Sukses

Cara Membuat Microsite Bio Link Untuk Media Sosial

Berikut cara membuat microsite untuk media sosial yang bisa kamu atur sesuai keinginan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang aktif berbisnis online atau menjadi kreator konten, microsite atau bio link tentu sangat penting untuk mempromosikan produk atau karya kamu secara luas di media sosial.

Ya, selain untuk bisnis online, microsite juga bisa kamu manfaatkan untuk memperkenalkan pekerjaan.

Mengatur microsite itu sendiri cukup mudah, di mana kamu hanya perlu membuat dan mengisinya dan memasukkan URL microsite kamu ke bio Instagram, Facebook, TikTok, LinkedIn dan lain sebagainya.

Salah satu penyedia microsite lokal yang cukup populer adalah S.ID, di mana menyediakan dua fitur gratis tanpa limit dalam satu platform, yaitu microsite dan shortener link.

Berikut cara membuat microsite yang bisa kamu atur sesuai keinginan di platform S.ID, sebagaimana dikutip dari keterangannya, Jumat (10/6/2022).

  1. Buka aplikasi web https://s.id di browser dan pilih menu log in.
  2. Apabila kamu sudah mempunyai akun, cukup masukkan alamat email dan password. Jika belum, pada menu log in klik register here untuk memulai membuat akun.
  3. S.id akan mengirim tautan verifikasi ke dalam email kalian, lalu ikuti arahan tersebut.
  4. Untuk memulai membuat microsite, masuk ke akun kamu, lalu dari menu di samping, klik microsite dan create new.
  5. Pilih satu tema microsite yang kamu inginkan.
  6. Masukkan nama dan URL untuk microsite kamu. Nantinya, URL tampilan ini yang akan dilihat oleh pengunjung.
  7. Pilih add new component untuk menambahkan judul, tautan situs ada, foto, video atau tautan media sosial. Ulangi langkah ini untuk menambahkan tautan.
  8. Untuk menyusun daftar komponen, kalian bisa menyeret bar dengan menekan komponen bar. Untuk menghapus komponen, pilih ikon tong sampah.
  9. Untuk mengatur ulang nama dan URL microsite kamu, atau mengubah tema microsite, klik Setting di bagian kanan atas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menambahkan Microsite di Media Sosial

Jika kamu ingin membagikan microsite, pada menu di sebelah kanan pilih share. Terdapat beberapa pilihan seperti copy link, QR code atau pun share ke media sosial yang tersedia.

Kamu juga bisa menambahkan microsite di media sosial dengan cara berikut: 

Instagram

  • Masuk ke Instagram
  • Buka halaman profil dengan mengetuk gambar profil
  • Klik ‘Edit Profile’
  • Paste microsite URL kamu ke dalam kolom website

Facebook

  • Masuk ke Facebook
  • Buka profil
  • Klik ‘Edit Profile’
  • Paste microsite URL ke dalam kolom Bio

Tiktok

  • Masuk ke aplikasi TikTok
  • Buka profil
  • Klik ‘Edit Profile’
  • Paste microsite URL ke dalam kolom website

LinkedIn

  • Masuk ke LinkedIn
  • Dari profil, lalu pilih ikon pencil
  • Tekan ikon pencil di samping “Profile URL”
  • Paste microsite URL kamu di bawah “Website URL”
3 dari 5 halaman

S.ID Kombinasikan Fitur Link Shortener dan Microsite dalam Satu Platform

S.ID yang dikenal sebagai layanan penyingkat tautan atau link shortener, baru saja memperkenalkan fitur microsite (situs mikro).

Fitur terbaru ini memudahkan pengguna, khususnya content creator atau pebisnis online untuk mempromosikan diri atau produk ke link media sosial, seperti Instagram dan Tiktok.

Direktur utama PT. Aidi Digital Global (PT ADG) selaku pengembang platform S.ID, Ruby Alamsyah, menyebut dengan adanya penambahan fitur baru ini pengguna kian mudah dalam menunjang kebutuhan digital marketing.

“Saat ini, jika kita ingin membuat penyingkat tautan dan bio link harus menggunakan dua platform, namun dengan penambahan fitur microsite pada S.ID, pengguna cukup menggunakan satu platform sehingga lebih mudah dan praktis digunakan untuk tools marketing,” kata Ruby melalui keterangannya, Rabu (26/5/2022).

Fitur-fitur yang bisa dinikmati dengan menggunakan microsite di S.ID antara lain tersedia beberapa tema menarik, dapat membuat nama dan link microsite unik, terdapat beberapa komponen yang dapat dimasukan (teks, link, gambar, video, link media sosial).

Juga dapat melihat statistik tentang kemajuan tautan microsite seperti data jumlah pengunjung, pengunjung per klik, atau pun pengunjung unik.

Namun, menurut Manager Marketing S.ID, Dimaz Maulana, penambahan fitur microsite saat ini masih berstatus Beta atau masih dalam tahap pengembangan.

“Berbeda dengan penyingkat tautan yang sudah dirilis sejak 2015, fitur microsite masih dalam tahap beta version, namun sudah dapat digunakan dengan baik,” ungkap Dimaz.

4 dari 5 halaman

Diakses 30 Juta Pengguna dalam Sebulan

Berbeda dengan produk sejenis, S.ID diklaim memiliki keunikan tersendiri dalam sistemnya, karena menyediakan dua fitur gratis tanpa limit dalam satu platform, yaitu microsite dan shortener link.

Selain sebagai bio link, microsite S.ID juga berfungsi untuk mewadahi multilink ke dalam satu tempat yang dapat dijangkau pengikutnya.

Salah satu contohnya pengguna bisa mempromosikan toko online pada microsite S.ID seperti menambahkan tautan toko online, review, tautan media sosial toko maupun company profile yang bisa dijangkau oleh calon pembeli.

Bukan hanya itu, S.ID juga membantu pengguna untuk mempersingkat tautan yang panjang menjadi lebih singkat, unik dan rapih.

S.ID yang semula hanya sebagai penyingkat tautan dan hanya diperuntukan bagi pengguna di dalam negeri, hingga saat ini sudah membantu lebih dari 400 ribu pengguna dengan akses sebanyak 30 juta pengguna per bulannya.

“Kami berharap S.ID bisa menjadi produk digital kebanggan masyarakat Indonesia dan juga digunakan secara masif oleh masyarakat luar negeri sehingga bisa membuat bangga dengan adanya produk lokal yang go international,” Ruby memungkaskan.

Dalam memperkenalkan lebih jauh terhadap manfaat dari layanan S.ID, perusahaan membuka lomba bagi semua kalangan masyarakat untuk menggunakan fitur yang tersedia.

5 dari 5 halaman

Infografis Mekanisme Virtual Police Awasi Pengguna Media Sosial. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.