Snapchat Rayakan Hari Pancasila dengan Lensa AR Spesial, Yuk Coba!

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Jun 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila
Perbesar
Ilustrasi Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila (Photo created by freepik on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2022, Snapchat mengajak para pengguna di Indonesia untuk menyuarakan dan bersemangat nasionalisme melaui Lensa AR Hari Pancasila.

Snap menghadirkan lensa AR Hari Pancasila ini bersama salah satu Lens Creator. Pasalnya, Hari Pancasila telah menginspirasi para Lens Creator Snapchat untuk menjadi kreatif dalam mengenang sejarah Indonesia dengan membuat berbagai lensa interaktif.

Seperti diketahui, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Pada hari ini, 77 tahun lalu yakni 1 Juni 1945, Presiden Soekarno menyampaikan pidatonya berisi gagasan terkait dasar negara Indonesia yang kemudian diberi nama Pancasila.

Untuk memeriahkan Hari Pancasila tahun ini, Snapchat memiliki beragam pilihan lensa bertema Pancasila. Lensa Pancasila Day akan memberikan pengguna sensasi melukis wajah dengan lambang Garuda sebagai lambang Indonesia pada wajah beserta instrumen Bendera Indonesia.

Pancasila Lens di Snapchat juga akan mengajak pengguna untuk mengingat kembali lima butir sila di Pancasila.

Sebagai hari yang bersejarah bagi Indonesia, Snapchat ingin dapat berkontribusi dalam menghidupkan kembali semangat nasionalisme melalui teknologi AR.

Snapchat pun mengajak pengguna mengingat sejarah dan rayakan bersama seluruh masyarakat Indonesia. Pengguna pun bisa memindai berbagai pilihan lensa untuk merayakan Hari Pancasila dengan Snapchat, di bawah ini:

<p>Pindai lensa Hari Pancasila Snapchat di bawah ini untuk ikut memeriahkan Hari Pancasila dengan filter Snapchat (Foto: Snapchat).</p>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Harapan Warganet di Hari Pancasila

Cara Unik Warga Karang Tengah Rayakan Hari Lahir Pancasila
Perbesar
Warga memasang lambang burung Garuda Pancasila di sebuah tembok di di Kampung Pancasila, Karang Tengah, Kota Tangerang, Selasa (1/6/2021). Sejumlah kegiatan diadakan warga, Komunitas Taman Potret dan TNI ini untuk memperingati Hari kelahiran Pancasila. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bangsa Indonesia memperingati tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Selain di dunia nyata, warganet juga menyambut hari ini dengan meriah, khususnya di Twitter.

Beragam cuitan selamat Hari Lahir Pancasila pun sudah membanjiri lini masa Twitter, hingga masuk daftar trending topic di Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (1/6/2022), keyword Pancasila sudah bertengger di posisi pertama trending Twitter Indonesia.

Adapun jumlah cuitan terkait dengan keyword Pancasila sendiri terus meningkat lantaran semakin banyak warganet yang mengicaukannya.

Tak hanya itu, keyword terkait seperti Bhineka Tunggal Ika hingga Selamat Hari Pancasila juga sudah mulai beranjak naik.

Berikut ini adalah sejumlah cuitan doa dan harapan warganet Indonesia di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 ini. 


Link Twibbon Hari Pancasila

Perajin menyelesaikan pembuatan patung Garuda Pancasila di industri rumahan kawasan Bali Raya, Kalimalang, Jakarta Timur, Selasa (1/7/2021). Usaha ini kembali bangkit di masa pandemi Covid-19 seiring datangnya pesanan dari sejumlah wilayah di Indonesia. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Dikutip Merdeka.com dari laman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, hari lahirnya Pancasila ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden Soekarno, pada 1 Juni 1945.

Di era saat ini, media sosial salah satu cara yang tepat untuk menyebarkan tentang makna dan semangat dari peringatan Hari Lahir Pancasila. Misalnya dengan menggunakan Twibbon atau bingkai yang dapat dipasang di foto profil.

Berikut ini link Twibbon Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2022.

https://twibbon.link/6236

https://twibbon.link/6248

https://twibbon.link/6235

https://twibbon.link/6249

https://twibbon.link/6234

https://twibbon.link/6233

https://twibbon.link/6232

https://twibbon.link/6231

https://twibbon.link/6230

https://twibbon.link/6229

https://twibbon.link/6228

https://twibbon.link/6227

Untuk menggunakannya, kamu dapat menyalin salah satu link di atas dengan ponsel atau komputer.

Kemudian, Twibbon dapat langsung digunakan dengan memilih "Select Image." Lanjutkan dengan memilih foto atau gambar dari galeri di perangkatmu, lalu sesuaikan dengan bingkai Twibbon.

Klik "Create Campaign" dan dari situ, kamu bisa mengunduh hasil Twibbon tersebut untuk dibagikan ke media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain.

 

 


Jokowi Pimpin Upacara Hari Pancasila di Ende

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Ende saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT. (YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sementara itu, diagendakan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 1 Juni 2022. Adapun upacara Hari Lahir Pancasila kali ini akan dipusatkan di Ende.

"Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende," jelas Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo.

Menurut dia, Jokowi akan menjadi Presiden RI kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende. Sebelum Jokowi, ada Presiden pertama RI Soekarno yang lebih dulu mengunjungi Kabupaten Ende.

"Kabupaten Ende adalah tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila," katanya dikutip dari siaran persnya, Selasa (31/5/2022).

Romo Benny menyebut banyak situs sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan di Ende. Mulai dari Rumah Pengasingan Bung Karno, Taman Perenungan, hingga Gedung Immaculata.

"Peringatan hari Lahir Pancasila saat ini menjadi momen berharga bagi Kabupaten Ende dan masyarakat Indonesia," ujar Romo Benny.

BPIP, penyelenggara upacara Hari Lahir Pancasila, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Ende telah menyiapkan serangkaian acara menyambut Upacara Perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, yang akan dipimpin langsung Presiden Jokowi.

(Tin/Ysl)

infografis pancasila
Perbesar
cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya