Mobile Legends: Bang Bang Jadi Laga Esports Terpopuler di SEA Games 2021

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 28 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2022, 16:00 WIB
Indonesia Tumbang oleh Filipina di Grand Final Mobile Legends SEA Games 2021
Perbesar
Indonesia Tumbang oleh Filipina di Grand Final Mobile Legends SEA Games 2021. (Doc: MLBB)

Liputan6.com, Jakarta - Status Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sebagai salah satu game seluler terpopuler di wilayah Asia Tenggara sepertinya sudah tak bisa ditampik lagi.

Hal ini terlihat dari tingginya jumlah penonton laga esports MLBB dalam gelaran SEA Games 2021 di Vietnam beberapa waktu lalu, seperti tercatat oleh Esports Chart.

Mengutip data Esports Charts, Sabtu (28/5/2022), pertandingan final antara Indonesia melawan Filipina menjadi yang paling banyak ditonton, dengan 2,2 juta pemirsa serentak.

Esports Charts juga mengungkapkan, angka ini sangat melonjak dari event terakhir yang diadakan di 2019.

Mereka mengungkapkan, Peak Viewers tertinggi dari SEA Games sebelumnya hanya 284 ribu penonton pada laga final MLBB, dengan dua tim yang bertemu sama yaitu Indonesia vs Filipina.

Jumlah penonton serentak MLBB di SEA Games 2021 (Esports Charts)
Perbesar
Jumlah penonton serentak MLBB di SEA Games 2021 (Esports Charts)

Di posisi kedua, terdapat laga playoff antara Malaysia vs Indonesia dengan jumlah penonton mencapai lebih dari 1,7 juta pemirsa serentak.

Turnamen MLBB di SEA Games ke-31 juga memiliki waktu tonton tertinggi yaitu 17,8 juta jam tayang. Menjadikannya pertandingan esports terpopuler selama gelaran tersebut.

Di bawahnya terdapat laga esports lainnya, PUBG Mobile, dengan 7,2 juta jam penayangan dengan 900 ribu jumlah penonton puncak.

Adapun dalam laga Grand Final pertandingan MLBB SEA Games 2021, Indonesia harus mengakui kekalahannya dari Filipina. Mengusung format Best of five (Bo5), timnas Indonesia harus mengakui keunggulan dari negara berjulukan Lumbung Padi Asia Tenggara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Final MLBB Indonesia vs Filipina

Tim Esports Indonesia, SEA Games 2021
Perbesar
Tim esport Indonesia bertanding di laga final nomor team Mobile Legends SEA Games 2021 di Hanoi National Conventional Center, Jumat (20/5/2022). (NOC Indonesia)

Pada babak pertama, Albert "Alberttt" Neilsen Iskandar, Gilang "Sanz", Calvin "CW" Winata, Calvin "Vyn", dan Rivaldi "R7" Fatah terlihat keteteran berhadapan dengan pemain dari Filipina.

Lewat gaya permainan yang bertempo cepat dan super agresif, tim Filipina mampu memberikan "shock therapy" bagi para pemain Tanah Air. Selain itu, tim yang digawangin oleh Soto, Gonzales, Villaluna, Del Rosario, dan Imam ini berhasil mengunci pergerakan Alberttt.

Karena hal tersebut, Alberttt pun mengalami kesulitan untuk bergerak, menginisiasi pertarungan, follow up serangan, hingga menginvasi area jungle lawan.

Dengan permainan yang lebih solid, Imam dkk pun berhasil mencuri poin pertama untuk tim Filipina di babak Grand Final Mobile Legends SEA Games 2021.

Usai kekalahan mereka dari tim Filipina, R7 dkk pun berusaha comeback di babak kedua dengan gameplay agresif. Berhasil menganggu dan mencuri buff di area jungle musuh, para pemain dari Indonesia pun mulai menunjukkan performa terbaik mereka.

Alhasil, Alberttt dkk sukses mencuri poin di babak kedua ini dan membuat skor seri, yaitu 1-1.


Babak Ketiga

Tim Esports Indonesia, SEA Games 2021
Perbesar
Tim esport Indonesia bertanding di laga final nomor team Mobile Legends SEA Games 2021 di Hanoi National Conventional Center, Jumat (20/5/2022). (NOC Indonesia)

Di babak ketiga, timnas Merah Putih bermain dengan lebih defensif. Sementara itu, tim Filipina lebih memilih untuk gencar melakukan serangan terhadap pemain Indonesia.

Kedua tim saling bertukar serangan dengan sangat sengit, hingga pada menit ke-17 terjadi momen penting dimana Alberttt dkk sukses mengambil lord.

Tak hanya itu, mereka juga dapat menumbangkan seluruh pemain Filipina. Memanfaatkan momen tersebut, timnas Indonesia pun langusng push seluruh lane ke arah base.

Namun, timnas Filipina pun terlihat pantang menyerah. Berhasil memukul mundur para pemain Indonesia hingga sampai ke dalam base.

Di sini, pertarungan sengit kembali terjadi. Namun apa daya, tim Filipina berasil menghancurkan base Indonesia dan memimpin skor 2-1. Kembali unggul dengan jumlah pemain dan sukses menghancurkan base indonesia.


RI Raih Perunggu

Tim Esports Indonesia, SEA Games 2021
Perbesar
Tim esport Indonesia setelah mendapatkan medali perak SEA Games 2021 dari nomor team Mobile Legends di Hanoi National Conventional Center, Jumat (20/5). (NOC Indonesia)

Pertarungan keempat atau penentuan bagi kedua tim berlangsung pasif dan bertempo lambat. Kedua tim berusaha mengejar objektif masing-masing, dengan fokus pada lane dan area jungle sendiri dan lawan.

Terbukti, skor kill kedua tim masih di angka 1-2 dengan keunggulan untuk tim Filipina. Namun, tempo permainan yang lambat tersebut langsung berubah saat menit ke-10 dimana tim dari Filipina membuat kejutan saat team fight.

Timnas Filipina berhasil menumbangkan seluruh pemain Indonesia saat bertarung di tengah map land of dawn.

Memanfaatkan hal ini, Filipina langsung masuk ke area base indonesia dengan 1 straight push sehingga mengakhiri game ke-4. Dengan kemenangan ini, Filipina menyabet medali Emas. Sedangkan timnas Indonesia harus berpuas diri dengan medali perak.

(Dio/Ysl)

Infografis Kiprah Indonesia di SEA Games
Perbesar
Kiprah Indonesia di SEA Games (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya