Menjajal Kecepatan 5G Indosat Ooredoo Hutchison di Sirkuit Formula E Jakarta 2022

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 04 Jun 2022, 11:51 WIB
Diperbarui 04 Jun 2022, 11:55 WIB
Menjajal Kecepatan 5G Indosat Ooredoo Hutchison di Sirkuit Formula E Jakarta 2022
Perbesar
Menjajal Kecepatan 5G Indosat Ooredoo Hutchison di Sirkuit Formula E Jakarta 2022. Liputan6.com/Agustin Setyo W

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison menggelar 5G Showcase dan Experience di area balap Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Jakarta Utara.

Memeriahkan gelaran Jakarta E-Prix 2022, Indosat Ooredoo Hutchison dan partner strategisny, Ericsson, menyediakan jaringan 5G yang bisa diakses oleh semua pengunjung.

Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba internet 5G Indosat Ooredoo di area Sirkuit Formula E Jakarta.

Kami menggunakan perangkat 5G Realme GT 2 Pro 5G dan USIM Indosat Ooredoo Hutchison untuk memakai layanan 5G gratis untuk pengunjung.

Berdasarkan hasil tes menggunakan aplikasi SpeedTest by Ookla didapatkan kecepatan download (unduh) jaringan 5G Indosat Ooredoo Hutchison 203 Mbps.

Sementara, kecepatan upload (unggah) adalah 43,4 Mbps. Dari hasil uji SpeedTest by Ookla juga terlihat latensi saat pengujian adalah 13ms.

Indosat Ooredoo Hutchison juga membuka zona 5G Showcase di area Circuit Festival. Di sini ada dua use case 5G yang didemokan, yakni cloud gaming online simulasi balapan yang dioperasikan dengan internet 5G. Lalu, ada pula live streaming 360 dari sirkuit Formula E Jakarta yang ditayangkan di sebuah kanal YouTube.

Sayangnya, ketika live streaming 360 ditayangkan, pengalaman live streaming belum sepenuhnya mulus karena masih terdapat sedikit buffering.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, IOH ingin membawa pengalaman internet cepat 5G di Jakarta seperti di kota-kota besar lainnya yang pernah menyelenggarakan ajang balap Formula E.

“Hari ini, kami menandai komitmen kami, dengan menggelar 5G Showcase yang sejalan dengan prinsip sustainability bersama Ericsson, dan menampilkan berbagai use case 5G. 5G membawa kecepatan yang lebih cepat dan latensi rendah untuk pengalaman yang lebih baik,” kata Vikram, Sabtu (4/6/2022).

Dengan demikian, menurut Vikram, turis yang datang bisa merasakan pengalaman internet 5G dari IOH.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper mengatakan, kemitraannya dengan IOH berupaya memberikan pengalaman 5G yang seamless ke acara Jakarta E-Prix 2022 ini.

“Kami menggunakan spektrum frekuensi 3,5 GHz dan 28 GHz dengan lisensi khusus dari pemerintah sehingga dapat menambah speed di area balap ini,” katanya.

Tidak hanya menggeber 5G, Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson juga menambah kapasitas untuk internet 4G sehingga seluruh pelanggan IOH bisa merasakan kecepatan internet terbaik di berbagai jaringan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Indosat Ooredoo Hutchison Jadi Official 5G Partner Formula E Jakarta 2022

IOH dan Ericsson Hadirkan Layanan 5G di Jakarta E-Prix
Perbesar
(Ki-Ka) SVP-Head of Corporate Communications Steve Saerang, Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison Muhammad Buldansyah, Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper dan Chief Technology Officer IOH Desmond Cheung berbincang di sela-sela konfrensi pers Indosat Ooredoo Hutchison Menjadi Official 5G Partner di Ajang Jakarta E-Prix 2022 Powered by Ericsson di Jakarta (31/5/2022). IOH dan Ericsson akan menerapkan jaringan non-standalone 5G menggunakan spektrum 3,5GHz. (Liputan6.com/HO/Rizki)

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjadi Official 5G Partner untuk gelaran Formula E Jakarta, Jakarta E-Prix 2022.

Bersama mitra strategisnya, Ericsson, Indosat Ooredoo Hutchison akan menghadirkan layanan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Kehadiran layanan 5G di sirkuit Formula E Jakarta ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi para pembalap, kru tim pembalap, panitia yang terlibat dan masyarakat umum.

Dalam menggelar layanan 5G, Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson akan menerapkan jaringan non-stand alone (NSA) 5G di spektrum frekuensi 3,5GHz. Dengan begitu, pelanggan yang ada di sekitarnya bisa merasakan pengalaman teknologi dan internet 5G.

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah menyebut, IOH berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan acara nasional maupun internasional bersama dengan para mitra strategis.

"Sebagai Official 5G Partner, kami akan memastikan masyarakat yang berada di sekitar area termasuk wisatawan mancanegara, akan dapat menikmati layanan 5G kami dengan nyaman untuk mengabadikan momen bersejarah ini," kata pria yang karib disapa Danny ini, Selasa (31/5/2022).

Danny lebih lanjut berharap, kolaborasi dengan Ericsson ini bisa mendukung kesuksesan Formula E, Jakarta E-Prix 2022 dan memberi kesan mendalam kepada semua yang terlibat.

Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper mengatakan, "Ericsson sebagai pemimpin global 5G sangat senang bisa mendukung jaringan IOH untuk menghadirkan pengalaman 5G yang menyenangkan bagi penggemar olahraga di Indonesia."


Jajal Berbagai Use Case 5G

Indosat Ooredoo Hutchison 5G Partner Formula E Jakarta 2022
Perbesar
IOH bersama mitra strategisnya Ericsson, akan menghadirkan layanan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). (Foto: Corpcomm Indosat Ooredoo Hutchison).

Soper mengatakan, teknologi generasi berikutnya (5G) akan memberikan kapasitas yang dibutuhkan di sekitar area sirkuit E-Prix yang dapat dipakai untuk streaming video berkualitas tinggi dan membagikan pengalaman mereka kepada teman dan keluarga.

Direktur Fasilitas PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sekaligus Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengapresiasi dukungan Indosat Ooredoo Hutchison sebagai Official 5G Partner di Jakarta E-Prix 2022.

Nantinya, pelanggan yang ingin menjajal pengalaman 5G Indosat Ooredoo Hutchison bisa mengunjungi stand yang berada di Jakarta Royal Suite dan area E-Village di sisi utara dari Ancol Beach City.

Pelanggan di sana bisa melihat berbagai use case pemanfaatan teknologi 5G. Mulai dari cloud gaming 5G dan pengalaman kamera neckband Fitt 360.

 


Syarat Jajal 5G di Sirkuit Formula E Jakarta

Indosat Ooredoo
Perbesar
Ilustrasi: BTS Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Untuk merasakan pengalaman 5G IOH, pelanggan perlu menggunakan ponsel 5G, USIM, menggunakan paket internet, dan berada di area yang terkover jaringan 5G Indosat Ooredoo Hutchison.

"Teknologi 5G bukan hanya sekadar kecepatan, tetapi akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati olahraga, terutama balap mobil," kata Danny.

Ia lebih lanjut menyebut, dukungan terhadap agenda pemerintah ini selaras dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison memberikan pengalaman digital telekomunikasi kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

(Tin/Isk)


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya