Perjalanan Ryan Kaji Jadi YouTuber Cilik Terkaya di Dunia, Raup 395 Miliar Setahun

Oleh Iskandar pada 18 Mei 2022, 06:30 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 06:30 WIB
Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)
Perbesar
Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)

Liputan6.com, Jakarta - Ryan Kaji yang baru berusia 10 tahun adalah YouTuber cilik terkaya di dunia. Ia menikmati gaya hidup mewah berkat bayaran jutaan dolar dari channel YouTube miliknya.

Tahun lalu, ia tercatat mengantongi bayaran US$27 juta atau sekitar Rp 395 miliar, lebih banyak dari para YouTuber dewasa, seperti Logan Paul dengan penghasilan US$18 juta atau sekitar Rp 258 miliar.

Kesuksesan Ryan Kaji dimulai enam tahun lalu ketika ibunya memutuskan untuk membuat saluran YouTube bernama Ryan's ToyReviews untuk putranya.

Influencer asal Texas, Amerika Serikat ini lahir pada Oktober 2011 dari pasangan Shion dan Loann Kaji. Mereka membuat konten video yang menampilkan ulasan mainan. Demikian sebagaimana dilansir The Sun, Rabu (18/5/2022).

Secara mengejutkan, penayangan dan subsriber-nya melonjak dalam beberapa bulan. Ibunya kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai guru dalam waktu satu tahun untuk mengelola channel secara penuh waktu.

Pada tahun 2015, mereka tercatat mengumpulkan lebih dari satu miliar views di sebuah video yang menampilkan Ryan membuka telur Lightning McQueen raksasa.

Saluran Ryan, sekarang disebut Ryan's World, terus berkembang pesat. Pada tahun 2017, orangtuanya menandatangani kesepakatan dengan perusahaan media anak-anak, PocketWatch.

Pada 2019, ia menjadi pusat perhatian dari serial TV 20 episode untuk anak-anak prasekolah yang disebut Ryan's Mystery Playdate.

Tahun itu, ia dinobatkan sebagai bintang dengan bayaran tertinggi YouTube pada usia delapan tahun setelah mengantongi penghasilan US$ 24 juta atau sekitar Rp 351 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Raup Rp 659 Juta per Video

Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)
Perbesar
Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)

Ryan yang merupakan kakak dari saudara kembar Emma dan Kate, juga merupakan bintang dari dua game yang dirilis oleh Outright Games.

Berbagai barang dagangan Ryan's World dapat dibeli di Amazon dan dari merek terkenal AS seperti Target, termasuk produk seperti sikat gigi bermerek dan Telur Misteri Raksasa Dunia Ryan.

Seiring pertumbuhannya, Ryan telah memperluas salurannya dari sekadar ulasan mainan, kini juga merilis video dan vlog sains yang cocok untuk keluarga.

Dengan pemirsa di seluruh dunia, bocah riang itu dilaporkan dapat mengantongi hingga US$ 45.000 atau sekitar Rp 659 juta per video.

Ryan sekarang memiliki 32,5 juta subscriber dan berbagi foto gaya hidupnya di Instagram. Snap yang diposting oleh orangtuanya untuk 158.000 pengikutnya di platform, menunjukkan bahwa dia dan keluarganya menikmati perjalanan ke taman hiburan termasuk Disney World.

Dia juga terlihat berpose bersama selebritas seperti mantan pesepakbola AS Aaron Donald dan dengan mainan dari koleksinya yang banyak.

Ryan kembali masuk daftar 10 bintang YouTube bayaran tertinggi pada tahun lalu, bergabung dengan MrBeast, Jake Paul, dan Dude Perfect.

Dia juga masuk dalam 10 besar YouTuber terkaya, karena Ryan diyakini memiliki kekayaan bersih US$ 32 juta atau sekitar Rp 468 miliar.


10 Youtuber Terkaya 2021 Versi Forbes

Berikut 10 daftar YouTuber terkaya di dunia dengan pendapatan terbanyak sepanjang 2021.

1. MrBeast – 54 juta dolar AS

2. Jake Paul – 45 juta dolar AS

3. Markiplier – 38 juta dolar AS

4. Rhett & Link – 30 juta dolar AS

5. Unspeakable – 28.5 juta dolar AS

6. Like Nastya – 28 juta dolar AS

7. Ryan Kaji – 27 juta dolar AS

8. Dude Perfect – 20 juta dolar AS

9. Logan Paul – 18 juta dolar AS

10. Preston – 16 juta dolar AS


Ryan Kaji Jadi YouTuber Berpenghasilan Tertinggi 2020 Versi Forbes

Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)
Perbesar
Ryan Kaji. (Instagram/ ryansworld)

Dilansir dari People, Selasa (22/12/2020), yang menempati posisi pertama YouTuber dengan pendapatan tertinggi 2020 versi Forbes adalah bocah berumur sembilan tahun bernama Ryan Kaji

Saat itu, Ryan Kaji berada di posisi puncak dengan mengantongi pendapatan yang diperkirakan mencapai US$ 29,5 juta, atau sekitar Rp 421 miliar. Angka ini diraih dalam jangka waktu setahun, sejak 1 Juni 2019 hingga 1 Juni 2020.

Dalam periode tersebut, ia juga telah mengumpulkan 12,2 miliar views dari video yang diunggah di kanalnya. Umumnya, video Ryan menampilan review darinya terhadap beragam jenis mainan, vlog bersama keluarga, hingga percobaan sains. 

Ini bukan pertama kalinya Ryan Kaji menempati posisi pertama di daftar Forbes. Pencapaian kali ini adalah tahun ketiganya masuk urutan pertama, secara berturut-turut. 

Ia mengalahkan sejumlah bintang YouTuber terkenal seperti Jimmy Donaldson alias Mr. Beast, David Dobrik dan Jeffree Star. 

Ryan Kaji memulai kanal YouTube-nya pada 2015 silam, dengan nama Ryan Toys Review, sebelum berganti menjadi Ryan's World. Tak hanya membuat video, ia juga melebarkan brand-nya ke mainan hingga pakaian. 

Dalam laporan Forbes, disebutkan bahwa banyak pendapatan Ryan Kaji yang berasal dari kontrak lisensi dari produk Ryan's World, yang jumlahnya mencapai 5 ribu. 


Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Geger Akun Penyebar Hoaks di YouTube. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya