Bikin Oppo A55 Lebih Ramah Anak Lewat Fitur Kid Space

Oleh Iskandar pada 21 Mei 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 10:00 WIB
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orangtua yang berniat ingin membeli smartphone untuk anak, tentunya merasa sangat khawatir bila sang buah hati membuka konten sembarangan di internet.

Menyadari isu tersebut, Oppo membenamkan fitur Kid Space pada smartphone Oppo A55 untuk membantu orangtua menyaring aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak.

Kid Space adalah ruang aman di smartphone untuk anak-anak berusia 3 hingga 12 tahun. Orangtua dapat mengatur mode ini untuk anak-anak mereka sebagai sarana untuk mendorong penggunaan smartphone yang sehat dan aman.

Dengan Kid Space, orangtua bisa menetapkan batasan, terutama untuk penggunaan ponsel oleh anak-anak, seperti mengatur waktu penggunaan smartphone dan aplikasi yang diizinkan untuk diakses.

Untuk diketahui, Kid Space sebenarnya merupakan fitur bawaan dari ColorOS 3.1 dan di atasnya. Jadi, orangtua cukup mengaktifkannya saja di Oppo A55 melalui menu Settings atau Pengaturan.

  • Pilih menu Settings
  • Lalu tab menu Privacy
  • Setelah itu pilih Kid Space
  • Jika sudah, kamu cukup plih aplikasi apa saja yang diizinkan untuk anak, mengatur durasi pemakaian, dan jaringan seluler diaktifkan atau tidak
  • Setelah semuanya sudah diatur, tab tombol Enter Kid Space

<p>Kid Space Oppo. Dok: oppo.com</p>

Sebagai catatan, pada smartphone dengan ColorOS 12, cara mengaktifkan mode Kid Space cukup dengan membuka Settings > Special features > Kid Space.

Pada saat mode Kid Space aktif, anak hanya bisa mengakses aplikasi yang sudah ditentukan. Sistem akan menghilangkan akses ke menu Settings, Quick Settings, pembatasan situs, dan lainnya agar tidak diubah atau diotak-atik oleh mereka.

Meskipun terdapat menu Exit Kid Space di bagian bawah layar ponsel Oppo, namun anak harus menggunakan PIN, Pattern, Password, maupun sidik jari yang sudah ditentukan sehingga harus meminta izin orangtua jika ingin keluar dari mode ini.

Ketika durasi waktu yang kamu atur berakhir, ponsel akan akan memberi tahu dan mengunci layar setelah 30 detik, atau kamu dapat keluar dari Kid Space kapan saja dengan menekan di bagian bawah layar. Masukkan sidik jari atau Kode Sandi Layar Kunci untuk kembali ke Mode Normal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo A55

OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Seperti diketahui, Google telah melengkapi sistem operasi Android dengan fitur yang mengedepankan keamanan dan privasi pengguna perangkat mobile.

Smartphone Oppo yang semuanya berbasis Android juga melengkapi fitur pendukung keamanan, salah satunya memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi.

Fitur bernama App Lock ini hadir di semua HP Oppo, termasuk Oppo A55. Fitur ini direkomendasikan untuk pengguna yang memiliki file/dokumen rahasia yang tersimpan di dalam smartphone.

Kamu bisa menggunakannya pada aplikasi bawaan, seperti galeri atau aplikasi pesan singkat yang bisa dibilang rentan dibuka oleh orang lain yang meminjam smartphone kamu.

Jika kamu ingin mempelajari cara menambahkan kunci sandi terenkripsi di aplikasi (cara mengunci aplikasi), yuk ikuti langkah sederhana di bawah ini, sebagaimana dikutip dari laman resmi Oppo, Senin (9/5/2022).

Sebagai informasi, App Lock hanya berlaku untuk perangkat Oppo berbasis ColorOS 3.0 dan di atasnya.

Untuk mengecek versi ColorOS di perangkat kamu, cukup membuka Pengaturan > Tentang Ponsel/Tentang Perangkat.

Aktifkan App Lock

Untuk ColorOS 7.0 hingga ColorOS 12 dan di atasnya:

Masuk ke [Pengaturan] > [Privasi] > [Kunci Aplikasi] kemudian akan muncul prompt untuk mengatur kata sandi privasi kamu. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin dikunci.

Harap perhatikan bahwa kata sandi privasi juga digunakan untuk Private Safe.

Untuk ColorOS 5.0 hingga 6.1:

Masuk ke [Pengaturan] > [Keamanan] > [Kunci Aplikasi] lalu masukkan kode sandi dan pertanyaan keamanan yang ingin kamu gunakan, pilih aplikasi yang ingin kamu kunci, lalu aktifkan [Mulai Verifikasi Kode Sandi] untuk mengunci aplikasi.

Untuk ColorOS 3.2:

Masuk ke [Pengaturan] > [Keamanan] > [Kunci Aplikasi] pilih aplikasi yang ingin kamu kunci, lalu ketuk [Aktifkan Enkripsi]. Masukkan kode sandi.

Setelah kamu masuk, ketuk ikon [Pengaturan] di sudut kanan atas ponsel, lalu ketuk [Ubah Pertanyaan Keamanan].

Untuk ColorOS 3.1:

Masuk ke [Pengaturan] > [Keamanan] > [Enkripsi Aplikasi] pilih aplikasi yang ingin kamu kunci, lalu ketuk [Aktifkan Enkripsi]. Masukkan kode sandi dan pertanyaan keamanan yang ingin kamu gunakan.

Masukkan kode sandi. Setelah kamu masuk, ketuk ikon [Pengaturan ] di sudut kanan atas ponsel, lalu ketuk [Ubah Pertanyaan Keamanan].

Untuk ColorOS 3.0:

Masuk ke [Pengaturan] > [Pengaturan Tambahan] > [Keamanan dan privasi] > [Enkripsi telepon] yang akan mengenkripsi akun kamu, pengaturan, aplikasi yang diunduh dan datanya, media, dan file lainnya.

Proses enkripsi biasanya memakan waktu 1 jam dan satu-satunya metode dekripsi lainnya adalah mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.


Perbandingan Oppo A55, Oppo A76, dan Oppo A96

OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
OPPO A55 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Oppo telah meluncurkan tiga smartphone Seri A terbaru besutannya di pasar Indonesia. Tiga smartphone terbaru itu adalah Oppo A55, Oppo A76, dan Oppo A96.

Ketiganya sudah dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 5.000mAh. Dengan kapasitas baterai tersebut, mereka diklaim mampu mendukung penggunaan selama seharian.

Oleh sebab itu, Tekno Liputan6.com merasa Oppo A55, Oppo A76, dan Oppo A96 bisa menjadi salah satu opsi perangkat yang bisa diandalkan ketika mudik. Ditambah, ketiga perangkat itu juga sudah mendukung fitur pengisian daya cepat.

Nah, untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai ketiga smartphone tersebut, berikut adalah daftar perbandingan dari ketiga smartphone terbaru Oppo ini.

Oppo A55

Oppo A55 merupakan suksesor Oppo A54 yang membawa sejumlah peningkatan signifikan. Salah satunya adalah kehadiran kamera 50MP yang mendukung dua kamera lain, yakni lensa makro 2MP dan lensa bokeh 2MP.

Selain itu, Oppo A55 juga tampil stylish dengan dua pilihan warna, yakni rainbow blue dan starry blackSmartphone ini hadir dengan layar 6,51 inci dan sudah didukung fitur All-Day Eye Care untuk melindungi mata pengguna saat menatap layar smartphone dalam waktu cukup lama.

Sebagai pendukung kemampuan fotografinya, Oppo A55 dilengkapi dengan fitur kamera khas Oppo, seperti Backlight HDR, Night Mode, dan filter Night Plus. Sementara kamera selfie 16MP juga dilengkapi fitur AI Beautification.

Untuk mendukung penggunaan seharian lebih, Oppo melengkapi A55 dengan baterai 5000mAh. Oppo mengklaim baterai itu dapat digunakan untuk panggilan telpon selama lebih dari 29 jam dan mendengarkan musik seharian lebih dari 24 jam.

Oppo juga membekali smartphone ini dengan 18W Fast Charge untuk mengisi daya perangkat terisi 33 persen dalam waktu 30 menit. HP Oppo ini memiliki sertifikasi IPX4 Splah, waterproof yang membebaskan pengguna akan rasa khawatir ketika menggunakan perangkat pada situasi terjadi hujan gerimis.

Oppo A55 menjalankan ColorOS 11.1 yang menjanjikan pengalaman lebih lancar, karena serangkaian fitur optimalisasi bernama System Booster. Sistem ini mencakup Idle Time Optimizer, Storage Optimizer, dan UI First 3.0 yang dapat meningkatkan 5% respon dan stabilitas frame rate sebesar 6,9%.

Untuk harga, Oppo A55 dibanderol dengan harga Rp 2.699.000 dan ditawarkan secara online maupun offline.


Oppo A76

Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC
Perbesar
Oppo A76 dengan teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC. Dok: Oppo Indonesia

Pada Oppo A76, Oppo menghadirkan salah satu fitur flagship ke perangkat kelas menengahnya, yakni SuperVOOC 33W. Kemampuan ini hadir untuk menunjang baterai berkapasitas 5.000mAh yang dimilikinya.

Dengan pengisian SuperVOOC 33W, dalam waktu pengisian daya lima menit saja, Oppo mengklaim smartphone ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon 3,5 jam.

Selain baterai besar, Oppo membekali smartphone ini dengan chipset Snapdragon 680 dan refresh rate 90Hz. Ukuran layar Oppo A76 adalah 6,56 dengan desain punch-hole.

Dari sisi desain, Oppo menggunakan Oppo Glow yang sebelumnya hadir di Oppo A95 dan seri Reno. Lewat desain Oppo Glow ini, bodi Oppo A76 lebih nyaman digenggam dan memiliki material yang tidak licin, tahan terhadap noda, serta bebas sidik jari.

Smartphone ini hadir dengan RAM 6GB dan ROM internal 128GB yang dapat diperluas hingga 1TB dengan microSD. Disematkan juga teknologi RAM Expansion, sehingga Oppo A76 bisa mengubah ruang penyimpanan menjadi tambahan RAM sementara.

Di bagian fotografi, Oppo A76 mengusung kamera depan 8MP dengan ukuran piksel 1,12um dan aperture f2.0, menghasilkan bidikan hingga resolusi 3264 x 2448.

Sementara pada kamera ganda belakang dilengkapi dengan sensor utama 13MP f2.2 dan kamera sekunder dengan lensa portrait 2MP. Oppo A76 dilepas ke pasar dengan harga resmi Rp 3.399.000.


Oppo A96

Oppo A96 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Perbesar
Oppo A96 (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Oppo A96 menjadi smartphone terbaru Oppo yang rilis tahun ini, karena baru rilis di awal April 2022. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni pearl pink dan starry black.

Perangkat ini hadir dengan sejumlah fitur tradisi di lini A besutan Oppo. Salah satunya adalah baterai berkapasitas 5.000mAh yang sudah mendukung SuperVOOC 33W.

Dengan kemampuan itu, Oppo mengklaim baterai smartphone ini dapat terisi 55 persen dalam waktu 30 menit. Oppo juga menyematkan fitur Super Power Saving Mode untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Selain itu, ada pula fitur Optimized Night Charging yang memungkinkan smartphone ini mempelajari pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai tersegmentasi di malam hari.

Oppo A96 mengusung layar 6,59 inci dengan 90,8 persen screen-to-body ratio dan resolusi FHD 1080 x 2412. Layar smartphone ini memiliki refresh rate 90Hz dan mendukung fitur Adaptive Refresh Rate.

"Refresh rate Adaptive biasanya ada di layar AMOLED, dan ini kita membuatnya terjadi di layar IPS LCD. Teknologi ini kami kembangkan secara mandiri," tutur PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A.

Untuk dapur pacu, Oppo A96 menggunakan chipset Snapdragon 680. Selain itu, HP Oppo terbaru ini menjadi perangkat pertama di lini seri A yang membawa kapasitas penyimpanan 256 GB.

Oppo A96 memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dan kamera bokeh 2MP. Sementara untuk urusan selfie, ada kamera depan 16MP.

Perangkat ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IPX4 yang tahan terhadap cipratan air normal dan perlindungan antidebu IP5X. Untuk harga, Oppo A96 dilepas ke pasar Indonesia dengan harga Rp 4.299.000.


Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)

Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Perbesar
Tabel App Annie yang menunjukkan durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara (Dok. App Annie)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya