Ini Wejangan dari Bigetron Red Aliens Jika Ingin Jadi Pro Player Esports

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 22 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 10:00 WIB
(ki-ka) BTR Liquid, Angie Marcheria, BTR Lea, dan BTR Zuxxy dari Tim Bigetron Red Aliens (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
(ki-ka) BTR Liquid, Angie Marcheria, BTR Lea, dan BTR Zuxxy dari Tim Bigetron Red Aliens (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang pro player esports saat ini sudah menjadi banyak mimpi dari para gamers. Bigetron Red Aliens (BTR RA) pun memberikan beberapa wejangan bagi anak-anak muda yang ingin terjun ke dunia tersebut.

Made Bagas Pramudita atau lebih dikenal dengan julukan Zuxxy, mengatakan, tips untuk memulai bagi anak muda untuk terjun ke dunia esports adalah dengan mencari pengalaman terlebih dulu.

"Pertama, yakin saja dulu. Kedua cari pengalaman sebanyak mungkin," kata Zuxxy dalam konferensi pers Oppo Reno7 Series 5G Fun Match with Bigetron di Oppo Store Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/5/2022).

Zuxxy mengatakan, kamu bisa memulainya dari turnamen-turnamen esports kecil seperti sekadar pertandingan di warung kopi atau dengan mengikuti turnamen daerah.

"Ketiga, ketika sudah merasa jadi yang terbaik, ikutlah turnamen yang cukup besar," kata Zuxxy.

Keempat, ketika sudah menjadi seorang juara, jangan lupa untuk memberitahu kepada orangtua, bahwa bermain gim juga bisa menghasilkan.

Sementara Angie Marcheria, Brand Ambassador dari BTR, juga mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pro player tidak cukup dengan bermain bagus.

"Main bagus itu harus diolah dengan mindset, mentality juga. Menurut aku untuk menjadi pro player itu harus bisa menerima kegagalan dan jatuh," kata Angie dalam kesempatan yang sama.

"Karena mental itu akan berpengaruh ke gameplay juga. Kalau nanti mainnya kurang bagus, kalian harus tahu bahwa itu bagian dari pembelajaran. Pro player yang juara dunia pun pasti pernah main jelek, ada jatuhnya," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Percaya Diri dan Mental Juara

(ki-ka) BTR Zuxxy, Angie Marcheria, dan Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
(ki-ka) BTR Zuxxy, Angie Marcheria, dan Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Menurut Angie, yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pro player adalah bagaimana caranya untuk bisa bangkit lagi di saat sedang gagal atau merasa bermain buruk.

"Itu menurut aku mental yang harus dimiliki, terutama pro player. Tidak cuma pro player sih, tapi juga semua orang," ujar Angie.

Sementara, Liona Lee Putri alias BTR Lea mengatakan, perangkat atau device juga penting apabila seseorang ingin menjadi pro player di kancah esports.

"Percuma skill kita jago tapi device tidak mendukung. Itu malah mendorong ke bawah mental kita, jadi kita tidak semangat," kata Lea.

Senada dengan Angie, Lea juga menegaskan bahwa penting untuk memiliki "mental juara" apabila seseorang ingin menjadi pro player.

"Menurut aku orang-orang yang kuat di online, turnamen kecil, turnamen besar, kalau mental juaranya tidak ada, tidak akan bisa," kata Lea. Menurutnya, ini penting ketika seseorang bertemu lawan lebih jago dan lebih besar.

Lalu menurut Lea, skill baik secara individu dan tim juga harus dimiliki, serta tidak lupa untuk percaya diri.

Leander Deusfiel Sorognan alias BTR Liquid pun menambahkan, niat juga harus dimiliki apabila seseorang ingin menjadi seorang pro player.

"Sering-sering main saja. Soalnya kalau sering main, makin banyak pengalaman kita, kita juga makin banyak belajar," kata Liquid. Ia juga mengakui mulai terjun ke dunia esports dengan mengikuti beberapa pertandingan kecil.


Oppo Reno7 Series 5G Tawarkan Sejumlah Fitur Gaming Esports

Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron
Perbesar
Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia bersama Tim Bigetron Red Aliens di Oppo Store, Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/5/2022). Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti

Oppo menyatakan bahwa salah satu lini smartphone teranyar mereka, Reno7 Series 5G, terdiri dari Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, tak cuma mengandalkan desain dan fotografi sebagai fitur andalannya, namun juga untuk gaming esports.

Hal ini seperti disampaikan oleh Aryo Meidianto A., PR Manager Oppo Indonesia dalam konferensi pers Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron di Oppo Store Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/5/2022).

"Masih terjadi beberapa paradigma yang salah bahwa untuk bermain game itu semua permainan harus rata kanan semua," kata Aryo.

Di Reno6 series, Oppo Indonesia sempat memperkenalkan fitur gaming dari smartphone mereka untuk lini tersebut melalui Reno6 Ultimate Gaming Battle.

Kali ini, kemampuan gaming di perangkat Oppo Reno7 Series 5G diperkenalkan melalui Oppo Reno Series 5G Fun Match with Bigetron. "Melalui acara ini, kami berharap agar konsumen semakin memahami potensi gaming pada perangkat Reno7 Series 5G," kata Aryo.

Menurut Aryo, HP Oppo Reno7 Series 5G tidak hanya menghadirkan desain modern yang ikonik serta kemampuan kamera yang baik, namun juga menawarkan performa tinggi dan kenyamanan, sehingga menghadirkan pengalaman baru kepada konsumen untuk bermain mobile game.

"Ini untuk memberikan pemahaman bahwa smartphone gaming itu smartphone yang nyaman. Bukan yang tampilannya bagus atau punya fitur-fitur tambahan," imbuh Aryo.


Fitur Gaming di Oppo Reno7 Series 5G

Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Oppo Reno7 Z 5G (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Salah satu fitur pendukung gaming yang ditawarkan di kedua perangkat Reno7 Series 5G adalah AI Frame Rate Stabilizer.

AI Frame Rate Stabilizer adalah fitur untuk memprediksi perubahan frame rate dan suhu ponsel terlebih dulu, lalu akan melakukan penyesuaian untuk menghindari frame rate yang tidak stabil, sehingga gim akan tampil lebih mulus.

Fitur lain adalah Quick Startup untuk membantu mengidentifikasi game yang paling sering dimainkan. Hal ini membuatnya tetap aktif di latar belakang, bahkan setelah keluar.

Dengan Quick Startup, saat pengguna kembali memulai gim, jalan pintas akan dibuat untuk langsung menuju halaman utama game dengan melewatkan animasi pembuka.

Fitur gaming terakhir yang ditawarkan adalah Game Focus Mode, untuk meminimalisir semua notifikasi yang berpotensi mengganggu permainan seperti pesan dan panggilan masuk.

Di acara Oppo Reno7 Series 5G with Bigetron, Oppo juga memberikan kesempatan kepada Ofans, awak media, dan Bigetroopers untuk bertanding bersama tim Bigetron Red Aliens dalam sesi fun match PUBG Mobile yang diadakan di Oppo Store Karawaci, Tangerang.

(Dio/Isk)

Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Perbesar
Infografis Bisnis Game di Indonesia (Liputan6.com/Deisy Rika)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya