iPhone 15 Bakal Gunakan USB Type-C Demi Patuhi Regulasi Eropa

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 06 Jun 2022, 14:00 WIB
Xiaomi 11T
Perbesar
iPhone 15 bakal gunakan USB Type C demi patuhi regulasi Eropa. Foto: Xiaomi 11T (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - September tahun ini, Apple akan merilis iPhone 14 series. Seperti tahun-tahun sebelumnya, iPhone 14 series masih akan menggunakan port Lightning untuk keperluan pengisian daya dan transfer data.

Namun, iPhone 15 yang rencananya dirilis tahun depan bakal menggunakan port USB Type-C. Keputusan ini tampaknya merupakan respon atas persyaratan yang diajukan oleh Komisi Uni Eropa.

Mengutip Gizchina, Senin (6/6/2022), Komisi Uni Eropa dan negara-negara Eropa akan menggolkan aturan yang menjadikan port USB Type-C sebagai standar kesatuan.

Menurut laporan, negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu pada Selasa 7 Juni untuk membahas dan mencapai kesepakatan.

Komisi Uni Eropa akan berupaya menyatukan antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone. Antarmuka terpadu akan menjadi USB Type -C yang kini banyak digunakan di Android.

Alasan hal ini diatur dan diterapkan karena alasan lingkungan. Pasalnya, antarmuka terpadu bisa dipakai kembali, mengurangi limbah, dan membuat pengguna hemat sekitar 250 juta euro per tahun.

Perlu diketahui, Uni Eropa juga sudah membahas proposal untuk menyatukan antarmuka perangkat digital selama lebih dari 10 tahun. Sebelumnya, Uni Eropa menerapkan kebijakan sebagian perangkat dengan port USB micro.

Menurut laporan, Uni Eropa tidak terbuka untuk adanya lobi. Uni Eropa bakal melaksanakan aturan ini dalam skala besar, termasuk penggunaan port USB Type-C untuk mengisi daya laptop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mau Tak Mau

Port Lightning iPhone
Perbesar
Port Lightning Port pada iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, Apple menentang penggunaan unifikasi USB Type-C oleh Uni Eropa. Namun perusahaan juga menghadirkan iPad dan Mac yang menggunakan port USB Type C. Kini, iPhone yang jadi sasaran jadi kebijakan Uni Eropa tersebut.

Mau Tak Mau

Sebelumnya, konsultan Ming-Chi Kuo mengklaim Apple akan terus memakai port Lightning dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan beberapa waktu lalu ada laporan bahwa Apple akan menghadirkan iPhone tanpa port sama sekali.

Jika hal tersebut diterapkan, kemungkinan iPhone harus bergantung pada pengisian daya nirkabel dan transmisi data nirkabel, alih-alih memakai port USB Type C.

Namun dengan prediksi terbaru, Apple tampaknya harus menurut kepada berbagai tekanan. Kini mau tak mau, ke depannya Apple harus menggunakan port USB Type C pada iPhone mereka.

Paling tidak, Apple harus menyediakan produk iPhone dengan port USB Type C untuk pasar Eropa atau membuat semua produknya di seluruh dunia, memakai port USB Type C.

 


Bocoran iPhone 14

Gambar rendenr iPhone 14 Pro
Perbesar
Seperti ini bentuk iPhone 14 Pro? (Doc: Jon Posser x Ian Zelbo)

Sebelumnya, Apple dikabarkan akan mengadopsi fitur always-on ke ponsel teranyarnya, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, perusahaan asal Cupertino itu bakal memperkenalkan fitur itu bersamaan dengan peluncuran iOS 16.

Dengan fitur always-on, pengguna iPhone dapat meninjau informasi atau notifikasi meskipun ponsel yang digunakan terkunci.

Mengutip laporan Mark Gurman via The Verge, Senin (30/5/2022), fitur always-on versi iPhone akan berfungsi layaknya di Apple Watch Series 5 dan lebih baru.

Disebutkan, frame rate lock screen iPhone 14 Pro dan Pro Max akan diturunkan hingga paling rendah ketika fitur always-on diaktifkan.

Dengan cara ini, baterai ponsel pun akan lebih hemat energi meskipun lock screen sedang aktif.

Masih belum diketahui apakah Apple juga akan menggunakan layar low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) yang sama di perangkat jam pintar mereka.


Perbincangan di Industri

iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Seperti diketahui, kabar Apple bakal mengadopsi fitur always-on ini ke iPhone memang sudah lama menjadi perbincangan di industri smartphone dunia.

Tahun lalu, beberapa analis memprediksi Apple bakal melengkapi lini iPhone 13 dengan layar LTPO sehingga dapat menggunakan fitur always-on.

Sementara, deretan HP Android sudah mendukung always-on mode--beberapa sudah pakai selama bertahun-tahun. Contohnya adalah Samsung.

Di HP Samung, pengguna dapat mengetahui waktu, level baterai, widget, dan lainnya meskipun kondisi ponsel saat itu sedang terkunci.

Mark Gurman juga menyebutkan, iOS 16 diharapkan akan hadir dengan fungsi serupa. Selain always-on mode, kedua ponsel ini juga akan hadir dengan hardware eksklusif.

Dari bocoran yang beredar saat ini, Apple hanya akan menyertakan chipset A16 terbarunya itu ke iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

(Tin/)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya