandeng Juniper Networks, perusahaan dunia yang menyediakan jaringan aman berbasis AI untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Dengan kerja sama ini, XL Axiata akan memakai teknologi dan produk Juniper, yakni Segment Routing over IPv6 (SRv6) dan Universal Router seri MX untuk meningkatkan infrastruktur jaringan yang ada.

Melalui penggunaan produk di atas, XL Axiata bakal memiliki fondasi jaringan lebih kuat untuk mendukung peningkatan permintaan akan layanan 5G.

Seperti diketahui, untuk mempercepat agenda transformasi digital, pemerintah mengumumkan Roadmap Digital Indonesia. Prioritas utamanya adalah menyelesaikan infrastruktur 4G di lebih dari 10.000 subkawasan pada 2022, juga mengembangkan jaringan 5G yang siap dipakai.

XL Axiata sebelumnya pernah bekerja sama dengan Juniper dalam merancang infrastruktur backhaul seluler yang mendukung jaringan 4G LTE nasional.

Kini, XL Axiata kembali menggandeng Juniper sebagai jaringan utama berbasis SRv6 yang bakal mendukung peluncuran layanan 5G-nya di seluruh Indonesia.

Router-router Juniper yang digunakan yakni MX240, MX480, MX960, dan MX2020 merupakan bagian dari portofolio 400G yang berfungsi sebagai fondasi atau core jaringan transportasi berbasis SRv6.

Penggunaan teknologi di atas bisa memberi kesiapan pada perusahaan untuk menghadirkan layanan 5G dengan teknologi terkini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trafik Manajemen Lebih Canggih

Nantinya, layanan profesional Juniper juga berperan dalam mendesain dan implementasi SRv6 di jaringan inti XL Axiata, termasuk untuk memastikan interoperabilitas dengan jaringan IP/MPLS telco yang ada sebelumnya.

Dengan implementasi SRv6, XL Axiata dipercaya akan memiliki jaringan dengan skalabilitas tinggi, proteksi jaringan lebih cepat, dan trafik management jaringan yang lebih canggih.

Karena 5G akan jari pilar utama ekonomi digital dan pemulihan pascapandemi Indonesia, perusahaan telekomunikasi ini akan membangun jaringan modern yang lebih siap untuk memenuhi permintaan di masa depan.

Selain itu, jaringan 5G XL Axiata juga ditujukan menyediakan layanan konektivitas berkualitas tinggi dan memberi pengalaman andal bagi konsumen sekaligus mitra bisnis.

3 dari 3 halaman

Konektivitas Luas

Group Head Network Planning & Design XL Axiata Fadly Hamka mengatakan, dengan memanfaatkan solusi routing dan kemampuan SRv6 Juniper, XL Axiata dapat memiliki jaringan yang lebih bisa diandalkan, skalabilitas jaringan luas, dan operasional jaringan lebih sederhana.

"Kami berharap bisa mendukung ekonomi digital Indonesia dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi, sesuai permintaan pelanggan dan pilihan untuk memberikan latensi rendah untuk layanan-layanan 5G ke depan," kata Fadly.

Sementara, Senior Director ASEAN & Taiwan Juniper Networks Perry Sui mengatakan, Juniper bangga dapat mendukung transformasi digital di negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

"Perluasan hubungan jangka panjang ini juga merupakan bukti kemampuan kami membangun jaringan skalabel dan cerdas secara operasional," katanya.

Dengan solusi yang mengutamakan pengalaman dan kemampuan SRv6, Juniper meyakini XL Axiata bisa memberikan pengalaman 5G unggul dan menyediakan konektivitas untuk waktu yang panjang ke depannya.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.