TikTok Luncurkan Avatar Kustom, Mau Saingi Bitmoji Snapchat dan Memoji Apple

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 08 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 08 Jun 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Perbesar
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - TikTok meluncurkan sebuah fitur yang mengizinkan pengguna mengubah diri menjadi avatar animasi kustom. Mirip dengan avatar Memoji milik Apple, Bitmoji milik Snapchat, serta Avatar-nya Meta.

Mengutip The Verge, Rabu (8/6/2022), fitur ini diluncurkan secara global hari ini dan sudah bisa diakses dari kamera aplikasi, bersama dengan berbagai efek TikTok lainnya.

Untuk memakai fitur avatar TikTok tersebut, buka aplikasi, balikkan kamera ke mode selfie, lalu ketuk efek, dan pilih efek avatar.

Pengguna pun kemudian bisa menggunakan tampilan preset atau menekan "New/baru" untuk membuat avatar khusus.

Fitur ini memungkinkan pengguna menyesuaikan bentuk wajah avatar, warna kulit, gaya rambut, dan aksesori termasuk riasan dan tindikan.

Pengguna pun bisa merekam video dengan avatar, mengikuti gerakan dan ekspresi wajah si pengguna. Seperti pada Memoji milik Apple.

TikTok mengatakan, ingin membuat fitur ini seinklusif mungkin dan akan terus meningkatkan dan berinovasi untuk memastikan pengalamannya benar-benar mewakili semua orang yang ada di TikTok.

<p>Avatar TikTok (Foto: The Verge).</p>

Sebelumnya, kabar bahwa TikTok mau membuat avatar bocor awal tahun ini. Sangat menarik melihat begitu banyak platform media sosial kini memakai avatar sebagai cara bagi orang untuk berkomunikasi, tanpa tekanan untuk melakukannya secara langsung.

Di sisi lain, Snapchat dan iMessage menggunakan Bitmoji dan Memoji untuk berkomunikasi dengan orang yang mereka kenal. Sementara, avatar TikTok berpotensi dipakai oleh pembuat konten pseudonim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bisa Tambah Efek Suara

TikTok
Perbesar
TikTok. Dok: money.com

Tren tersebut diluncurkan di YouTube dan bisa diterapkan di platform seperti TikTok. Pengguna pun bisa menggabungkan avatar khusus mereka dengan efek suara TikTok yang sudah ada sebelumnya, untuk memastikan anonimitas. 

Avatar 3D Meta

Sebelumnya, perusahaan induk Facebook, Meta, memperkenalkan avatar 3D ke Instagram Stories dan Direct Message (DM). Meta juga memperbarui tampilan avatar di Facebook dan Messenger.

Dengan avatar 3D ini, para pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko bisa memunculkan diri virtual mereka di stiker, posting feed, gambar profil Facebook, dan lainnya di seluruh platform Quest VR-nya.

Mengutip The Verge, Manajer Umum Meta untuk Avatar dan Identitas Aigerim Shorman mengatakan, avatar versi baru akan mencakup bentuk wajah, perangkat bantu seperti implan koklea, alat bantu dengar, dan kursi roda lebih inklusif bagi pengguna penyandang disabilitas. 


Upaya Wujudkan Metaverse

fitur tag location TikTok
Perbesar
Fitur Tag Location di TikTok (Foto: TikTok)

"Kami telah menyesuaikan bentuk wajah dan menyesuaikan shader kulit untuk membuat avatar Anda lebih autentik," kata Shorman. 

Lebih lanjut dia berkata, kehadiran Avatar di seluruh platform adalah upaya Meta untuk mewujudkan metaverse.

"Meluncurkan avatar di seluruh platform kami adalah langkah awal untuk mewujudkan metaverse. Kami berharap, diri virtual baru ini memungkinkan untuk memewakili Anda secara online," katanya.

Shorman menggambarkan avatar ini sebagai bagian dari dunia digital yang saling terhubung, dunia yang menjembatani VR dan AR tetapi juga platform yang lebih akrab seperti ponsel dan komputer.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan metaverse merupakan prioritas perusahaan yang dia bicarakan ketika ia mengumumkan nama baru Meta pada akhir 2021.

"Suatu hari, Anda akan memiliki banyak avatar, mulai dari ekspresif hingga fotorealistik," kata Zuckerberg dalam unggahannya, Senin, 31 Januari 2022.

(Tin/Ysl)

Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Donald Trump Vs TikTok. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya