7 Cara Atasi Masalah Gagal Scan Kode QR untuk Login Web WhatsApp

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Jun 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 11:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi: Ekstensi browser baru telah drilis dirilis untuk meningkatkan keamanan data WhatsApp Web. (Dok: WhatsApp)

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp Web kini menjadi layanan yang makin banyak dipakai di tengah pandemi. Pasalnya, mereka yang bekerja di rumah biasanya lebih sering menggunakan layar laptop atau komputer dan akan terganggu jika terus melihat layar smartphone untuk mengecek notifikasi.

Untuk itu, kehadiran Web WhatsApp yang bisa dibuka di laptop atau komputer membuat pengguna WhatsApp bisa fokus pada satu perangkat tanpa harus memantau kedua perangkat, laptop dan smartphone-nya.

Cara menggunakan Web WhatsApp cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka laman web.whatsapp.com lalu memindai kode QR yang tersedia di laman tersebut dengan pemindai kode QR di aplikasi WhatsApp versi smartphone.

Sayangnya, kadang pemindaian kode QR ini mengalami kegagalan. Berikut Tekno Liputan6.com berikan sejumlah solusi atau cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasinya, dikutip dari ITechGuides, Jumat (3/6/2022).

1. Pindai dengan pemindai di aplikasi WhatsApp

Perlu diingat, pengguna yang mau login Web WhatsApp harus memindai kode QR yang didapatkan dari web menggunakan pemidai kode QR dari aplikasi WhatsApp.

Hal ini perlu diingatkan, pasalnya ada banyak orang yang mencoba memindai kode QR tersebut dengan aplikasi pemindai QR lain di smartphone mereka. Jika dipindai dengan pemindai milik aplikasi lain, Web WhatsApp tentu tidak akan bisa diakses.

2. Sejumlah ponsel dengan layar kecil kesulitan pindai kode QR

ITechGuides mengungkap, sejumlah pengguna yang memakai smartphone dengan layar 4 inci atau lebih kecil kemungkinan sulit memindai kode QR di WhatsApp Web. Hal ini berdasarkan sebuah solusi yang dibagikan oleh seorang pengguna di sebuah utas di Android.stakexchange.

Menurut utas tersebut, jika pengguna berupaya memindai kode QR Web WhatsApp di layar kecil, pengguna mungkin tidak bisa mengklik tombol Ok.

Jadi, untuk memudahkan pemindaian, pastikan pengguna menginstal WhatsApp di smartphone dengan layar besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Pastikan ponsel terhubung internet

WhatsApp
Perbesar
WhatsApp Web akan kehadiran fitur privasi baru yang menghubungkan fitur keamanan biometrik pada perangkat smartphone (Foto: WhatsApp)

Jika kode QR di Web WhatsApp tidak berhasil dipindai, mungkin smartphone kamu yang ada WhatsApp-nya sedang tidak terkoneksi internet.

Pastikan smartphone tersebut terhubung internet dengan lancar, buka aplikasi WhatsApp, lalu pindai kode QR Web WhatsApp dengan pemindai di aplikasi WhatsApp.

Jika sudah terhubung internet tapi tidak bisa memindai juga, restart smartphone dan coba lagi.

4. Logout WhatsApp dari semua perangkat

Cara selanjutnya jika pemindaian kode QR Web WhatsApp tidak berhasil adalah untuk logout dari semua browser. Cara ini disebut-sebut berhasil dilakukan oleh pembaca di Brisbane, Australia. Caranya:

- Buka aplikasi WhatsApp di ponsel. Untuk aplikasi Android, pada sisi kanan atas ketuk ikon titik tiga. Jika pengguna memakai iPhone, pada sisi kanan bawah aplikasi, ketuk Setting.

- Pada aplikasi Android, ketuk WhatsApp Web. Sementara untuk iPhone, ketuk WhatsApp Web atau Desktop.

- Terakhir, logout WhatsApp dari seluruh perangkat. Jika sudah melakukan langkah ini, coba untuk memindai kembali kode QR WhatsApp.


5. Bersihkan WhatsApp cache di Android

[Bintang] 9 'Feature' yang Mungkin Nggak Kamu Tahu di WhatsApp
Perbesar
WhatsApp bisa diakses di web. | via: businessinsider.co.id

Setelah logout WhatsApp dari semua perangkat tetapi masih belum bisa memindai kode QR WhatsApp, langkah berikutnya adalah membersihkan cache pada smartphone. Langkah ini hanya tersedia pada perangkat Android.

Aplikasi WhatsApp memiliki opsi untuk membersihkan cache. Langkahnya:

- Buka Setting di Android

- Pada menu Setting, ketuk Apps

- Pada daftar Aps, pilih WhatsApp dan ketuk

- Pada setting WhatsApp, ketuk opsi Storage

- Terakhir, di Storage, ketuk opsi Clear cache, kemudian Restart ponsel dan mulai mencoba memindai kode QR WhatsApp Web dari aplikasi WhatsApp

6. Reset pengaturan jaringan smartphone

Metode lain untuk memperbaiki masalah pemindaian kode QR WhatsApp Web adalah dengan me-reset jaringan di smartphone.

7. Matikan WiFi dan pindai dengan jaringan seluler

Banyak orang yang memanfaatkan internet WiFi saat bekerja di rumah. Jika pengguna gagal memindai kode QR WhatsApp Web dengan smartphone yang terkoneksi internet WiFi, saatnya mengganti koneksi internet smartphone ke jaringan seluler.

 


Boyong Fitur Two Step Verification

WhatsApp
Perbesar
WhatsApp menghadirkan fitur Sticker Maker untuk versi Web dan Desktop (Foto: WhatsApp).

Sebelumnya, WhatsApp tengah menyiapkan kemampuan untuk memigrasikan riwayat obrolan dari ponsel Android ke iOS. Tak hanya itu, WhatsApp juga sedang bekerja untuk meningkatkan versi desktop dan WhatsApp web-nya dengan update besar lainnya.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, WhatsApp disebut-sebut tengah mengembangkan kemampuan untuk menambahkan fitur keamanan WhatsApp verifikasi dua langkah (two-step verification) ke aplikasi desktop dan versi web-nya.

Mengutip 9to5Mac, Senin (24/1/2022), karena banyak orang yang mengandalkan aplikasi WhatsApp untuk bekerja dan berkomunikasi, berulang kali para penjahat siber juga memanfaatkan pengguna WhatsApp dengan penipuan.

Pihak WhatsApp telah mencoba mengatasi penipuan ini dengan menjelaskan ke pengguna untuk menambahkan keamanan two-step verification.

Selain itu WhatsApp juga mengizinkan pengguna membuka kunci aplikasi dengan Touch ID dan FaceID. Namun, masih banyak saja pengguna yang kehilangan akses WhatsApp atau terkena penipuan.

Nah, karena WhatsApp masih menyiapkan fungsionalitas dukungan multi-perangkat, pengguna akan dapat mengakses aplikasi dari desktop atau web tanpa perlu ponsel di dekatnya.

Mengingat hal tersebut, menambahkan fitur keamanan two-step verification akan membantu pengguna mendapatkan perlindungan ekstra.

(Tin/Isk)

Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang
Perbesar
Infografis Facebook, Instagram & WhatsApp Tumbang. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya