Sepeda Listrik Harley-Davidson Dukung Konektivitas Google Cloud

Oleh Iskandar pada 19 Mei 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 07:00 WIB
Sepeda Listrik Serial 1 Harley-Davidson
Perbesar
Sepeda Listrik Serial 1 Harley-Davidson. Dok: serial1.com

Liputan6.com, Jakarta Serial 1 yang merupakan perusahaan sepeda listrik dari Harley-Davidson belum lama ini meluncurkan jajaran e-bike premium generasi kedua dengan pembaruan aplikasi.

Sepeda yang diperbarui akan hadir dengan sejumlah fitur perangkat lunak baru yang disediakan oleh kemitraan baru Serial 1 dengan Google Cloud. Demikian sebegaimana dikutip dari The Verge, Kamis (19/5/2022).

Perusahaan mengatakan Google Cloud telah memilih Serial 1 sebagai "mitra eMobility strategis" baru, yang berarti Serial 1 akan menjadi yang pertama mengintegrasikan produk perangkat lunak Google ke dalam kendaraannya.

Sepeda listrik yang dilengkapi perangkat lunak itu memungkinkan pengendara melacak perjalanan mereka, mengumpulkan data, serta secara signifikan meningkatkan keselamatan dan keamanan.

Strategi ini mencerminkan tren di industri e-bike untuk memasang sepeda listrik dengan perangkat lunak yang terhubung ke cloud sebagai nilai jual tambahan.

Inti dari kemitraan baru ini adalah aplikasi Serial 1, di mana pemilik dapat melihat navigasi atau jalur perjalanan, mengumpulkan data perjalanan, dan mengontrol fitur keamanan di sepeda mereka.

Serial 1 menjanjikan lebih banyak fitur berteknologi tinggi yang akan datang berkat akses ke analitik Google Cloud dan intelijen bisnis serta integrasi dengan fungsionalitas Google Cloud AI.

Sementara Google Cloud juga memastikan koneksi yang lebih kuat antara sepeda dan smartphone pengguna.

Sebagian besar e-bike menggunakan Bluetooth untuk terhubung ke aplikasi smartphone, tetapi sepeda Serial 1 akan menggunakan teknologi seluler dan GPS, selain Bluetooth, untuk memastikan pemilik dapat terhubung ke sepeda bahkan ketika mereka tidak berada di dekatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengenal Serial 1

Sebagai informasi, Serial 1 adalah pembuat sepeda listrik dari Harley-Davidson yang mulai menjadi perusahaan mandiri pada Oktober 2020.

Jajarannya saat ini mencakup empat sepeda, dengan harga mulai dari US$ 3.399 hingga US$ 4.999. Nama mereknya adalah Mosh/Cty (sepeda city bike), dan komuter Rush/Cty, yang hadir dalam tiga varian (reguler, Step-Thru, dan Speed).

Masing-masing dilengkapi motor penggerak tengah yang mampu menghasilkan tenaga 250W secara terus menerus dan mencapai kecepatan tertinggi 20mph, kecuali untuk Rush/Cty Speed yang bisa mencapai 28mph.

Sebagian besar perubahan berada pada fitur keamanan yang ditingkatkan, seperti lampu berkedip, fungsi bantuan pedal yang dinonaktifkan, dan lokasi real-time.

Aplikasi Serial 1 akan terintegrasi dengan Google Maps untuk memberikan navigasi yang lebih baik, misalnya dengan memprioritaskan rute dengan jalur sepeda.

Tampilan digital Serial 1 yang disederhanakan dipasok oleh Brose, sebuah perusahaan Jerman yang juga membuat powertrain sepeda, sehingga pengguna kemungkinan harus memasang smartphone mereka di setang untuk mendapatkan manfaat dari fitur ini.

Aplikasi ini juga akan menampilkan "garasi virtual" di mana pemilik dapat memberi nama, melacak, dan mengelola sepeda elektronik mereka secara digital.

Fungsinya mencakup dasbor baru bagi pemilik untuk memantau data pengendaraan sepeda, termasuk kecepatan, jarak, jangkauan, output daya (baik untuk pengendara dan baterai), efisiensi, dan status pengisian daya.

 

 

 


Bisa Merekam Perjalanan

Pemilik Serial 1 dapat merekam perjalanan mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang kinerja dan progres. Lalu, aplikasi akan memberikan pembaruan layanan otomatis ketika sepeda mereka membutuhkan penyetelan.

Tampilan fisik dan kontrol untuk sepeda generasi kedua sebagian besar akan tetap sama. Tim yang sama yang mengembangkan baterai untuk sepeda motor LiveWire listrik Harley-Davidson juga mengembangkan baterai untuk Serial 1.

Baterai terintegrasi dipasang sangat rendah pada rangka, yang membantu sentralisasi massa dan penanganan yang lebih baik.

Dengan pembaruan baru ini, jelas bahwa Serial 1 membidik produsen besar seperti Giant, Trek, dan Specialized, yang menjual e-bike premium untuk pelanggan kelas atas.

Mereka telah menggembar-gemborkan perangkat lunak yang terhubung dalam jajaran Turbo-nya. Seperti Harley-Davidson, perusahaan baru saja mengumumkan bahwa mereka mengeluarkan mereknya sendiri yang disebut Globe, secara eksklusif akan fokus pada sepeda listrik utilitas.

 


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya