Sukses

Sudah Berlisensi BAPPEBTI, Investasi Emas Digital di Pluang Pasti Aman dan Cuan

Instrumen investasi ini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan.

Liputan6.com, Jakarta Emas digital adalah emas yang catatan kepemilikan emasnya dilakukan secara digital atau elektronik. Instrumen investasi ini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan karena dianggap sebagai penyelamat karena harganya cenderung naik saat terjadi krisis dan ketidakpastian ekonomi. Emas memiliki kontribusi besar dalam menyumbang jumlah investor ritel di Indonesia yang melonjak signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagai aset investasi, emas dinilai sebagai sarana lindung nilai yang baik, khususnya dalam menghadapi fluktuasi nilai Rupiah (safe-haven) juga menjadi salah satu alasan utama bagi masyarakat untuk berinvestasi, terutama di tengah volatilitas pasar saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emas Digital Berlisensi dari Pluang

Dalam menjawab kegandrungan masyarakat akan investasi emas digital sekaligus sebagai aplikasi investasi multi-aset, Pluang menawarkan aset emas digital berlisensi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Pluang juga bermitra dengan PT Pluang Emas Sejahtera (PES) yang terdaftar sebagai pedagang fisik emas digital melalui Keputusan Kepala BAPPEBTI nomor 001/BAPPEBTI/P-ED/01/2022.

Izin tersebut memungkinkan mitra Pluang untuk menawarkan produk emas pada penggunanya secara aman dan terjamin di bawah pengawasan lembaga negara yang berwenang. Hingga saat ini, tercatat hanya ada empat perusahaan yang telah mendapatkan izin, salah satunya adalah PT Pluang Emas Sejahtera (PES).

Dalam rangka menciptakan sarana berinvestasi yang mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat, BAPPEBTI telah membentuk payung hukum terkait penyelenggaraan pasar fisik emas digital di bursa berjangka. Tidak hanya itu, BAPPEBTI juga telah memberikan persetujuan kepada PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan pasar fisik emas digital serta memberikan persetujuan sebagai lembaga kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan PT Indonesia Clearing House (ICH).

Beroperasinya bursa berjangka emas digital dan lembaga kliring memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan sektor investasi emas digital. Dengan demikian walaupun diperdagangkan secara digital, fisik emas dipastikan tetap ada di lembaga penjaminan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas, menyatakan bahwa di Pluang, keamanan penyimpanan aset logam mulia menjadi jauh lebih aman dalam bentuk digital.

“Selain merupakan aset investasi yang baik untuk investor karena harganya yang relatif stabil, berisiko rendah, dan prospek jangka panjangnya yang baik. Di samping itu, masyarakat tidak perlu lagi menyimpan logam mulia dalam bentuk fisik sehingga jauh lebih aman, terhindar dari risiko pencurian, dan tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk biaya penyimpanan,” ungkapnya.

Dalam rangka mewujudkan komitmen Pluang untuk terus membuka dan memperluas akses investasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, Pluang memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para penggunanya. Para pengguna tidak perlu repot untuk antre di toko untuk membeli emas., Pembelian emas digital di Pluang hanya perlu 10 detik dan aset sudah ada di tangan.

Selain itu, pengguna akan mendapatkan spread lebih rendah dari emas fisik jika membeli emas digital. Pengguna juga bisa memulai investasi emas digital mulai dari ~0,01 gram atau setara dengan Rp10.000. Yang terpenting, emas yang dibeli melalui Pluang dicadangkan dengan emas murni Antam (99,99%).

Investasi emas digital Pluang juga sudah dapat diakses pengguna melalui mitra resmi Pluang di berbagai platform dompet digital, aplikasi investasi hingga e-commerce, seperti GoInvestasi by GoJek, Tokopedia Emas by Tokopedia, BukaEmas by Bukalapak, eMas by DANA. Yuk, dapatkan emas digital di Pluang sekarang!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini