Sukses

Ini Solusi XL Axiata dan Huawei Perluas Jaringan XL Home dan XL Satu

XL Axiata dan Huawei menerapkan solusi AirPON untuk memperluas jaringan XL Home dan XL Satu Fiber.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata terus membangun jaringan broadband Fiber to the Home (FTTH) untuk menyediakan layanan internet rumah cepat dan stabil di berbagai provinsi di Indonesia melalui XL Home dan XL Satu Fiber.

XL Axiata pun berkerja sama dengan Huawei mengimplementasi teknologi bernama AirPON. Solusi ini diterapkan di Vila Nusa Indah, Kota Bogor, dan menjadi salah stau solusi memperluas koneksi broadband dengan efisiensi pada biaya serta waktu konstruksi FTTH.

Solusi ini bisa diterapkan untuk memperkuat layanan dari segmen bisnis konvergensi XL Axiata.

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Penerapan solusi AirPON terbukti dapat mendukung XL Axiata untuk terus bertransformasi menjadi perusahaan konvergensi dengan layanan berkualitas tinggi."

Ia mengklaim hasil uji coba di area yang terbatas telah dari solusi ini memperlihatkan hasil memuaskan.

"Kami percaya bahwa AirPON adalah salah satu solusi efektif yang dapat membantu XL Axiata melakukan ekspansi koneksi broadband secara lebih cepat dan efisien," katanya.

Gede memaparkan, pembangunan jaringan FTTH adalah proyek sistematis yang kompleks dan menantang, sama halnya seperti yang dihadapi oleh XL Axiata.

Menurutnya, terbatasnya jumlah equipment rooms serta jauhnya jarak ke target pengguna menjadi salah satu tantangan dalam membangun jaringan FTTH berskala besar yang membutuhkan waktu dan biaya konstruksi yang tidak sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Solusi AirPON

Sementara, AirPON membawa inovasi yang mampu menyederhanakan proses instalasi dan pemeliharaan sehingga secara signifikan mempersingkat masa konstruksi jaringan FTTH dan mempersingkat time-to-market.

Solusi ini dapat mengurangi pekerjaan akuisisi dan biaya konstruksi karena satu situs AirPON dapat mencakup 1.000 pelanggan rumahan.

Ke depannya, XL Axiata akan menerapkan solusi pembangunan jaringan canggih tersebut untuk meningkatkan efisiensi penyebaran jaringan broadband dan mengurangi biaya konstruksi.

Chief Technology Officer Huawei Indonesia, Xing Yinghua mengatakan Huawei berkomitmen untuk dapat mendukung membangun jaringan canggih yang memenuhi persyaratan untuk pengembangan di masa depan.

"Kami akan terus memberikan solusi inovatif untuk mendukung XL Axiata bertransformasi menjadi operator konvergensi termasuk mendukung pembangunan broadband nasional di Indonesia," katanya.

3 dari 4 halaman

XL Home

Sekadar informasi, XL Axiata memiliki jangkauan XL Home lebih dari 700 ribu home pass di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Produk inovatif dari XL Home melalui XL Satu Fiber adalah produk konvergensi pertama di Indonesia yang memberikan dua keunggulan dari XL HOME Fiber dan XL Prabayar dalam satu paket.

Lewat produk ini, pelanggan mendapatkan internet rumah super cepat tanpa batas fiber dengan kecepatan hingga 1Gbps dan kuota smartphone sekeluarga hingga 300GB yang bisa dipakai untuk 5 nomor.

Promo unggulan dari XL Satu Fiber saat ini adalah paket Smart, dimana pelanggan cukup membayar Rp.334.000/bulan untuk mendapatkan internet rumah fiber dengan kecepatan hingga 50Mbps dan mendapatkan kuota HP untuk sekeluarga sebesar 25GB, ditambah gratis akses ke Vidio platinum hingga 12 bulan.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini