Sukses

Review Realme GT Neo 3: Flagship Killer dengan Performa Gahar dan Pengisian Daya Kilat

Realme GT Neo 3 dapat menjadi kandidat perangkat flagship dengan harga terjangkau yang menawarkan performa gahar dan pengisian daya kilat.

Liputan6.com, Jakarta - Realme GT Neo 3 siap meramaikan pasar flagship smartphone Indonesia. Kehadiran perangkat ini berjarak sekitar dua pekan lalu dari Realme 9i yang lebih dulu melantasi di pasar Indonesia dan menargetkan pasar mid-range.

Sebagai perangkat flagship, kira-kira bagaimana performa Realme GT Neo 3? Simak paparan ulasannya berikut ini.

Desain

Sporty! Itulah kesan pertama yang pertama kali muncul di benak kami saat melihat unit Review Realme GT Neo 3. Desainnya mengingatkan kami pada desain sport car populer.

Terlebih, kesan itu terefleksikan sangat kuat pada unit Realme GT Neo 3 veri Le Mans berwarna Nitro Blue dengan dua garis paralel berwarna ash silver yang kami ulas. Kebetulan, warna dan desain itu pula yang Realme pakai pada materi promosi peluncuran smartphone ini yang juga menampilkan sebuah sport car.

Realme GT Neo 3 memiliki dimensi panjang 163,3 mm dan lebar 75,6 mm dengan ketebalan 8,2 mm dan bobot 188 gram. Di tepi kanan terletak tombol power; sementara di tepi kiri kamu akan mendapati tombol volume. Lalu di tepi bawah terdapat penampang kartu, USB Type-C, dan modul mikrofon. 

<p>Realme GT Neo 3</p>

Beralih ke muka, terdapat modul lensa kamera depan di bagian tengah-atas,yang berjarak beberapa milimeter di bawah pengeras suara. Untuk penempatan modul lensa kamera depan, Realme GT Neo 3 menerapkan konsep punch hole. 

<p>Realme GT Neo 3</p>

Kemudian di tepi kiri-bawah bodi belakang terdapat tipografi khas Realme dengan jargonnya Dare to Leap; dan di tepi kiri-atas tersemat modul untuk tiga lensa kamera dengan dua lampu flash. 

Layar

Realme GT Neo 3 memiliki rasio bodi terhadap layar 94,2 persen dan oleh sebab itu, ia termasuk ke dalam daftar smartphone dengan rasio bodi terhadap layar paling tinggi di pasaran. Saat ini hanya ada beberapa seri smartphone yang memiliki rasio lebih dari atau sama dengan 94 persen. Mereka adalah seri Honor Magic dengan rasio 94,9 persen dan seri Huawei Mate 30 dengan rasio 94,1 persen.

<p>Realme GT Neo 3</p>

Realme GT Neo 3 memiliki bentang layar 6,7 inci (sekitar 17 cm) dengan resoulsi 2412 x 1080 piksel (Full HD +). Smartphone ini telah mendukung refresh rate 120 Hz dengan rasio kontras 5.000.000 :1.

Layar yang terlapis oleh Corning Gorilla Glass 5 ini juga mendukung gamut warna 100% DCI-P3. Ini disebut-sebut sebagai standar bagi layar perangkat yang ditujukan untuk keperluan olah grafis atau aktivitas lainnya yang menuntut performa visual tinggi, seperti desain grafis dan gaming. 

Sebagai perangkat flagship, tak lengkap rasanya apabila perusahaan tidak menyematkan sensor sidik jari pada layar. Sejauh ini, menurut pengalaman kami, respons dari sensor sidik jari di Realme GT Neo 3 sangat baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dapur Pacu

Perusahaan menyematkan tiga chip terdedikasi pada Realme GT Neo 3, yang memiliki tugas masing-masing. Chip pertama bertanggung jawab atas pemrosesan layar; ia memiliiki kemampuan untuk mengatur sistem di perangkat secara pintar, terutama saat bermain game, sehingga pengguna tetap mendapatkan frame rate tinggi sekaligus menjaga stabilitas suhu.

Chip kedua adalah dapur pacu di perangkat, yakni MediaTek Dimensity 8100 5G dan chip lainnya didedikasikan untuk menangani teknologi pengisian daya cepat 150W UltraDart Charge. Perusahaan menyebut, kehadiran chip untuk pengisian daya penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pengisian.

Untuk menguji performa dapur pacu Realme GT Neo 3, salah satu metode yang kami lakukan adalah melalui benchmarking dengan aplikasi pihak ketiga.

<p>Skor Realme GT Neo 3 di AnTuTu</p>

Kami melakukan tiga kali pengujian di AnTuTU dan Realme GT Neo 3 merasih skor 806.502, 802.431, dan 816.898. Untuk skor terakhir, detailnya adalah 202.327 untuk CPU; 311.936 untuk GPU; 146.983 untuk MEM; dan 155.652 untuk UX. Skor capaian ini menempatkan Realme GT Neo 3 pada posisi Top 25 di daftar AnTuTu. Selama proses pengujian, kenaikan suhu relatif stabil dengan penambahan 2,8 derajat Celcius dan daya baterai berkurang 6 persen saja.

Selain benchmarking di AnTuTu, kami menjajal dua mobile game untuk mengetahi kemampuan Realme GT Neo 3, yaitu Call of Duty Mobile dan Asphalt 9.<p>Setelan Grafis dan Frame Rate Call of Duty Mobile di Realme GT Neo 3</p><p>Call of Duty Mobile di Realme GT Neo 3</p><p>Setelan Grafis Asphalt 9 di Realme GT Neo 3</p><p>Asphalt 9 di Realme GT Neo 3</p>

Untuk Call of Duty Mobile, perangkat ini mendukung setelan terbaiknya, yaitu Very High Graphic Quality dan Maximum Frame Rate. Lalu untuk Asphalt 9, pengguna dapat memilih setelan High Quality untuk kualitas visual dari mobile game dengan genre balapan tersebut.

Secara teoretis, setelan yang didukung Realme GT Neo 3 pada kedua mobile game ini mampu menawarkan pengalaman bermain maksimal. Menurut pengalaman kami memainkan Ranked Match di Call of Duty Mobile, serta balapan Seasonal Events dan Multiplayer di Asphalt 9, performa Realme GT Neo 3 dapat diandalkan.

3 dari 6 halaman

Kamera

Kamera utama Realme GT Neo 3 memiliki konfigurasi 50MP, 8MP, dan 2 MP dengan beberapa fitur dan mode, semisal sudut ultralebar hingga 120 derajat, pembesaran (zoom) hingga 20X, dan lainnya. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP. Berikut ini sejumlah hasil jepretan lensa kamera Realme GT Neo 3 dalam berbagai skenario.

Zoom

Realme GT Neo 3 mendukung pembesran (zoom) hingga 20 kali. Namun, sama seperti beberapa perangkat lainnya di pasaran dengan kemampuan pembesaran 20X, hasil jepretan dengan skenario itu tidak begitu optimal. Menurut amatan kami, objek potret yang hasilnya masih terbilang bagus adalah 5X pembesaran. Lebih dari itu, pecah-pecah pada jepretannya tampak kentara.

<p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - 2X Zoom</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - 5X Zoom</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - 10X Zoom</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - 20X Zoom</p>

Low Light

Di kondisi minim cahaya atau low light, rupanya kamera Realme GT Neo 3 juga mampu unjuk gigi dengan baik. Yang cukup mengejutkan adalah Normal Mode sekalipun dapat memotret objek dengan hasil cukup memuaskan. Ketika fitur AI dinyalakan, hasilnya menjadi lebih baik. Lalu ketia Night Mode diaktifkan, kualitas fotonya jauh lebih optimal.

<p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode Low Light</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode Low Light With AI</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Low Light with Night Mode</p>

<p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode Low Light</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode Low Light With AI (2)</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Low Light - Night Mode (2)</p>

Jika kita perhatikan dengan saksama, perbedaan paling kontras di antara tiga foto di skenario low light di atas adalah bagaimana Night Mode mampu menangani cahaya lampu dan memproduksi hasil akhir lebih baik. Untuk lebih jelasnya, kami lakukan cropping dan menggabungkan ketiganya ke dalam satu frame seperti tampak di bawah ini.

<p>Low Light di Realme GT Neo 3</p>

Pada foto pertama (kiri) dan kedua (tengah), cahaya lampu di dinding dan tiang masjid terlihat "liar"; sementara pada foto ketiga (kanan), cahaya lampu di dinding dan tiang masjid tampak lebih teratur. Berdasarkan temuan ini, kami pikir Night Mode di Realme GT Neo 3 akan sangat berguna untuk mereka yang memiliki preferensi mengambi objek dengan dan/atau di sekitar cahaya lampu.

Jepretan Lainnya

<p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Normal Mode</p>

<p>Jepretan Realme GT Neo 3 - Wide Angle</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3</p><p>Jepretan Realme GT Neo 3</p> 

4 dari 6 halaman

Baterai dan Pengisian Daya

Unit Realme GT Neo 3 yang kami ulas mendukung teknologi pengisian daya cepat 150 Watt. Pada awalnya, kami melakukan pengujian pengisian daya di AnTuTu, tetapi di luar dugaan, itu gagal. Setelah beberapa kali kami coba, kami berkesimpulan charging test di AnTuTu belum kompatibel untuk pengisian daya cepat 150 Watt.

<p>Pengisian Daya Cepat 150 Watt di Realme GT Neo 3</p>

Oleh sebab itu, proses pengujian ini kami lakukan secara manual dengan mencatat jam pengisian dan persentase kapasitas awal. Terpantau, hanya dengan sepuluh menit proses pengisian, daya baterai Realme GT Neo 3 terisi menjadi 70 persen dari dari 15 persen. Itu berarti, ada penambahan daya baterai 55 persen dalam waktu 10 menit saja. Boleh jadi, pengisian daya akan lebih cepat saat persentase daya ada di kisaran 0-5 persen. Selama proses pengisian daya berlangsung, baik suhu perangkat maupun suhu pengisi daya sama-sama stabil. 

 

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Setelah melakukan serangkaian pengujian, kami kira tidak berlebihan rasanya untuk menyebut Realme GT Neo 3 sebagai flagship killer. 

Beberapa hal yang mendapat catatan positif dari kami adalah sebagai berikut:

  • Desain Realme GT Neo 3, terutama versi Le Mans, memancarkan aura racing begitu kuat;
  • Performa gahar berkat pemakaian chipset MediaTek Dimensity 8100 5G 
  • Keandalan layar yang mendukung refresh rate 120 Hz
  • Kamera mumpuni dengan desain pembesaran hingga 20X dan Night Mode yang bekerja dengan baik
  • Pengisian daya kilat 150 Watt

Di atas kertas, dengan modal beberapa catatan positif tersebut di atas, Realme GT Neo 3 dapat menjadi kandidat perangkat flagship dengan harga lumayan terjangkau. 

6 dari 6 halaman

Rangkuman Spesifikasi

NETWORK

Technology

GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G

BODY

Dimensions

163.3 x 75.6 x 8.2 mm (6.43 x 2.98 x 0.32 in)

Weight 188 g (6.63 oz)

DISPLAY

AMOLED, 1B colors, 120Hz, HDR10+

6.7 inches, 108.0 cm2 (~87.5% screen-to-body ratio)

1080 x 2412 pixels, 20:9 ratio (~394 ppi density)

Corning Gorilla Glass 5

PLATFORM

Android 12, Realme UI 3.0

Chipset MediaTek Dimensity 8100 (5 nm)

CPU Octa-core (4x2.85 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)

GPU Mali-G610 MC6

MEMORY

Internal 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM

UFS 3.1

MAIN CAMERA

Triple 50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.56", 1.0µm, PDAF, OIS

8 MP, f/2.3, 15mm, 120˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm

2 MP, f/2.4, (macro)

Features

Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama

Video

4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS

SELFIE CAMERA

Single 16 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/3.09", 1.0µm

Features

HDR, panorama

Video

1080p@30fps, gyro-EIS

COMMS

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX HD

GPS with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS

NFC

USB

USB Type-C 2.0

FEATURES

Sensors

Fingerprint (in display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

BATTERY

Li-Po 4500 mAh

Fast charging 150W, 50% in 5 min

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.