Aktivitas Streaming Bikin Trafik Internet Smartfren Naik 10 Persen Saat Ramadan dan Lebaran

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 14 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 14 Mei 2022, 16:00 WIB
Foto BTS Smartfren di Bandung
Perbesar
Foto BTS Smartfren di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Corpcomm Smartfren).

Liputan6.com, Jakarta p Smartfren mencatat lonjakan trafik internet sebesar 10 persen selama Ramadan, mudik, hingga libur Lebaran 2022 dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Sementara, trafik untuk layanan SMS meningkat hingga 8 persen dan trafik voice atau panggilan suara naik 25 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu.

Smartfren menyebut, lonjakan trafik internet dipicu oleh meningkatnya kebutuhan internet untuk akses layanan streaming video maupun musik hingga media sosial dengan kenaikan rata-rata di atas 10 persen.

Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik signifikan untuk beberapa aplikasi terpopuler. Pertama untuk trafik untuk aplikasi TikTok naik 18 persen. Sementara trafik untuk mengakses aplikasi WhatsApp melonjak sekitar 13 persen.

Baik TikTok maupun WhatsApp merupakan dua aplikasi yang bayak dipakai pelanggan Smartfren selama periode mudik dan Idulfitri 2022.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, momen mudik Lebaran dan Hari Raya Idulfitri kali ini berbeda karena masyarakat bisa mudik kembali ke kampung halaman setelah dua tahun tidak ada mudik.

"Kenaikan trafik internet kali ini dapat diantisipasi dengan baik dan masyarakat bisa terus menikmati layanan internet terbaik dari Smartfren," tutur Agus, dikutip dari keterangan resmi Smartfren, Sabtu (14/5/2022).

Smartfren sendiri sebelumnya telah bertahap meningkatkan kualitas jaringan dengan memperluas cakupan dan optimasi jaringan.

Dengan begitu, perusahaan telko di bawah Grup Sinar Mas ini telah siap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Peningkatan Trafik di Jalur Mudik dan Daerah Tujuan

BTS Smartfren di BSD, Tangsel.
Perbesar
Foto: BTS Smartfren di BSD, Tangerang Selatan. (Foto: Corpcomm Smartfren).

Agus melanjutkan, mayoritas peningkatan trafik terjadi di sepanjang jalur mudik hingga menyebar ke berbagai kota tujuan mudik. Mulai dari daerah Jawa Barat yang trafiknya naik sebesar 10 persen, Jawa Tengah yang trafiknya meningkat 18 persen, dan Jawa Timur dengan peningkatan trafik 6 persen.

Sementara, di beberapa kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki kenaikan trafik di atas 60 persen. Hal ini dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk mengakses layanan internet di sepanjang perjalanan dan saat berada di tujuan mudik.

Agus menjelaskan, jaringan telekomunikasi Smartfren telah dirancang menggunakan desain full redundant dan memiliki teknologi switch over, sehingga perubahan kebutuhan kapasitas bisa disesuaikan dengan cepat.

Teknologi ini pula berkontribusi mempercepat penanganan jaringan, sehingga gangguan bisa diselesaikan kurang dari satu jam.

Antisipasi jaringan tersebut juga membuat Smartfren berhasil memperkecil jumlah keluhan pelanggan terkait jaringan hingga 60 persen selama periode Lebaran. Kondisi jaringan pun tidak ada insiden kritis yang menyebabkan gangguan terhadap jaringan.


Produk Pendukung Aktivitas Internetan

Smartfren Unlimited Nonstop.
Perbesar
Pengguna bisa mendapatkan kuota 6 GB dan bonus kuota lokal hingga 6 GB per 27 April ini.

Smartfren juga menghadirkan produk untuk membuat aktivitas internetan nyaman selama Ramadan hingga Lebaran. Salah satunya melalui promo add-on Unlimited Malam Full Speed yang bisa ditambah ke paket Smartfren Unlimited Harian dan Unlimited Nonstop.

Add-on Unlimited Malam Full-Speed dijual mulai Rp 5.000 untuk 7 hari atau Rp 10.000 untuk 28 hari. Add-on aktif otomatis pada pukul 01.00 hingga 05.00.

Smartfren juga mengajak pelanggan mendapat hadiah langsung dengan mengikuti program Smartfren Wow Treasure Hunt yang berlangsung hingga 13 Desember 2022. Pelanggan hanya perlu memasang aplikasi MySmartfren, dengan begitu mereka bisa berpetualang menjelajah Indonesia dan mendapatkan hadiah menarik.

Tiap transaksi pulsa atau paket data yang mencapai nilai tertentu memberi peluang pelanggan mendapatkan hadiah berupa kuota data hingga 24GB. Seluruh pelanggan yang transaksinya mencapai Rp 300 ribu bisa mengikuti festival lucky draw untuk membuka peti dengan kesempatan mendapatkan hadiah, mulai dari Honda BRV, emas 50 gram, tabungan Rp 100 juta, iPhone 13 Pro Max, dan lainnya.


Janjikan Internet Aman Selama Ramadan-Lebaran

VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat
Perbesar
VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, dalam press conference Network Smartfren di Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022) malam. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Sebelumnya, Smartfren memastikan jaringan internetnya aman saat musim mudik dan libur Lebaran 2022. Hal ini karena Smartfren telah mengantisipasi tingginya trafik internet di masa mudik dan libur Lebaran dengan meningkatkan kualitas dan coverage jaringan di seluruh wilayah operasionalnya di Indonesia.

Smartfren memprediksi, akan ada lebih dari 200 titik keramaian yang akan dikunjungi masyarakat selama musim mudik dan Lebaran 2022. Untuk itu, Smartfren meningkatkan kapasitas dan coverage jaringannya di wilayah-wilayah tersebut.

Peningkatan kualitas jaringan Smartfren telah selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional Smartfren dan wilayah yang diprediksi jadi titik keramaian di jalur mudik.

Smartfren secara nasional meningkatkan kualitas dan coverage jaringan Smartfren hingga 18 persen. Peningkatan ini diklaim cukup untuk menangani lonjakan trafik internet yang diperkirakan mencapai 14-20 persen.

VP of Network Operation Smartfren Agus Rohmat mengatakan, mudik tahun ini merupakan musim mudik perdana setelah 2 tahun ditiadakan karena pandemi.

"Smartfren siap memberikan pengalaman internet terbaik untuk seluruh pelanggan, termasuk mereka yang sedang dalam perjalanan mudik. Optimasi jaringan sudah selesai dilakukan 100 persen terutama di area jalur mudik," kata Agus, dikutip dari keterangan Smartfren.

Agus menambahkan, optimasi jaringan sudah selesai dilakukan 100 persen, terutama di area jalur mudik.

"Kami juga menyiapkan beberapa booth di jalur mudik sehingga pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan pulsa atau paket data Smartfren," katanya.

Selain jalur mudik, titik keramaian yang juga dipersiapkan untuk mengatasi lonjangan trafik adalah daerah wisata.

(Tin/Ysl)

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Perbesar
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya