Sukses

Tsurvey.id, Platform Riset Milik Telkomsel untuk Bantu Ambil Keputusan Bisnis

Telkomsel memperkenalkan platform riset Tsurvey.id yang bisa dipakai untuk membantu pelanggan mengambil keputusan bisnis berbasis riset dan data.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel meluncurkan platform Tsurvey.id. Platform survei digital ini menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan.

Pelanggan Tsurvey.id yang dimaksud mulai dari lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial hingga keperluan riset lainnya secara luas.

Tsurvey.id adalah hasil inkubasi bisnis dari unit bisnis Data Solution Group Telkomsel. Kapabilitas platform Tsurvey.id adalah hasil risetnya diperkaya data insight telko.

Dengan begitu, Tsurvey.id memiliki keunggulan berupa jangkauan basis responden yang luas, fitur responden targeting dengan profil akurat, output hasil yang lebih cepat, dan fitur manajemen survei yang ramah pengguna.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, "Peluncuran Tsurvey.id merupakan bagian dari upaya Telkomsel membantu dan memfasilitasi berbagai stakeholder mendorong penguatan kultur pengambilan keputusan berbasis data."

Berbagai stakeholder yang dimaksudnya mulai dari kalangan akademisi, profesional, LSM, hingga lintas industri.

Tsurvey.id hadir sebagai hasil dari inkubasi program internal Telkomsel InnoXtion (Telkomsel TINC Polaris). Tujuannya adalah mendorong terciptakan budaya pengambilan keputusan berbasis data.

Sebenarnya, unit bisnis Data Solution Group Telkomsel sudah melakukan berbagai pengembangan berkelanjutan untuk memastikan Tsurvey.id menjadi platform riset digital unggul di industri riset pasar sejak 2021.

Pada Desember 2021, Tsurvey diutilisasi secara komersial dan melayani kebutuhan riset pasar bagi sejumlah perusahaan di berbagai sektor industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipakai untuk Riset Akademik

Salah satu bidang yang menggunakan Tsurvey.id adalah akademisi, yakni Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI). Lembaga ini menggandeng Tsurvey.id Telkomsel dalam melakukan studi dan menyusun laporan bertajuk 2022 Consumer Insight Report.

Studi ini dilakukan selama satu setengah bulan dan fokus pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek, dengan 1.500 responden di seluruh Indonesia. Berikut adalah prediksi tren konsumsi untuk tahun 2022 dari LM FEB UI.

Sementara, Vice President Data Solutions Telkomsel Mia Melinda mengatakan, untuk memperkaya insight hasil studi di atas, Telkomsel menghadirkan beberapa nama besar dari brand terkemuka di Indonesia, di ajang tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel Tsurvey.id.

3 dari 3 halaman

Masih Dikembangkan

Nama yang dimaksud adalah CEO Astro Vincent Tjandra, CEO Hangry Group Abraham Viktor, VP Marketing RedDoorz Henry Manampiring, VP Loket.com Ario Adimas, CEO Fita Reynazran Royono, VP Marketing Vidio Rezki Yanuar, hingga VP Marketing Tokopedia Hilda Kitti.

Masing-masing memaparkan pandangan mereka sebagai pelaku industri terkait strategi bisnis yang selaras dengan perilaku konsumen yang dinamis.

"Kini pengembangan platform Tsurvey.id masih terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam berbagai riset," kata Mia.

Mia berharap, ke depannya, Telkomsel akan memperkuat ekosistem digital nasional dengan menghadirkan berbagai solusi layanan digital berorientasi pelanggan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.