Quipper School Premium Gelar Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi untuk Guru

Oleh Agustinus Mario Damar pada 31 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 31 Mei 2022, 10:00 WIB
Quipper
Perbesar
Quipper School Premium berikan pelatihan implementasi literasi dan numerasi untuk guru. (Dok: Quipper).

Liputan6.com, Jakarta - Quipper melalui layanan unggulannya Quipper School Premium menggelar pelatihan untuk sekolah dan guru di seluruh Indonesia pada penjang pendidikan SMP. Pelatihan secara virtual ini yang dimulai sejak 8 April hingga 10 Juni 2022 dan terbagi dalam lima sesi.

Dalam program pelatihan ini, Quipper menghadirkan sejumlah narasumber dan fasilitator dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pelatihan ini sejalan dengan strategi Mendikbudristek Nadiem Makarim yang ingin memperbaiki nilai PISA (Program for International Student Assessment) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Disebutkan, Indonesia menempati urutan 10 terbawah atau peringkat ke 62 dari 70 negara dalam hal literasi membaca. Sementara untuk peringkat matematika, survei PISA pada 2018 menyebut Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 78 negara.

Oleh sebab itu, Kemendikbudristek membuat AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang digunakan untuk mengukur kinerja sekolah berdasarkan literasi dan numerasi siswa.

"Kami berharap guru-guru yang mengikuti pelatihan ini dapat memiliki pemahaman literasi dan numerasi yang kuat dan dapat menggunakan teknologi dalam mengimplementasikan pengajarannya," tutur Manager Qupper Premium School Riza dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (31/5/2022).

Dalam program ini, para guru mendapatkan pelatihan dari fasilitator Sofie Dewayani dan Dicky Susanto sebagai konsultan Kemendikburistek. Sekolah dan guru juga dibekali akses gratis ke platform Quipper untuk mengakses sesi belajar mandiri melalui konten dan webinar yang tersedia.

Tidak hanya itu, para peserta juga mendapatkan sertifikat kepesertaan 64 jam pelajaran. Pelatihan Implementasi Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Bersama Quipper School Premium ini telah diikuti dari 134 sekolah di seluruh Indonesia.

Program ini turut didukung oleh platform desain grafis Canva. Melalui program Canva for Education, guru mendapatkan akses ke ribuan template pendidikan bebas hak cipta dan lembar kerja untuk membuat stimulus yang terlihat lebih menarik bagi siswa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jadi Mitra Resmi Kemendikbud Ristek, Quipper Kini Bisa Diakses di Digital Merdeka Mengajar

Dok: Quipper
Perbesar
Dok: Quipper

Sebelumnya, Quipper mengumumkan telah berhasil lolos sebagai salah satu mitra terverifikasi (verified partner) Kurasi Perangkat Ajar untuk program Sekolah Penggerak oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI).

Dengan demikian, Quipper kini dapat diakses di platform Digital Merdeka Mengajar oleh sekolah-sekolah yang tergabung dalam program Sekolah Penggerak.

Content Production Head Quipper Indonesia, Riza Purnama, mengatakan teknologi memainkan peran penting dalam dunia pendidikan baik bagi murid maupun guru. Quipper telah melihat adanya kenaikan tren digitalisasi di dunia pendidikan sejak belasan tahun lalu.

"Oleh karena itu, Quipper selalu berupaya menciptakan layanan pembelajaran digital yang mumpuni, sehingga dapat membantu para siswa meraih nilai akademis terbaik di sekolah," ujar Riza melalui keterangannya, Senin (21/3/2022).

Startup yang bergerak di bidang education technology (edtech) ini menawarkan program pembelajaran Quipper Video (QV) bagi siswa, dan juga dapat membantu guru agar lebih efektif dalam melakukan pekerjaanya sebagai tenaga pendidik melalui layanan Quipper School Premium (QSP).


Mengembangkan Modul

Dok: Quipper
Perbesar
Dok: Quipper

"Kami sangat senang dan bangga dapat terpilih menjadi verified partner Kurasi Perangkat Ajar untuk kurikulum Sekolah Penggerak yang digagas oleh Kemendikbud Ristek. Hal ini semakin membuat kami semangat untuk terus memberikan kontribusi yang maksimal bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia," tutur Riza.

Ia menjelaskan, untuk program Sekolah Penggerak, pihaknya berupaya mengembangkan modul ajar berkualitas bagi para guru sebagai referensi mengajar yang lebih kaya.

"Sehingga dapat digunakan pada berbagai moda pembelajaran, yaitu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Blended Learning maupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," pungkasnya.

Dimulai dari 2.500 sekolah yang akan mengawali transformasi pendidikan dalam program Sekolah Penggerak, Kemendikbud Ristek mengharapkan seluruh sekolah di Indonesia akan menjadi sekolah penggerak dalam kurun waktu sepuluh hingga lima belas tahun mendatang.

Dengan demikian, terjadi transformasi yang holistik di dunia pendidikan dan tercapainya visi pendidikan Indonesia untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Membawa visi Distributors of Wisdom, Quipper meyakini setiap anak berhak atas kesempatan untuk belajar dan menciptakan masa depan yang mereka cita-citakan.

Quipper mengklaim perusahaan hadir sebagai solusi untuk mencapai hal tersebut melalui teknologi. Saat ini Quipper telah digunakan oleh lebih dari delapan juta siswa dan lebih dari tiga ratus ribu guru di seluruh Indonesia.


Quipper Tebar Beasiswa Miliaran Rupiah untuk Redam Angka Putus Kuliah

Tidak hanya itu, untuk mendukung keberlanjutan kuliah, startup edutech Quipper melalui layanan Quipper Campus akan menyalurkan bantuan biaya pendidikan atau beasiswa senilai total miliaran rupiah pada program Quipper Scholarship Award (QSA) 2022.

Pendaftaran program beasiswa QSA 2022 secara resmi telah dibuka dengan periode pendaftaran mulai dari 3 Januari-18 Maret 2022.

"Program ini kembali hadir untuk melanjutkan komitmen perusahaan dalam mendukung siswa yang terkendala kemampuan finansial untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di bangku kuliah," kata Strategy & Planning Manager Quipper Indonesia, Ivonny Sualdani, melalui keterangannya, Selasa (18/1/2021).

Ia berharap acara QSA tahun ini dapat kembali memberikan secercah harapan bagi anak Indonesia di tengah kondisi pandemi yang sulit.

Adapun kampus yang ikut serta pada ajang QSA 2022 antara lain Telkom University (Tel-U), Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, dan Indonesia Banking School.

Sementara tahapan pelaksanaan program QSA 2022 terdiri dari proses pendaftaran yang telah berlangsung sejak 3 Januari 2022.

Kemudian tes beasiswa secara online pada 21 Maret-1 April 2022, seleksi lanjutan berupa wawancara, psikotes atau tes lain tergantung kebijakan kampus yang akan diadakan pada 18 April-6 Juni 2022.

(Dam/Isk)

 


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya