Pelanggan Smartfren Kini Bisa Beli Paket Data Lewat Aplikasi Facebook

Oleh Agustinus Mario Damar pada 21 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 16:00 WIB
Smartfren
Perbesar
Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim dan Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra meluncurkan Kuota Nonstop Smartfren (Foto: Smartfren)

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren mengumumkan para pelanggannya kini bisa membeli paket data langsung melalui aplikasi Facebook. Cara baru ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang dilakukan antara Smartfren dengan Meta sejak 2020.

Untuk diketahui, pada 2020, Smartfren bermitra dengan Meta untuk meluncurkan Facebook Mobile Center. Ini merupakan fitur di dalam aplikasi Facebook yang memungkinan Smartfren memberikan penjualan dan pelayanan langsung di dalam aplikasi media sosial tersebut.

Cara membeli paket data Smartfren melalui aplikasi Facebook pun terbilang mudah. Pelanggan tidak mengklik kotak switch mode di pojok kanan aplikasi Facebook dan klik tombol Buy.

Selain pembelian paket data dengan pulsa, pelanggan juga bisa melakukan transaksi dengan dompet digital seperti Gopay, DANA, OVO, serta ShopeePay. Opsi ini hadir untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran paket data.

"Saya senang dengan peluncuran fitur dompet digital sebagai opsi pembayaran paket data. Saya yakin peluncuran ini akan mendukung percepatan transformasi Indonesia menjadi negara digital," tutur Chief Digital Officer Smartfren, Kok Leong dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (21/5/2022).

Sementara Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian menuturkan pihaknya sangat senang mendukung upaya Smartfren mewujudkan tranformasi digital di Indonesia lewat digitalisasi jalur penjualan dan layanan pelanggan di Facebook Mobile Center.

Selain di aplikasi Facebook, pelanggan juga bisa memanfaatkan aplikasi MySmarftren untuk melakukan transaksi, bahkan bisa mendapatkan keuntungan tambahan. Sebab, setiap kali membeli paket data, pelanggan bisa mendapatkan Smartpoin yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah.

Perlu diketahui, Smartfren juga telah mengumumkan kehadiran fitur Facebook Flex. Fitur yang diperkenalkan pada 2020 ini memungkinkan pelanggan mengakses Facebook secara gratis, tanpa mengurangi kuota internet.

Smartfren menyebut, ketika kuota telah habis, keberadaan fitur ini membuat pelanggan tetap bisa mengakses Facebook.

Untuk memakai fitur ini, pelanggan Smartfren hanya perlu menuju pengaturan akun Facebook dan memastikan mereka menggunakan jaringan seluler Smartfren.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Akses Gratis Facebook untuk Pelanggan Smartfren

Facebok, Aplikasi Facebook.
Perbesar
Facebok, Aplikasi Facebook. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Untuk memakai fitur ini, pelanggan Smartfren hanya perlu menuju pengaturan akun Facebook dan memastikan mereka menggunakan jaringan seluler Smartfren.

Caranya, buka aplikasi Facebook di smartphone Android atau bisa juga lewat browser.

Pelanggan yang bisa memakai Facebook gratis akan menemukan menu "Go to Free" di sebelah kanan layar atas. Pilih menu tersebut untuk membuka akses Facebook secara gratis.

Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra mengatakan, keutamaan fitur ini adalah membuka akses seluas-luasnya untuk pelanggan yang sering memakai Facebook.

"Tidak perlu khawatir soal kuota habis, karena tanpa kuota sekalipun, pelanggan Smartfren masih bisa mengakses Facebook untuk chattingupdate status, berkomentar, dan terhubung dengan teman dan keluarga," tutur Roberto, seperti dikutip dari keterangan Smartfren, Sabtu (3/10/2020).

Roberto lebih lanjut mengatakan, kehadiran fitur ini membuka peluang lebih besar bagi pengguna Facebook yang ingin terus mengekspresikan diri tanpa batas. 

Fitur ini juga menjadi solusi bagi pelanggan yang sedang kehabisan kuota tetapi masih ingin eksis di Facebook.

Uniknya, hampir seluruh fitur bisa diakses, seperti update status, chat, like, komen, dan melihat linimasa Facebook.

Namun harus diingat bahwa fitur Facebook Flex ini tak bisa digunakan untuk melihat foto atau video. Pelanggan Smartfren pun akan diminta untuk kembali memakai kuota internet untuk melihat foto atau memutar video.

Pelanggan Smartfren bisa mengakses Facebook gratis melalui Facebook Flex ini mulai 1 Oktober 2020. 


Aktivitas Streaming Bikin Trafik Internet Smartfren Naik 10 Persen Saat Ramadan dan Lebaran

Foto BTS Smartfren di Bandung
Perbesar
Foto BTS Smartfren di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Corpcomm Smartfren).

Di sisi lain, Smartfren mencatat lonjakan trafik internet sebesar 10 persen selama Ramadan, mudik, hingga libur Lebaran 2022 dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Sementara, trafik untuk layanan SMS meningkat hingga 8 persen dan trafik voice atau panggilan suara naik 25 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Smartfren menyebut, lonjakan trafik internet dipicu oleh meningkatnya kebutuhan internet untuk akses layanan streaming video maupun musik hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10 persen.

Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik signifikan untuk beberapa aplikasi terpopuler. Pertama untuk trafik untuk aplikasi TikTok naik 18 persen. Sementara trafik untuk mengakses aplikasi WhatsApp melonjak sekitar 13 persen.

Baik TikTok maupun WhatsApp merupakan dua aplikasi yang bayak dipakai pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idulfitri 2022.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idulfitri kali ini berbeda karena masyarakat bisa mudik kembali ke kampung halaman setelah dua tahun tidak ada mudik.

"Kenaikan trafik internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren," tutur Agus, dikutip dari keterangan resmi Smartfren, Sabtu (14/5/2022).

Smartfren sendiri sebelumnya telah bertahap meningkatkan kualitas jaringan dengan memperluas cakupan dan optimasi jaringan.

Dengan begitu, perusahaan telko di bawah Grup Sinar Mas ini telah siap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang terjadi.


Peningkatan Trafik di Jalur Mudik dan Daerah Tujuan

Agus melanjutkan, mayoritas peningkatan trafik terjadi di sepanjang jalur mudik hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik. Mulai dari daerah Jawa Barat yang trafiknya naik sebesar 10 persen, Jawa Tengah yang trafiknya meningkat 18 persen, dan Jawa Timur dengan peningkatan trafik 6 persen.

Sementara, di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki kenaikan trafik di atas 60 persen. Hal ini dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan dan saat berada di tujuan mudik.

Menurut Agus, jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over, sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat.

Teknologi ini pula berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

Antisipasi jaringan tersebut juga membuat Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga 60 persen selama periode Lebaran. Kondisi jaringan pun tidak ada insiden kritis yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan.

(Dam/Isk)


Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya