Sukses

3G Dihapus, Ini Alasan Pengguna Perlu Berpindah ke Jaringan dan Smartphone 4G

Operator-operator telekomunikasi seluler di Indonesia tengah melakukan penghapusan layanan 3G untuk dialihkan ke 4G sepenuhnya, berikut sejumlah alasan pengguna perlu berpindah ke jaringan dan smartphone 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Operator-operator di Indonesia kini berkomitmen melakukan migrasi jaringan 3G ke 4G, yang ditargetkan selesai akhir 2022.

Di beberapa lokasi, penghapusan 3G untuk dimigrasikan ke 4G membuat masyarakat harus segera beralih ke jaringan 4G dalam waktu dekat.

Namun nyatanya, masih ada jutaan orang yang sehari-harinya bergantung pada jaringan 3G untuk mengakses internet dari ponsel.

Hal tersebut tentunya sangat disayangkan, karena kualitas jaringan 3G sebenarnya sudah tidak semaksimal saat baru dirilis. Apalagi, dengan adanya 4G, kualitas internet 3G jadi jauh lebih rendah.

Berdasarkan keterangan resmi Samsung yang dikutip Tekno Liputan6.com, Jumat (10/6/2022), rata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G ternyata 60 persen lebih rendah dibandingkan oleh pengguna 4G.

Selain itu, pengguna smartphone yang hanya bisa terkoneksi dengan jaringan 3G saja hanya punya akses terhadap mobile data 82,2 persen dari keseluruhan waktu yang dimiliki. 14,4 persen lebih rendah dari pengguna jaringan 4G.

Dari situ, migrasi 3G ke 4G akan memberikan manfaat besar bagi para pengguna smartphone 4G, karena kecepatan jaringan 4G yang lebih tinggi dan stabil bisa memperlancar aktivitas online pengguna.

Berikut adalah sejumlah manfaat jika pelanggan beralih dari layanan 3G ke 4G:

- Browsing, streaming video, hingga download konten jadi lebih lancar

- Komunikasi jadi lebih nyaman dengan berkirim chat lebih cepat, video call tanpa putus-putus, hingga menelepon dengan layanan VoLTE yang suaranya lebih jernih

- Banyak layanan yang bisa digunakan dengan lebih maksimal, misalnya akses media sosial, streaming di platform OTT, belanja online, main gim online, hingga aplikasi maps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tawarkan Fitur-Fitur Mutakhir

Paham dengan pentingnya peralihan 3G ke 4G bagi masyarakat, Samsung menghadirkan smartphone terjangkau Galaxy A03 Series. Dengan ponsel ini, pengguna bisa merasakan komunikasi internet yang lebih nyaman.

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi menyadari pentingnya kehadiran smartphone 4G yang terjangkau bagi masyarakat.

Untuk itu Samsung mengajak pengguna 3G untuk mulai beralih ke 4G dengan Galaxy A03 Series yang mudah dipakai dan punya fitur lengkap.

"Galaxy A03 Series memiliki fitur lengkap mendukung kegiatan sehari-hari, mulai dari baterai 5.000mAh, layar 6,5 inci, RAM 4GB, memori internal 128GB, hingga resolusi kamera 48MP. Semua hadir dengan harga Rp 1 jutaan dan berbagai keuntungan tambahan lainnya," kata Ricky.

Berikut adalah sejumlah alasan kenapa pengguna 3G wajib untuk bermigrasi ke smartphone 4G:

3 dari 5 halaman

Alasan Ganti Smartphone 4G

- Smartphone 4G lebih mudah dipakai dan umurnya panjang

Salah satu alasan pengguna 3G belum beralih ke 4G adalah adanya anggapan bahwa ponsel jadul lebih mudah digunakan. Oleh karena itu, Samsung memastikan pengguna bisa memakai jajaran smartphone Galaxy A03 Series, yakni Galaxy A03, Galaxy A3s, dan Galaxy A03 Core dengan mudah.

Ketiga ponsel ini didukung antarmuka One UI Core yang memiliki tampilan dan operasional smartphone yang ringkas. Sehingga pengguna bisa cepat beradaptasi ketika ganti smartphone.

Penggunaan praktis ini ditunjang dengan performa smartphone optimal karena didukung prosesor Oca-Core. Galaxy A03 Series hadir dengan varian RAM hingga 4GB yang membuat pengguna bisa memakai berbagai aplikasi dengan lancar.

Pada Galaxy A03, terdapat pilihan memori internal 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal 1TB. RAM dan memori internal besar ini membuat perangkat jadi tidak cepat lemot, sehingga pengguna bisa menggunakan untuk waktu lama.

Galaxy A03 Series juga dibekali dengan baterai 5.000mAh yang tahan lama. Pengguna pun tidak perlu sering mengecas perangkat saat digunakan sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Layar Besar dan Kamera Lebih Canggih

2. Smartphone 4G layar besar

Smartphone 4G memiliki layar yang jauh lebih besar dan jernih dibandingkan ponsel-ponsel 3G. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa dalam berkomunikasi maupun menikmati hiburan digital.

Galaxy A03 Series dalam hal ini, memiliki layar 6,5 inci HD+ yang bening. Dengan begitu, pengguna bisa berkirim chat dengan lebih nyaman karena bisa mengetik lebih mudah.

Pengguna juga bisa menikmati pengalaman video call yang maksimal karena bisa melihat lawan bicara dengan begitu jelas. Ditambah koneksi internet 4G yang lancar, pengguna bisa menonton video, streaming film dan series hingga main gim dengan lebih puas berkat layar lebih besar.

3. Smartphone 4G punya kamera lebih canggih daripada ponsel 3G

Galaxy A03 Series didukung beragam konfigurasi kamera untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Galaxy A03s memiliki triple camera dengan main camera 13MP, lensa makro 2MP, dan depth 2MP.

5 dari 5 halaman

Smartphone dengan Harga Rp 1 Jutaan

Galaxy A03 memiliki kamera beresolusi tinggi 48MP. Jadi, pengguna bisa mengabadikam momen di sekitarnya dengan kualitas lebih baik dibanding kamera ponsel 3G.

Smartphone 4G Terjangkau

Galaxy A03 Series bisa didapatkan di berbagai toko daring dan toko retail terdekat. Samsung sudah bekerja sama dengan Telkomsel guna memungkinkan pengguna smartphone ini menikmati jaringan 4G lebih maksimal.

Berikut pilihan harga Galaxy A03 Series:

- Galaxy A03 varian baru 4GB/ 128GB dibanderol Rp 1.999.000 warna Biru, Hitam, dan Merah.

Ada juga opsi RAM 4GB dan memori internal 64GB dengan harga Rp 1.799.000.

- Galaxy A03s RAM 3GB memori 32GB harganya Rp 1.599.000 warna Biru dan Hitam.

- Galaxy A03 Core RAM 2GB dan memori 32GB di harga Rp 1.249.000 warna Biru dan Hitam.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.