Cara Aktifkan Fitur Smart Driving di Oppo A55

Oleh Agustinus Mario Damar pada 03 Jun 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 09:00 WIB
Oppo A55
Perbesar
Oppo A55. Dok: Oppo Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A55 telah resmi meluncur di Indonesia pada Maret 2022. Sebagai salah satu smartphone terbaru, Oppo telah membenamkan sejumlah fitur yang membantu aktivitas penggunanya.

Salah satu fitur yang dapat diandalkan di smartphone ini adalah Smart Driving. Sesuai namanya, fitur ini membantu pengguna untuk fokus selama berkendara, tapi tetap bisa mengetahui notifikasi yang diterima di smartphone.

Ada beberapa kemampuan yang hadir di fitur Smart Driving, mulai dari memblokir notifikasi dan pengingat untuk mengurangi gangguan saat berkendara, mengumumkan ada panggilan dan pesan masuk, serta menjawab atau mengakhiri panggilan lewat kontrol suara.

Cara mengaktifkan fitur ini di HP Oppo pun terbilang mudah. Untuk mengetahuinya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Settings di Oppo A55
  • Pilih dan buka opsi Smart Services
  • Buka opsi Smart Driving
  • Lalu, aktifkan opsi Smart Driving

Oppo juga menyediakan pengaturan lebih lanjut lewat menu 'Do Not Disturb while driving'. Lewat opsi ini, pengguna bisa mengatur panggilan masuk dari mana saja yang bisa muncul saat sedang menyetir.

Lalu, ada pula beberapa pengaturan tambahan lain, seperti beralih otomatis ke speaker saat ada panggilan, berbunyi saat ada panggilan dari nomor yang sama sebanyak tiga kali, termasuk mengirimkan pesan penolakan secara otomatis.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur agar Smart Driving bisa langsung aktif saat terhubung dengan car kit lewat bluetooth. Sebagai tambahan, Oppo juga menyediakan kemampuan Riding Mode untuk pengendara sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Oppo A55 Resmi Meluncur di Indonesia, Boyong Kamera Ultra 50MP dan Baterai 5000mAh

OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Perlu diketahui, Oppo A55 resmi meluncur di Indonesia pada April 2022 dan diklaim mampu menghasilkan bidikan foto terbaik melalui kamera ultra serta didukung baterai berkapasitas besar yang tahan lama dan sistem pengisian daya cepat.

"Oppo A55 meluncur sebagai suksesor A54 dengan membawa peningkatan terutama dalam hal kamera ultra jernih 50MP, baterai besar 5000mAh, serta layar modern berjenis punch-hole 6,51 inci," kata PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A, melalui keterangannya.

Aryo memaparkan smartphone ini menyajikan performa terbaik untuk pengguna di kelasnya, terutama yang mengutamakan keseimbangan antara performa, kamera, desain, dan daya tahan baterai.

Meski masuk dalam perangkat kelas menengah, Oppo mengupayakan desain stylish pada Oppo A55 dengan menawarkan warna Rainbow Blue.

Rainbow Blue memberikan warna gradasi dari biru ke perak dan membiaskan warna pelangi ke penampang belakangnya. Sementara Starry Black tampil elegan dengan menampilkan desain Oppo Glow yang diperkuat sehingga tahan terhadap goresan dan bebas sidik jari.

Desain lengkung 3D yang diusungnya juga memberikan kenyamanan perangkat dalam genggaman satu tangan, apalagi dengan bingkai tengah yang lebih tipis dan beratnya yang hanya 193 gram.

Oppo juga menempatkan Side Fingerprint Unlock yang menyatu dengan tombol daya pada tepian bingkai, sehingga membuat tampilan A55 terlihat bersih dan sangat modern.


3 Kamera Utama

OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Oppo A55 menyematkan kamera AI Triple HD dengan konfigurasi True 50MP AI Camera, 2MP kamera bokeh, dan 2MP kamera makro. Kamera ini disusun dengan desain Dual Main-Camera dengan cincin dekoratif yang memberikan kesan perangkat premium.

Dilengkapi fitur-fitur kamera khas Oppo, seperti Backlight HDR untuk mempertahankan detail latar belakang foto, Night Mode untuk menyesuaikan eksposur pada lingkungan rendah cahaya, dan filter Night Plus pada kamera belakang untuk memungkinkan A55 menangkap foto pemandangan malam hari semakin menakjubkan.

Sementara kamera selfie 16MP dilengkapi fitur AI Beautification untuk menangkap swafoto sambil menyuntingnya, tapi tetap menampilkan kecantikan alami.

Fitur lain yang terdapat pada perangkat ini adalah Dazzle Color, Photo Filter, dan Pano Shot. Tak lupa, Fill Light 360° menawarkan cara baru untuk menangkap swafoto lebih jernih pada lingkungan redah cahaya dengan menerangi subjek foto menggunakan cahaya tambahan yang berasal dari layar.

Untuk mendukung penggunaan seharian lebih, Oppo melengkapi A55 dengan baterai 5000mAh yang dapat digunakan untuk panggilan telepon terus menerus selama lebih dari 29 jam atau mendengarkan musik berkelanjutan selama lebih dari 24 jam.

Untuk pengisian daya, perangkat ini dilengkapi 18Watt Fast Charge yang dapat mengisi ulang perangkat 33% dalam waktu 30 menit.


18Watt Fast Charge

Untuk memastikan masa pakai yang lebih lama, Mode Hemat Daya akan menerapkan strategi penghematan daya pada aplikasi tertentu, sementara Super Nighttime Standby akan meminimalkan konsumsi daya hanya 1,37% saat pengguna tertidur dan lupa untuk mematikan perangkat.

Oppo A55 juga memiliki sertifikasi IPX4 Splah, waterproof yang membebaskan pengguna akan rasa khawatir ketika menggunakan perangkat pada situasi terjadi hujan gerimis.

Oppo A55 hadir dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dengan opsi perluasan via kartu MicroSD hingga 256GB. Layar 6,51 inci OPPO A55 akan memberikan pengalaman imersif untuk konten multimedia dan bermain game.

Layar perangkat A55 juga dilengkapi dengan fitur All-day Eye Care untuk melindungi mata pengguna ketika menatap layar smartphone dalam waktu cukup lama.

Oppo juga mempersenjatai A55 dengan sistem ColorOS 11.1 yang berjalan lancar berkat keberadaan serangkaian fitur optimalisasi bernama System Booster.

Sistem ini mencakup Idle Time Optimizer, Storage Optimizer, dan UI First 3.0 yang dapat meningkatkan 5% respons dan stabilitas frame rate sebesar 6,9%. 

Oppo A55 tersedia dengan harga Rp 2.699.000 dan tersedia secara daring melalui aplikasi Oppo Store yang terdapat pada perangkat smartphone Oppo.

(Dam/Isk)


Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya