Sukses

WhatsApp Bakal Tambah Kode Verifikasi Kedua untuk Cegah Pengambilalihan Akun

WhatsApp untuk iOS akan menambahkan kode verifikasi kedua untuk mencegah pengambialihan akun oleh peretas.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp untuk iOS akan segera menambah lapisan proteksi ketika pengguna mencoba login pertama kalinya ke sebuah akun. Setelah pengguna banyak tertipu untuk memberikan kode verifikasi ke penjahat tahun lalu, WhatsApp berencana menghentikan praktik tersebut.

Menurut WABetaInfo,  aplikasi WhatsApp tengah mengembangkan kode verifikasi ganda untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna.

Laman tersebut menjelaskan, ketika pengguna untuk pertama kalinya meregister nomor telepon ke smartphone berbeda, pengguna akan diminta menambah kode verifikasi yang berbeda dengan verifikasi pertama yang dikirim lewat SMS.

Pesan di bawah ini akan terpampang di layar WhatsApp pengguna:

Nomor XXX telah dipakai untuk (login) WhatsApp di smartphone lain.

Untuk membantu memastikan akun berada di bawah kontrol pemilik, pengguna harus mengkonfirmasi kode verifikasi lainnya.

Untuk keamanan ekstra lainnya, pengguna harus menunggu timer selesai sebelum bisa mengirimkan kode.

Ketika pengguna menerima kode, masukkan ke sini.

WABetaInfo mengatakan, saat upaya pertama untuk masuk ke akun WhatsApp berhasil, kode 6 digit lainnya bakal diperlukan untuk menyelesaikan proses.

Dengan itu, pesan lain akan dikirim ke pemilik nomor telepon sehingga mereka akan tahu jika ada upaya untuk masuk ke akun mereka baru saja terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belum Jelas Kapan Rilis

Karena fitur ini baru dikembangkan, belum jelas kapan atau apakah fitur perlindungan tambahan ini akan dirilis. Tentunya akan sangat menarik untuk melihat lapisan perlindungan ketiga di WhatsApp.

Sekadar informasi, saat ini, selain 6 digit kode verifikasi yang harus ditambahkan saat mencoba masuk ke ponsel baru, pengguna juga bisa mengaktifkan PIN 6 digit untuk mencegah akses yang tak diinginkan.

Nantinya jika fitur ini dirilis, pengguna akan punya lapisan perlindungan lain yang bertujuan untuk menghindari saat akun mereka dicuri.

Siapkan Fitur Edit Pesan

Terlepas dari itu, WhatsApp sedang menyiapkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk mengedit pesan yang sudah terkirim. Fitur ini tengah dalam pengembangan, yang mana ditemukan oleh WABetaInfo.

"WhatsApp sedang mengembangkan opsi baru yang memungkinkan kamu mengedit pesan teks," ungkap WABetaInfo sebagaimana dikutip dari The Sun, Senin (6/6/2022).

"Akhirnya kita dapat memperbaiki kesalahan ketik apa pun setelah mengirim pesan," sambung WABetaInfo memaparkan.

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Riwayat Edit?

Postingan tersebut menekankan bahwa mungkin tidak akan ada riwayat edit yang memungkinkan pengguna memeriksa versi pesan WhatsApp sebelumnya.

Akan tetapi, itu bisa saja berubah, mengingat fitur tersebut masih dalam pengembangan. Juga tidak jelas apakah akan ada jendela batas waktu untuk mengedit pesan yang sudah terlanjur dikirim.

"Sayangnya, karena fitur ini sedang dalam pengembangan, kami tidak tahu kapan fitur ini akan diluncurkan ke penguji beta," tambah WABetaInfo.

Mungkin WhatsApp dapat menghapus fitur tersebut sebelum diluncurkan. Dan mungkin perlu berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menguji fitur baru WhatsApp itu sepenuhnya sebelum hadir untuk semua pengguna.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan WhatsApp Beta

Untuk mengunduh WhatsApp beta di smartphone, kamu cukup menuju Google Play di Android dan cari WhatsApp.

Gulir ke bawah halaman sampai melihat "Become a Beta Tester" atau "Menjadi Penguji Beta".

Ketuk tombol "I'm In" dan kemudian klik "Join" untuk mengonfirmasi.

Sekarang yang harus kamu lakukan adalah menunggu pembaruan ke versi beta aplikasi.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.