iPhone 14 Bakal Rilis di Apple Event 13 September 2022

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 23 Mei 2022, 14:04 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 14:04 WIB
iPhone 14 Pro
Perbesar
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 14 menjadi perangkat Apple yang ditunggu-tunggu di 2022 ini. Meski begitu sampai sekarang, belum ada pengumuman resmi terkait tanggal peluncurannya secara global.

Namun baru-baru ini, sebuah situs yang fokus pada Apple yaitu iDropNews, dikutip Senin (23/5/2022), mengaku mendapatkan bocoran Apple bakal menggelar Apple Event pada 13 September 2022.

Meski tanggal Apple Event dapat ditebak berdasarkan gelaran-gelaran sebelumnya, namun jadwal itu belumlah resmi karena masih bersifat rumor dan tidak diumumkan langsung oleh Apple.

Adapun, Apple Event juga menjadi ajang perusahaan teknologi Amerika Serikat ini, memperkenalkan perangkat-perangkat baru mereka, salah satunya adalah di lini iPhone.

Mengutip Tech Radar, acara 13 September sendiri belum tentu menjadi peluncuran iPhone 14. Namun, karena Apple cenderung meluncurkan iPhone di hari Selasa bulan September, tanggal itu bisa jadi adalah waktunya.

iDropNews juga menyebutkan, apakah acara ini akan digelar secara daring atau tatap muka, sumber dari situs itu menyebut Apple belum memutuskannya.

Situs tersebut menambahkan, iPhone 14 kemungkinan bakal terlihat identik dengan iPhone 13. Selain itu, dia akan memiliki prosesor A15 meski sumbernya mengatakan kemungkinan mereka juga akan menerima A16.

Selain itu, iPhone 14 dirumorkan tidak akan memiliki versi mini. Perangkat ini juga akan hadir dalam versi iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

iDropNews juga mengklaim, Apple Event 13 September 2022 akan menjadi ajang untuk memperkenalkan beberapa perangkat terbaru Apple seperti AirPods Pro 2, Apple Watch 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Extreme Edition.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kabar Burung Lain Soal iPhone 14

iPhone 14
Perbesar
Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Ini bukan pertama kalinya rumor mengenai jajaran iPhone 14 beredar. Beberapa kabar burung soal spesifikasi juga kerap wira-wiri di internet.

Misalnya, menurut analis Ming-Chi Kuo, Apple sebenarnya dapat meningkatkan resolusi kamera hingga 48MP pada model iPhone 14 Pro dan Pro Max. Dampaknya, dikutip dari Ubergizmo, Selasa (29/3/2022), tonjolan kamera di bagian belakang ponsel akan lebih besar.

"Alasan utama tonjolan kamera belakang yang lebih besar dan lebih menonjol pada iPhone 14 Pro/Pro Max adalah meningkatkan kamera menjadi 48MP," tulis Kuo di Twitter .

Ia menjelaskan panjang diagonal CMOS Image Sensors (CIS) 48MP akan meningkat 25-35 persen, dan tinggi lensa 7P 48MP akan meningkat 5-10 persen.

Kuo juga menyebut, chipset A16 hanya akan terpasang di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sedangkan dua model lainnya masih pakai A15. 

Dalam kesempatan lain dia juga bahwa mengatakan iPhone 14 series tidak akan dilengkapi Touch ID di bawah layar dan kamera periskop.

Mengutip Gizchina, Jumat (1/4/2022), teknologi kamera dengan kemampuan zoom tingkat tinggi tersebut akan hadir pada 2023 di iPhone 15 series.

Sementara, teknologi pemindai sidik jari di bawah layar Apple telah ditunda hingga 2025, kemungkinan baru muncul di iPhone 17. Kemungkinan, Apple masih ingin mendorong Face ID atau belum merasa puas dengan hasil teknologi sidik jadi di bawah layar buatannya.


Pakai Layar OLED

Bocoran iPhone 14
Perbesar
iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Rumor lain, menurut CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young, hanya akan ada satu pemasok ekslusif layar untuk model iPhone 14 Pro, yakni mitra sekaligus saingan Apple, Samsung.

Dari perspektif pasar smartphone, Samsung dan Apple adalah rival. Namun dalam hal bisnis, kedua perusahaan ini menjadi mitra dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam hal ini, Samsung menjadi pemasok utama bagi Apple, terutama dalam hal teknologi layar. Kini, Samsung akan menjadi pemasok ekslusif untuk layar OLED pada iPhone 14 Pro.

Sebelumnya, Ross mengunggah polling di Twitter yang menanyakan kepada pengguna mengenai model mana yang ekslusif mendapatkan layar OLED Samsung.

Sebagian besar orang memilih iPhone 14 Pro Max sebagai pilihan favorit mereka. Ada pula yang memilih semua iPhone 14 series akan menggunakan layar OLED Samsung.

Namun Young menyatakan, hanya iPhone 14 Pro yang akan mendapatkan tampilan eksklusif Samsung. Model lain kemungkinan mendapat kesempatan untuk menggunakan OLED Samsung, namun pasokannya akan dibagi dua antara BOE dan LG Display.


Kamera Selfie

iPhone 14 Pro Max
Perbesar
Bocoran bentuk iPhone 14 Pro Max. (Doc: ShirmpApplePro/ PhoneArena)

Mengutip cuitan Ming-Chi Kuo di Twitter, Jumat (22/4/2022), Apple juga dikabarkan akan menyematkan kamera selfie berkemampuan autofokus dengan aperture f/1.9.

Bila kabar ini benar adanya, maka kamera selfie di iPhone 14 akan mengalami peningkatan dari model sebelumnya yang hanya menggunakan kamera fixed aperture f/2.2.

Dengan kemampuan ini, kamera selfie iPhone 14 mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga memotret dalam kondisi siang hari dan redup pun mampu menghasilkan foto yang lebih baik.

Fitur autofokus pun akan memungkinkan pengguna untuk melacak subjek lebih baik, dan mampu menghasilkan potret bokeh yang lebih baik, terutama dalam mode Potrait.

Sayangnya, Ming-Chi Kuo tidak mengungkap informasi seberapa besar sensor imaging dan resoulsi kamera selfie di iPhone 14 series tersebut.

Sebelumnya, Apple disebut-sebut akan menghilangkan notch di layar smartphone terbarunya tersebut dan menggantinya dengan desain punch hole berbentuk pill.

Kabarnya, punch hole ini akan menjadi tempat Apple meletakkan sensor canggih pemindai wajah buatan Apple, yakni Face ID. Sedangkan lubang lainnya adalah untuk kamera selfie.

(Dio/Ysl)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya