Top 3 Tekno: Uji 5G Indosat Ooredoo Hutchison di Sirkuit Formula E Jakarta Terpopuler

Oleh Iskandar pada 05 Jun 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 05 Jun 2022, 11:00 WIB
IOH Didukung Ericsson Hadirkan Pengalaman 5G Experience
Perbesar
(Ki-Ka) Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, Director & Chief Regulatory Officer IOH M. Buldansyah dan Chief Commercial Officer Ritesh Kumar Singh saat peluncuran Kartu Perdana Turis TravelOn di Jakarta (4/6/2022). IOH sebagai Official 5G Partner yang didukung Ericsson menerapkan jaringan non-standalone 5G menggunakan spektrum 3,5GHz, 28GHz, dan spektrum 5G pada gelaran Jakarta E-Prix 2022. (Liputan6.com/HO/Rizki)

Liputan6.com, Jakarta - Tekno Liputan6.com mencoba internet 5G Indosat Ooredoo di area Sirkuit Formula E Jakarta, menggunakan perangkat Realme GT 2 Pro 5G dan USIM Indosat Ooredoo Hutchison.

Berita ini menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (4/6/2022) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Instagram Reels yang kini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video hingga 90 menit.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Menjajal Kecepatan 5G Indosat Ooredoo Hutchison di Sirkuit Formula E Jakarta 2022

Indosat Ooredoo Hutchison menggelar 5G Showcase dan Experience di area balap Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara.

Memeriahkan gelaran Jakarta E-Prix 2022, Indosat Ooredoo Hutchison dan partner strategisny, Ericsson, menyediakan jaringan 5G yang bisa diakses oleh semua pengunjung.

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba internet 5G Indosat Ooredoo di area Sirkuit Formula E Jakarta.

Kami menggunakan perangkat 5G Realme GT 2 Pro 5G dan USIM Indosat Ooredoo Hutchison untuk memakai layanan 5G gratis untuk pengunjung.

Berdasarkan hasil tes menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla didapatkan kecepatan download (unduh) jaringan 5G Indosat Ooredoo Hutchison 203 Mbps.

Sementara, kecepatan upload (unggah) adalah 43,4 Mbps. Dari hasil uji SpeedTest by Ookla juga terlihat latensi saat pengujian adalah 13ms.

Indosat Ooredoo Hutchison juga membuka zona 5G Showcase di area Circuit Festival. Di sini ada dua use case 5G yang didemokan, yakni cloud gaming online simulasi balapan yang dioperasikan dengan internet 5G. Lalu, ada pula live streaming 360 dari sirkuit Formula E Jakarta yang ditayangkan di sebuah kanal YouTube.

Sayangnya, ketika live streaming 360 ditayangkan, pengalaman live streaming belum sepenuhnya mulus karena masih terdapat sedikit buffering.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, IOH ingin membawa pengalaman internet cepat 5G di Jakarta seperti di kota-kota besar lainnya yang pernah menyelenggarakan ajang balap Formula E.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Instagram Reels Kini Bisa Unggah Video Sampai 90 Detik

Instagram
Perbesar
Sejumlah pembaruan yang dihadirkan Instagram untuk video Reels. (Dok: Instagram)

Instagram mengumumkan sejumlah fitur baru hadir di Reels untuk membantu para kreator bisa menciptakan konten yang lebih menarik dan orisinal, sekaligus membantu mereka meningkatkan engagement dengan para audiensnya.

Sebagai informasi, Reels di Instagram memang telah menjadi salah satu layanan favorit para pengguna di Indonesia. Sejak diluncurkan tahun lalu, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak membuat dan menonton konten Reels di Asia Tenggara.

"Kami akan terus menciptakan cara-cara baru untuk memudahkan para kreator dan pelaku bisnis dalam memaksimalkan kekuatan Reels. Baik itu untuk memperluas jangkauan audiens atau untuk memasarkan produk, kami berharap fitur-fitur ini bisa membantu mereka mencapai tujuan dengan lebih cepat," tutur Kepala Komunikasi Asia Tenggara, Putri Silalahi dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (4/6/2022).

Pembaruan yang dihadirkan Instagram kali ini terbilang beragam, mulai dari menambah durasi video Reels hingga deretan tool tambahan untuk membuat konten. Untuk mengetahui apa saja pembaruan yang rilis di Reels, simak daftarnya berikut ini.

Perpanjangan Durasi Video Reels

Kini, durasi video yang diunggah di Reels bisa mencapai 90 detik, dari sebelumnya 60 detik. Menurut Instagram, hal ini dilakukan untuk memberikan wadah bagi para kreator mengekspresikan kreativitasnya dan menginspirasi audiens mereka dengan lebih leluasa.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Game NFT Kryptomon Raih Pendanaan Rp 144 Miliar

Program Sekolah NFT untuk Pertama Kali Hadir di Indonesia, Tertarik Daftar?
Perbesar
Pertama di Indonesia, program sekolah NFT bernama IDNFT Academy hadir. (Unsplash/andrey metelev).

Proyek game play to earn yang menggunakan NFT (non-fungible token) serta terinspirasi dari permainan Tamagotchi dan Pokemon, Kryptomon, sukses melakukan putaran pendanaan senilai US$ 10 juta atau sekitar Rp 144 miliar.

Pendanaan ini didukung oleh NFX, PLAYSTUDIOS ($MYPS), Griffin Gaming Partners, dan Vikram Pandit (mantan CEO Citigroup). Melalui dana segar ini Kryptomon akan mendorong pengembangan game NFT yang mengintegrasikan permainan dunia nyata dengan kemampuan metaverse.

General Partner di NFX, Gigi Levy Weiss, menilai Kryptomon memiliki potensi untuk membuat tanda yang mengesankan di Metaverse dan ekosistem game Play-and-Earn.

"NFX dengan bangga berkontribusi pada proyek yang memprioritaskan pembangunan komunitas dan berada di garis depan dalam menciptakan kembali integrasi gameplay dan aset digital dunia nyata,“ kata Weiss melalui keterangannya, Sabtu (4/6/2022).

Kryptomon diklaim mengalami pertumbuhan cukup pesat sejak awal 2022, didukung dengan rekor penjualan kotak misterius yang ludes dalam hitungan menit di marketplace Binance NFT.

Komunitas game ini juga tumbuh secara progresif hampir 500 ribu pengikut di seluruh media sosial dan menghasilkan transaksi NFT senilai US$ 13 juta dalam waktu kurang dari lima bulan.

“Kami sangat bangga dengan putaran pendanaan ini yang jauh melebihi tujuan pendanaan awal kami sebesar US$ 8 juta setelah tahap pertama peluncuran game," ujar Pendiri dan CEO Kryptomon, Umberto Canessa.

Baca selengkapnya di sini 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya