Alan Raynold Kumaseh Sabet Medali Perak PUBG Mobile Mode Solo di SEA Games 2021

Oleh Yuslianson pada 18 Mei 2022, 00:23 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 00:23 WIB
Timnas Indonesia PUBG Mobile sumbang emas di kategori perorangan
Perbesar
Atlet esports Alan Raynold Kumaseh sabet medali Perak di PUBG Mobile Solo Mode SEA Games 2021. (Doc: PBESI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas esports Indonesia kembali mengantongi medali untuk Tanah Air. Kali ini, nomor perseorangan PUBG Mobile menyumbangkan perak untuk Indonesia.

Atlet esports tersebut adalah Alan Raynold Kumaseh. Digelar selama dua hari, penampilan timnas Indonesia emang jauh dari performa mencengangkan.

Terbukti, enam pemain timnas Indonesia yang turun di nomor PUBG Mobile solo mode ini terseok-seok di papan tengah dan bawah klasemen.

Di hari kedua, penampilan Alan, RedFace, Potato (INA1); dan Luzzy, Jayden, dan GenFos (INA2) pun semakin membaik di match ke-3.

Pada match tersebut, Alan sukses mendapatkan Winner Winner Chicken Dinner (WWCD) dan 4 kill. Sementara itu, Jayden dan Potato mengantongi jumlah kill secara berurutan sebanyak 5 dan 4.

Sedangkan Genfos, Luxxy, dan RedFace masing-masing mengantongi jumlah kill sebanyak 2, 0, dan 1.

Match ke-4 timnas Indonesia kembali mendapatkan WWCD lewat kemampuan Potato, dengan jumlah kill sebanyak 2 player lawan.

Di babak penentuan, Alan mampu bangkit dan mengejar ketertinggalannya dari player negara lain dengan menyabet medali Perak untuk Indonesia di SEA Games 2021.

Adapun medali emas berhasil disabet oleh atlet PUBG Mobile tuan rumah, dengan total poin 104 yang hanya berselisih 2 poin dengan raihan poin Alan 102.

Perunggu SEA Games 2021 untuk nomor ini diraih oleh atlet PUBG Mobile Thailand dengan total poin 100.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Timnas Esports Sumbang Medali di SEA Games 2021

<p>Alan Raynold Kumaseh sabet medali Perak di PUBG Mobile Solo Mode SEA Games 2021. (Doc: PBESI)</p>

Dengan diraihnya medali perak di nomor perseorangan PUBG Mobile ini, timnas esports Indonesia sudah menyumbangkan 1 Emas dari Free Fire, serta 2 Perak dari Free Fire dan PUBG Mobile Solo.

Ditemui seusai prosesi pengalungan medali, Alan mengungkapkan, “Tidak mudah untuk menjalankan pertandingan offline untuk pertama kalinya dan sudah harus membawa nama negara."

Dia menambahkan, "Saya berupaya lebih keras untuk mampu mengelola faktor-faktor nonteknis dan bersyukur akhirnya bisa menguasai keadaan serta mengoptimalkan strategi dan performa saya."

Alan mengakui, dirinya sangat bersyukur dan bangga dapat menyumbangkan medali untuk Tanah Air.

Kehadiran medali ketiga yang disumbangkan oleh TIMNAS Esports untuk Indonesia, menurut Manajer Timnas Esports, Tjahjono Prasetyanto, membawa semangat baru untuk tampil lebih baik di pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Perjuangan Alan yang luar biasa dan raihan medali malam ini, serta medali emas dan perak dari nomor Free Fire sangat berguna dalam memacu motivasi, semangat, dan kepercayaan diri timnas Indonesia dalam berjuang meraih medali-medali berikutnya di SEA Games," ucap Tjahjono.

 


PUBG Mobile Blokir Permanen 46 Ribu Akun yang Pakai Cheat

<p>Fitur baru di PUBG Mobile versi 2.0. (Doc: Tencent Games)</p>

Di sisi lain, tim PUBG Mobile baru saja mengungkap laporan telah memblokir lebih dari 46 ribu akun, dan 6 ribu perangkat karena terbukti pakai program ilegal atau cheat.

Tindakan keras ini merupakan bukti perusahaan untuk terus berkomitmen menciptakan ekosistem permainan adil, dan bebas dari program ilegal alias cheat.

Mengutip akun Instagram resmi PUBG Mobile, Kamis (1121//2022), operasi rutin Ban Pan telah memblokir (banned) permanen 436.590 akun yang kedapatan pakai cheat pada periode 29 April - 5 Mei 2022.

Operasi PUBG Mobile Ban Pan kali ini, pengembang juga turut mengunci 6.013 perangkat sehingga tidak dapat dipakai lagi oleh pelaku untuk berbuat curang.

Dari 46.590 akun yang diblokir permanen, sebanyak 33 persen atau sekitar 144.074 adalah player dengan Rank Bronze.

Berikut rincian akun PUBG Mobile yang di banned permanen selama periode ini berdasarkan tingkatan Rank-nya:

  • Bronze: 144.074 akun
  • Silver: 78.586 akun
  • Gold: 30.561 akun
  • Platinum: 26.195 akun
  • Diamond: 34.927 akun
  • Crown: 34.927 akun
  • Ace: 82.952 akun
  • Conqueror: 4.365 akun

Berdasarkan data di atas, ranking terendah di PUBG Mobile, Bronze, menjadi penyumbang cheater terbanyak.

Tidak hanya pada tingkatan rank rendah, ternyata cheater juga sempat berkeliaran di rank kedua tertinggi yaitu Ace.

Nampaknya, pemain-pemain tersebut bersikeras masuk ke daftar Conqueror namun dengan cara memakai cheat PUBG Mobile.


Cheat X-Ray Vision Paling Banyak Diblokir

Ilustrasi Game Mobile, PUBG (Photo by SCREEN POST on Unsplash)

Lebih lanjut, program visual X-Ray menjadi cheat paling banyak dipakai dan beredar di kalangan pemain selama periode ini.

Terbukti, lebih dari 200 ribu akun pengguna yang kini telah diblokir menggunakan cheat visual X-Ray ini.

Tak hanya itu, cheat auto aim dan mod area juga banyak dipakai dan telah dibasmi pada operasi Ban Pan kali ini.

Selain itu, pengembang juga berusah untuk mencegah bertambahnya pemain menggunakan cheat dengan menutup sejumlah iklan cheat di platform Facebook, YouTube, hingga Instagram.

"Bantu jaga ekosistem PUBG Mobile agar tetap bersih dari cheater dengan melaporkan langsung via fitur in-game atau dengan menghubungi customer service PUBG MOBILE di https://pubgmobile.helpshift.com," tulis pengembang.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya