iPhone 14 Pro dan Pro Max Bakal Usung Fitur Always-On

Oleh Yuslianson pada 30 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 10:00 WIB
Apple Store
Perbesar
Apple Store. Kredit: Michael Gaida via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Apple sepertinya akan mengadopsi fitur always-on ke ponsel teranyarnya, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max.

Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, perusahaan asal Cupertino itu bakal memperkenalkan fitur itu bersamaan dengan peluncuran iOS 16.

Dengan fitur always-on, pengguna iPhone dapat meninjau informasi atau notifikasi meskipun ponsel yang digunakan terkunci.

Mengutip laporan Mark Gurman via The Verge, Senin (30/5/2022), fitur always-on versi iPhone akan berfungsi layaknya di Apple Watch Series 5 dan lebih baru.

Disebutkan, frame rate lock screen iPhone 14 Pro dan Pro Max akan diturunkan hingga paling rendah ketika fitur always-on diaktifkan.

Dengan cara ini, baterai ponsel pun akan lebih hemat energi meskipun lock screen sedang aktif.

Masih belum diketahui apakah Apple juga akan menggunakan layar low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) yang sama di perangkat jam pintar mereka.

Seperti diketahui, kabar Apple bakal mengadopsi fitur always-on ini ke iPhone memang sudah lama menjadi perbincangan di industri smartphone dunia.

Tahun lalu, beberapa analis memprediksi Apple bakal melengkapi lini iPhone 13 dengan layar LTPO sehingga dapat menggunakan fitur always-on.

Sementara, deretan HP Android sudah mendukung always-on mode--beberapa sudah pakai selama bertahun-tahun. Contohnya adalah Samsung.

Di HP Samung, pengguna dapat mengetahui waktu, level baterai, widget, dan lainnya meskipun kondisi ponsel saat itu sedang terkunci.

Mark Gurman juga menyebutkan, iOS 16 diharapkan akan hadir dengan fungsi serupa. Selain always-on mode, kedua ponsel ini juga akan hadir dengan hardware eksklusif.

Dari bocoran yang beredar saat ini, Apple hanya akan menyertakan chipset A16 terbarunya itu ke iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


iPhone 14 Bakal Pakai Kamera Selfie Premium Buatan LG

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Di sisi lain, Apple tampaknya sudah memutuskan perusahaan mana yang akan menjadi supplier kamera selfie untuk iPhone 14 mendatang.

Adapun perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu memilih LG Innotek sebagai supplier utama kamera selfie di iPhone terbaru tersebut.

Berdasarkan sumber anonim ke Korea IT News, Rabu (25/5/2022), kamera selfie buatan LG Innotek ini akan terpasang di seri iPhone 14 dan iPhone 14 Pro.

Sumber anonim itu juga mengatakan, kamera depan di kedua seri iPhone 14 tersebut akan tampil dengan fitur auto-focus.

Apple disebut-sebut berencana menggunakan kamera buatan LG Innotek untuk seri iPhone 15, namun perusahaan memajukan jadwal karena masalah teknis dengan kamera selfie buatan Tiongkok saat pengujian.

Karena tidak sesuai dengan standar dari Apple, perusahaan bentukan Steve Jobs itupun memutuskan untuk memutus kontrak dan menggantinya dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.


Pakai eSIM

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Beberapa pihak berpendapat, Apple memang sudah seharusnya meningkatkan kemampuan kamera di lini iPhone buatan mereka.

Tampil dengan beragam fitur dan peningkatan teknologi, hal ini menyebabkan harga unit kamera depan iPhone 14 naik 3 kali lipat dibandingkan model tahun lalu.

iPhone 14 kabarnya akan meluncur pada musim gugur dan menanggalkan desain notch di layar depannya.

Tak hanya itu, Apple juga hanya akan merilis iPhone 14, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Max, dan iPhone 14 Pro Max. Perusahaan tidak akan merilis varian iPhone Mini untuk tahun ini.

Selain memiliki ukuran layar lebih besar--sedikit--dan tanpa notch, iPhone 14 digadang-gadang akan mulai meninggalkan kartu SIM fisik dan beralih ke eSIM.

iPhone 14 menjadi perangkat Apple yang ditunggu-tunggu di 2022 ini. Meski begitu sampai sekarang, belum ada pengumuman resmi terkait tanggal peluncurannya secara global.

 


Tanggal Rilis iPhone 14

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Namun baru-baru ini, sebuah situs yang fokus pada Apple yaitu iDropNews, dikutip Senin (23/5/2022), mengaku mendapatkan bocoran Apple bakal menggelar Apple Event pada 13 September 2022.

Meski tanggal Apple Event dapat ditebak berdasarkan gelaran-gelaran sebelumnya, namun jadwal itu belumlah resmi karena masih bersifat rumor dan tidak diumumkan langsung oleh Apple.

Adapun, Apple Event juga menjadi ajang perusahaan teknologi Amerika Serikat ini, memperkenalkan perangkat-perangkat baru mereka, salah satunya adalah di lini iPhone.

Mengutip Tech Radar, acara 13 September sendiri belum tentu menjadi peluncuran iPhone 14. Namun, karena Apple cenderung meluncurkan iPhone di hari Selasa bulan September, tanggal itu bisa jadi adalah waktunya.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya