Sukses

Link Twibbon Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022

Berikut link Twibbon untuk Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Rabu, 1 Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, di mana tahun ini akan jatuh pada Rabu (1/6/2022). Peringatan ini juga menjadi hari libur nasional bagi masyarakat.

Dikutip Merdeka.com dari laman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, hari lahirnya Pancasila ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden Soekarno, pada 1 Juni 1945.

Di era saat ini, media sosial salah satu cara yang tepat untuk menyebarkan tentang makna dan semangat dari peringatan Hari Lahir Pancasila. Misalnya dengan menggunakan Twibbon atau bingkai yang dapat dipasang di foto profil.

Berikut ini link Twibbon Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2022.

  • https://twibbon.link/6236
  • https://twibbon.link/6248
  • https://twibbon.link/6235
  • https://twibbon.link/6249
  • https://twibbon.link/6234
  • https://twibbon.link/6233
  • https://twibbon.link/6232
  • https://twibbon.link/6231
  • https://twibbon.link/6230
  • https://twibbon.link/6229
  • https://twibbon.link/6228
  • https://twibbon.link/6227

Untuk menggunakannya, kamu dapat menyalin salah satu link di atas dengan ponsel atau komputer.

Kemudian, Twibbon dapat langsung digunakan dengan memilih "Select Image." Lanjutkan dengan memilih foto atau gambar dari galeri di perangkatmu, lalu sesuaikan dengan bingkai Twibbon.

Klik "Create Campaign" dan dari situ, kamu bisa mengunduh hasil Twibbon tersebut untuk dibagikan ke media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sementara itu, diagendakan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 1 Juni 2022. Adapun upacara Hari Lahir Pancasila kali ini akan dipusatkan di Ende.

"Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende," jelas Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo.

Menurut dia, Jokowi akan menjadi Presiden RI kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende. Sebelum Jokowi, ada Presiden pertama RI Soekarno yang lebih dulu mengunjungi Kabupaten Ende.

"Kabupaten Ende adalah tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila," katanya dikutip dari siaran persnya, Selasa (31/5/2022).

Romo Benny menyebut banyak situs sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan di Ende. Mulai dari Rumah Pengasingan Bung Karno, Taman Perenungan, hingga Gedung Immaculata.

"Peringatan hari Lahir Pancasila saat ini menjadi momen berharga bagi Kabupaten Ende dan masyarakat Indonesia," ujar Romo Benny.

BPIP, penyelenggara upacara Hari Lahir Pancasila, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Ende telah menyiapkan serangkaian acara menyambut Upacara Perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, yang akan dipimpin langsung Presiden Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Diperingati Setiap 1 Juni

Tanggal 1 Juni sendiri merupakan peringatan kelahiran Pancasila, yang ditandai dengan pidato Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, di sidang BPUPKI.

Saat itu Soekarno berpidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan). Pidatonya ini pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila untuk menjadi dasar negara.

Sidang BPUPKI sendiri tidak lepas dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, di mana mereka berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan.

Jepang lalu juga membentuk sebuah lembaga untuk mempersiapkan hal ini bernama Dokuritsu Junbi Cosakai. Sidang pertamanya digelar 29 Mei 1945 di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), dan para anggotanya membahas mengenai dasar negara.

4 dari 4 halaman

Pidato Soekarno

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, dan pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai "Pancasila." Panca berarti lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Pada saat itu, Bung Karno menyampaikan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, Dokuritsu Junbi Cosakai kemudian membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan.

Panitia ini terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI 18 Agustus 1945. Pada sidang tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.