Sukses

XL Axiata akan Hadirkan 5G di Arena Balap Mobil Formula E Jakarta

XL Axiata akan menghadirkan layanan 5G di frekuensi 3,5GHz untuk mendukung perlaksanaan ajang balap Formula E Jakarta. Selain itu, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan XL menjadi 2-3 kali lipat.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata akan menghadirkan layanan 5G di arena gelaran balap mobil Formula E di Jakarta, 4 Juni mendatang.

XL Axiata kini mempersiapkan berbagai hal di lapangan agar layanan data dan internet 5G ini bisa mendukung gelaran balap tersebut.

Nantinya saat tersedia, layanan 5G XL Axiata bakal bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Formula E dengan gratis, tanpa dipungut biaya.

Untuk menggelar layanan 5G di area Sirkuit Formula E Jakarta, XL Axiata mengantongi izin penggunaan pita frekuensi 3,5GHz. Dengan begitu, nantinya pengunjung yang berada di arena Formula E bisa mengakses internet 5G XL Axiata.

Sejumlah titik akses 5G akan dipersiapkan di seputar sirkuit yang menjangkau sejumlah area yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event Formula E.

Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, dalam menghadirkan layanan 5G di area Sirkuit Formula E Jakarta, XL Axiata mengadopsi segala persiapan yang dilakukan dalam gelaran MotoGP Mandalika, Maret lalu.

"Pada ajang balap mobil Formula E di Jakarta ini, kami akan melakukan serangkaian uji coba 5G XL Axiata dengan spektrum 3,5GHz untuk menghadirkan layanan terbaik," kata Gede, dikutip dari keterangan resmi XL Axiata, Selasa (31/5/2022).

Gede meyakini, jaringan 5G XL Axiata akan mendukung penyelenggaraan balap mobil Formula E sekaligus jadi ajang perkenalan layanan akses data dan internet super cepat 5G kepada masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perlu Smartphone yang Mendukung 5G

Nantinya untuk bisa menikmati 5G Experience XL Axiata, pengunjung perlu memastikan smartphone yang dipakai sudah mendukung jaringan 5G di pita frekuensi 3,5GHz. Selain itu, SIM card yang digunakan sudah merupakan uSIM.

Dengan internet 5G, pengunjung balap Formula E Jakarta ini bisa mendapatkan keuntungan dibandingkan jaringan 4G, mulai dari kecepatan data, latensi lebih rendah, dan kerapatan koneksi lebih banyak dari 4G.

Tingkatkan Kualitas Jaringan 4G

Selain menggelar jaringan 5G, XL Axiata juga meningkatkan kualitas jaringan 4G di sekitar wilayah Sirkuit Formula E.

Untuk meningkatkan kualitas internet 4G-nya, XL Axiata menambah kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik yang diperkirakan akan terjadi peningkatan trafik.

XL Axiata juga akan menambah 3 Mobile BTS di beberapa titik di sekitar lokasi acara. XL Axiata juga memastikan jaringan 4G siap mendukung aktivitas berkomunikasi khususnya komunikasi internet bagi pengunjung, masyarakat, dan satuan kerja terkait pada area kawasan.

3 dari 4 halaman

Kapasitas Jaringan XL Axiata Ditingkatkan 2-3 Kali

Gede menyebut, kapasitas jaringan 4G XL di sekitar Ancol akan ditingkatkan 2-3 kali lipat, guna mengantisipasi lonjakan trafik selama balapan berlangsung.

"Tingginya antusiasme mastarakat serta publikasi dan pemberitaan tentang Formula E yang cukup luas selama ini, pengunjung Ancol bisa membludak dan akan mendorong kenaikan trafi. Kami antisipasi benar segala kemungkinan yang bisa terjadi agar nanti di hari H tidak terjadi hambatan yang berarti dan balapan bisa berlangsung lancar," tutur Gede, memberikan penjelasan.

Sekadar informasi, di Jakarta Utara sebagai tempat perhelatan ajang Formula E, XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, di mana 1.000 BTS adalah BTS 4G. Sementara untuk seluruh DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, yang 5.700-nya merupakan BTS 4G.

 

4 dari 4 halaman

Berkomitmen Hapus Layanan 3G dan Upgrade ke 4G

Sebelumnya, XL Axiata berkomitmen untuk menghapus layanan 3G lebih cepat dibandingkan operator lain. Perusahaan menyebut akan menutup sisa BTS 3G yang masih beroperasi dengan target kuartal kedua 2022.

Mengutip data perusahaan, Jumat (13/5/2022), pada akhir Maret 2022, jumlah BTS 3G XL Axiata sebanyak 52 ribu BTS.

Per Maret 2022, XL Axiata hanya memiliki 4.566 BTS 3G tersisa untuk ditutup hingga kuartal kedua 2022. XL Axiata menyebut, penutupan BTS 3G mereka lebih cepat dibandingkan operator lainnya.

Sementara itu, hingga akhir Maret 2022, total jumlah BRS 2G dan 4G XL Axiata mencapai lebih dari 133 ribu unit, meningkat dari sebelumnya sebanyak 94 ribu BTS 4G di akhir Maret 2021. Hal ini seiring dengan penutupan BTS 3G yang kemudian teknologinya dialihkan menjadi teknologi 4G.

Dengan demikian, area yang terlayani jaringan 4G juga bertambah menjadi sebanyak 460 kota/kabupaten.

Terus meningkatnya kekuatan jaringan XL Axiata tersebut searah dengan tingkat penggunaan layanan data yang lebih tinggi oleh pelanggan.

Selama periode 3 bulan pertama di 2022, trafik data XL Axiata meningkat pesat hingga naik 34 persen YoY dari 1.391 Petabyte menjadi 1.857 Petabyte.

Hal ini juga selaras dengan meningkatnya pengalaman pelanggan yang lebih baik, karena adanya peningkatan User Throughput dan perbaikan Latency selama kuartal pertama tahun ini.

Peningkatan pengalaman pelanggan atas internet XL Axiata rupanya juga berdampak pada pendapatan layanan data XL Axiata.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.