Terungkap, Xiaomi 12S Bakal Usung Teknologi Kamera Leica

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 30 Mei 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 11:00 WIB
Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro
Perbesar
Xiaomi 12 Pro (ungu) dan Xiaomi 12 (biru), smartphone terbaru Xiaomi yang baru rilis di Indonesia (Foto: Xiaomi Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akan mengungkap sejumlah smartphone high-end dalam beberapa minggu mendatang. Salah duanya adalah Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Pro.

Kedua model di atas digadang-gadang merupakan suksesor dari Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro yang dirilis awal tahun ini.

Sejauh ini, banyak orang memang telah menanti kehadiran Xiaomi 12 Ultra. Perusahaan mengkonfirmasi perilisan Xiaomi 12 Ultra akan dilakukan Juli mendatang.

Nah, perilisan Xiaomi 12 Ultra ini didampingi oleh dua smartphone high-end yang harganya lebih terjangkau yakni Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Pro.

Layaknya suksesor, kedua smartphone di atas akan hadir dengan sejumlah peningkatan dibandingkan Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro.

Salah satu peningkatannya adalah kehadiran logo Leica di frame kamera Xiaomi 12S dan Xiaomi 12 Pro. Sebelumnya, logo ini absen di Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Informasi ini berdasarkan gambar yang beredar di jejaring sosial Tiongkok, Weibo.

Mengutip Gizchina, Senin (30/5/2022), bocoran juga sudah berhasil mengungkap nomor model untuk Xiaomi 12S yakni 2206123SC. Sementara, Xiaomi 12S Pro memiliki nomor model 2206122SC.

Dari semuanya, yang jadi kejutan tentu adalah logo Leica yang terpampang di smartphone Xiaomi.

Memang hal ini tidak mengherankan mengingat sebelumnya Xiaomi telah mengumumkan kemitraannya dengan Leica yang punya spesialisasi di bidang fotografi.

Sebelumnya diprediksi dukungan teknologi fotografi Leica hanya akan ditempatkan pada Xiaomi 12 Ultra sebagai perangkat paling flagship. Namun dengan foto di atas, terungkap bahwa Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S juga akan didukung teknologi dari Leica.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bocoran Spesifikasi

Xiaomi 12S mengusung logo Leica di bodi belakangnya
Perbesar
Xiaomi 12S mengusung logo Leica di bodi belakangnya (Foto: Gizchina).

Dalam hal spesifikasi di atas kertas, Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Pro mungkin akan berbagi spesifikasi yang mirip dengan generasi sebelumnya. Di mana, model Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Pro akan memakai chipset baru, kemungkinan Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset ini memungkinkan smartphone punya kinerja lebih kuat dibanding versi pendahulunya. Meski mengusung performa kuat, penggunaan chipset di atas diklaim lebih hemat energi dan lebih sedikit mengalami masalah overheating yang dihadapi sebagian smartphone Android.

Sementara itu, smartphone berikutnya dari Xiaomi, Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro digadang-gadang akan diluncurkan lebih cepat dari jadwal, yakni sekitar November 2022.

Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro akan hadir baik untuk pasar dalam negeri (Tiongkok) maupun global. Model number 221113C dan 2210132C adalah untuk pasar Tiongkok.

Sementara model number 2211133G dan 2210132G adalah untuk pasar global. Perbedaan keduanya adalah huruf C dan G, di mana C menandakan China dan G menandakan Global.


Xiaomi Gandeng Leica

Xiaomi dan Leica secara resmi mengumumkan kerja sama mereka untuk smartphone flagship terbaru yang rilis Juli 2022 mendatang
Perbesar
Xiaomi dan Leica secara resmi mengumumkan kerja sama mereka untuk smartphone flagship terbaru yang rilis Juli 2022 mendatang (Twitter CEO Xiaomi Lei Jun @leijun)

Sebelumnya Xiaomi secara resmi mengonfirmasi kabar kemitraanya dengan Leica, untuk meluncurkan smartphone flagship yang akan meluncur di bulan Juli 2022 mendatang.

Meski begitu, kedua perusahaan belum menyebut smartphone apa yang akan mereka luncurkan dalam kerja sama ini, meski beberapa rumor mengatakan perangkat tersebut adalah Xiaomi 12 Ultra.

CEO Xiaomi Lei Jun dalam siaran persnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (23/5/2022) mengatakan kedua perusahaan "berbagi ide yang sama mengenai pencitraan seluler."

Lei Jun juga mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi seluler ke tahap yang berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem," kata Lei Jun.

Sementara, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi mereka untuk bekerja sama secara strategis dalam jangka panjang dengan Xiaomi.

Menurut Harsch, ini adalah "proses kerja sama mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 


Huawei Putus dengan Leica Sejak 31 Maret 2022

Huawei P9
Perbesar
Logo Huawei dan Leica terpampang jelas di acara peluncuran Huawei P9 di Battersea Evolution, London, Inggris (Liputan6.com/ Andina Librianty)

Harsch menambahkan, Leica dan Xiaomi meyakini perangkat pencitraan smartphone flagship pertama yang mereka kembangkan, akan menjadi kemajuan paling depan di dua perusahaan menjadi terlihat.

Harsch juga menjanjikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik" dan "kreativitas tanpa batas."

Di industri smartphone, kemitraan Leica yang paling terkenal adalah dengan Huawei. Namun seperti diketahui, produsen asal Tiongkok itu masih terdampak berbagai larangan pemerintah Amerika Serikat. 

Sementara, Huawei memastikan mereka telah mengakhiri kemitraannya dengan Leica, setelah cukup lama bekerja sama dengan perusahaan asal Jerman tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Huawei setelah pengumuman kerja sama antara Leica dan Xiaomi untuk meluncurkan smartphone flagship terbaru yang bakal dirilis pada bulan Juli 2022 mendatang.

"Kami bisa mengonfirmasi kerja sama antara dua perusahaan kami telah berakhir pada 31 Maret," kata Huawei kepada Android Authority, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (25/5/2022).

Diketahui, Leica telah menjalin kerja sama sejak tahun 2016. Keduanya pertama kali berkolaborasi sejak Huawei merilis smartphone flagship Huawei P9.

Berakhirnya kemitraan itu membuat P50 dan P50 Pro menjadi ponsel terakhir Huawei yang mengusung kamera Leica.

Sementara itu, Xiaomi juga telah secara resmi mengumumkan kemitraan mereka dengan Leica di awal pekan ini.

(Tin/Ysl)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya