Cara Pakai Mark on Recording di Oppo Reno7 Z 5G, Bikin Gampang Dengar Ulang Rekaman

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 07 Jun 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 09:00 WIB
OPPO Reno7 Z 5G.
Perbesar
OPPO Reno7 Z 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu smartphone kelas menengah terbaru yang dirilis Oppo tahun ini, Oppo Reno7 Z 5G menawarkan beberapa fitur yang berguna, tapi mungkin kamu belum mengetahui atau menyadari keberadaannya.

Salah satunya adalah fitur Mark on Recording yang dapat kamu gunakan apabila harus merekam audio dari sebuah dialog, wawancara, atau bahkan rapat yang panjang.

Seringkali, saat kita melakukan perekaman audio dalam durasi yang panjang, kita harus mencatat di menit ke berapa suatu poin atau topik yang menarik tersebut terekam.

Tidak jarang, kita harus memutar ulang rekaman yang panjang tersebut untuk mendengarkannya lagi dari awal. Hal ini tentu saja bakal memakan waktu lebih lama, apalagi jika rekaman tersebut harus ditulis ulang.

Melalui fitur Mark on Recording di HP Oppo Reno7 Z 5G, pengguna dapat menandai di menit atau detik ke berapa sebuah percakapan atau poin yang dirasa penting dalam sebuah rekaman, untuk langsung didengarkan.

Hal ini tentu saja berguna bagi kamu yang sering mengandalkan rekaman berdurasi panjang untuk pekerjaan sehari-hari, misalnya bagi para jurnalis untuk menandai poin-poin penting dari wawancaranya dengan narasumber.

Cara menggunakan Mark on Recording di Oppo Reno7 Z 5G sendiri cukup mudah dan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan.

  1. Pertama, kamu cukup membuka aplikasi Recorder atau perekam seperti biasanya. Aplikasi ini secara default bisa ditemukan di Tools atau Alat Bantu.
  2. Lalu, pilih tipe rekaman yang diinginkan. Di sini, Oppo menyediakan tiga jenis rekaman yaitu: Standard (Standar), Meeting (Rapat), atau Interview (Wawancara), sesuai yang diinginkan.
  3. Mulailah melakukan perekaman.
  4. Saat perekaman berjalan dan kamu mendengar ada yang menurutmu penting, klik ikon bendera di sebelah kiri tombol "pause." Lakukan lagi jika ada poin penting lainnya.
  5. Saat selesai merekam, pilih tombol centang. Nantinya, kamu akan menemukan di waktu mana saja kamu telah memberikan penanda tersebut, sehingga dapat lebih mudah memutarnya kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gaming Esports di Oppo Reno7 Z 5G

Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Oppo sebelumnya menyatakan salah satu lini smartphone barunya, Reno7 Series 5G, terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, tak cuma mengandalkan desain dan fotografi sebagai fitur andalannya, namun juga untuk gaming esports.

Hal ini seperti disampaikan oleh Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia dalam konferensi pers Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron di Oppo Store Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/5/2022).

"Masih terjadi beberapa paradigma yang salah bahwa untuk bermain game itu semua permainan harus rata kanan semua," kata Aryo.

Di Reno6 series, Oppo Indonesia sempat memperkenalkan fitur gaming dari smartphone mereka untuk lini tersebut melalui Reno6 Ultimate Gaming Battle.

Kali ini, kemampuan gaming di perangkat Oppo Reno7 Series 5G diperkenalkan melalui Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron. "Melalui acara ini, kami berharap agar konsumen semakin memahami potensi gaming pada perangkat Reno7 Series 5G," kata Aryo.

 


Mobile Gaming Jadi Faktor Menarik

OPPO Reno7 Z 5G
Perbesar
OPPO Reno7 Z 5G/Istimewa. 

Menurut Aryo, Reno7 Series 5G tidak hanya menghadirkan desain modern yang ikonik serta kemampuan kamera yang baik, namun juga menawarkan performa tinggi dan kenyamanan.

"Ini untuk memberikan pemahaman bahwa smartphone gaming itu smartphone yang nyaman. Bukan yang tampilannya bagus atau punya fitur-fitur tambahan," imbuh Aryo.

Oppo sendiri menyebut, mobile gaming masih menjadi faktor menarik bagi konsumen. Bahkan, kemampuan perangkat smartphone dalam menjalankan game diklaim menjadi salah satu faktor penentu pembelian perangkat oleh konsumen.

Salah satu fitur pendukung gaming yang ditawarkan di kedua perangkat Reno7 Series 5G adalah AI Frame Rate Stabilizer.

AI Frame Rate Stabilizer adalah fitur untuk memprediksi perubahan frame rate dan suhu ponsel terlebih dulu, lalu akan melakukan penyesuaian untuk menghindari frame rate yang tidak stabil, sehingga gim tampil lebih mulus.

 


Quick Startup

Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron
Perbesar
Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia bersama Tim Bigetron Red Aliens di Oppo Store, Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/5/2022). Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti

Fitur lain adalah Quick Startup untuk membantu mengidentifikasi game yang paling sering dimainkan. Hal ini membuatnya tetap aktif di latar belakang, bahkan setelah keluar.

Dengan Quick Startup, saat pengguna kembali memulai gim, jalan pintas akan dibuat untuk langsung menuju halaman utama game dengan melewatkan animasi pembuka.

Fitur gaming terakhir yang ditawarkan adalah Game Focus Mode, untuk meminimalisir semua notifikasi yang berpotensi mengganggu permainan seperti pesan dan panggilan masuk.

(Dio/Ysl)

Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental
Perbesar
Infografis Ciri-Ciri Orang Miliki Gangguan Kesehatan Mental. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya