Sukses

Diablo Immortal Tak Bisa Rilis di Belanda dan Belgia Gara-Gara Fitur Loot Box

Fitur loot box yang dianggap perjudian oleh aturan membuat game Diablo Immortal tak bisa rilis di Belanda dan Belgia

Liputan6.com, Jakarta - Para gamer di Belgia dan Belanda tampaknya harus pupus harapan untuk bisa memainkan Diablo Immortal di negara itu, akibat regulasi yang melarang adanya fitur loot box.

Mengutip The Verge, Selasa (7/6/2022), dilaporkan Eurogamer, kedua negara tersebut memang diketahui melarang adanya loot box, yang dinilai sebagai sebuah bentuk perjudian.

"Diablo Immortal tidak akan tersedia di Belgia atau Belanda, dan tidak akan muncul di Battle.net atau App dan Google Play Stores Belgia dan Belanda," kata juru bicara Activison Blizzard kepada Eurogamer.

Menurut penerbit gim tersebut, keputusan tidak dirilisnya Diablo Immortal di kedua negara terkait dengan lingkungan operasional untuk gim itu di negara-negara tersebut.

"Oleh karena itu, pra-registrasi untuk gim tersebut tidak dapat diakses di pasar itu," kata Activison Blizzard mengonfirmasi.

Pernyataan itu memang tidak secara spesifik menyebut aturan itu di Belgia dan Belanda. Namun, pengumuman yang lebih eksplisit tampaknya disebarkan ke beberapa email dukungan pelanggan, yang diunggah ke Reddit.

"Pemain di Belanda dan Belgia tidak akan dapat menginstal Diablo: Immortal karena pembatasan perjudian di negara tersebut," tulis email tersebut. "Loot box dalam game itu melanggar hukum di negara Anda."

Dalam email yang belum terverifikasi itu ditambahkan bahwa mengunduh gim dari negara lain seperti Prancis adalah ilegal.

"Jika Anda berhasil menjalankan tersebut, saya tidak dapat menjamin Anda tidak akan dilarang untuk itu," tulis email yang mengatas namakan tim dukungan pelanggan Blizzard Europe tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Rilis Diablo Immortal di Indonesia

Di 2018, Belgium Gaming Commission menyatakan bahwa loot boxes "melanggar undang-undang perjudian." Mereka juga memerintahkan permainan yang dijual di negara itu, untuk menghilangkan fitur tersebut.

EA, di mana mereka sukses dengan fitur itu di FIFA, menyatakan juga akan berhenti menjual mata uang dalam gim yang diperlukan untuk membelinya di Belgia, pada tahun berikutnya. Sistem serupa juga dimatikan di Overwatch dan Counter Strike: Global Offensive.

Sementara di Belanda, pada tahun 2020, otoritas game negara itu meminta EA untuk mematikan loot boxes di FIFA, atau terancam denda ratusan ribu Euro setiap pekannya.

Namun di awal tahun ini, keputusan tersebut dibatalkan saat pengadilan Belanda memutuskan, paket game card bukanlah perjudian, dan membatalkan denda sebelumnya.

Diablo Immortal sendiri dirilis di beberapa negara pada 2 Juni 2022, untuk platform seluler di Android dan iOS, serta PC. Namun untuk Indonesia dan beberapa negara tampaknya harus sedikit bersabar untuk memainkan game ini.

Blizzard melalui laman resminya sudah menyatakan, Diablo Immortal untuk PC Open Beta, Android, dan iOS, akan dirilis di beberapa wilayah Asia Pasifik pada tanggal 22 Juni 2022.

Beberapa negara itu termasuk Hong Kong, Indonesia, Makau, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Game ini juga akan dirilis di Vietnam di waktu yang sama, tapi hanya untuk PC Open Beta.

"Wilayah ini akan menerima server game khusus untuk menghadirkan konektivitas dan ping yang lebih baik kepada pemain," tulis Blizzard menjelaskan. 

3 dari 4 halaman

Punya Fitur Cross-Play

Saat diumumkan pertama kali pada 2018, pengembang game meyakinkan gamer dan fans setianya Diablo Immortal akan tampil eksklusif di perangkat mobile.

Dalam acara livestreaming baru-baru ini, Activision Blizzard mengumumkan gim Diablo Immortal juga akan meluncur ke platform PC. Namun dikutip dari Polygon, Diablo Immortal kini akan mendukung fitur cross-play antara kedua platform.

Dengan fitur ini, player bisa bermain game di PC dan mobile bermain bersama. Rencananya, Diablo Immortal akan meluncur di kedua platform pada 2 Juni 2022.

Direktur game Diablo Immortal, Wyatt Cheng, mengungkap beberapa hal baru lainnya yang dapat gamer temukan di game ini. Disebutkan, game versi PC ini akan mendukung controller , mouse dan keyboard, dan skema kontrol WASD baru.

Tak hanya itu, game ini juga akan menampilkan fitur cross-save yang memungkinkan player untuk dapat melanjutkan game mereka di PC ke ponsel--atau sebaliknya.

 

4 dari 4 halaman

Peluncuran Tertunda

Diablo Immortal mengambil latar belakang cerita setelah Diablo II: Lord of Destruction, dan hanya bisa dimainkan secara online.

Menurut tim pengembang, game ini akan tampil dengan deretan karakter, cerita, dan konten tambahan baru. Sebelumnya, Activision Blizzard memutuskan untuk menunda peluncuran Diablo Immortal hingga awal 2022.

Dilansir Engadget, pengembang beralasan game ini ditunda peluncurannya karena masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyempurnakan konten PvP (player versus player).

Tak hanya itu, pengembang juga ingin meningkatkan pengalaman PvE (player versus enemy), dan menerapkan opsi aksesibilitas tambahan.

Blizzard menjelaskan, sejumlah fitur spesifik akan menjadi fokus pengembangan, seperti menambahkan PvE Raids, Bounty, dan membuat Challenge Rifts lebih menarik.

Soal PvP, perusahaan akan bekera keras untuk meningkatkan matchmaking dengan pemain lain, naik ranking, keseimbangan class, hingga elemen lainnya di dalam game Diablo Immortal.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.