Sukses

Timnas Free Fire Indonesia Puncaki Klasemen SEA Games 2021

Setelah bertanding di 7 map, tim Garuda dan Rajawali sukses menduduki posisi di tiga besar klasemen Free Fire.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Free Fire Indonesia tampilkan performa terbaik mereka dalam laga SEA Games 2021 Day 1 di nomor game Free Fire.

Setelah bertanding di 7 map, tim Garuda dan Rajawali sukses menduduki posisi di tiga besar klasemen Free Fire.

Adapun tim Garuda saat ini berada di peringkat pertama, dibayangi oleh Thailand di peringkat ke-2, dan Rajawali di peringkat 3.

Pertarungan kedua timnas Free Fire Indonesia sudah terlihat sejak map pertama game dimulai, dengan sudah langsung mencetak booyah dengan total elims 13 poin.

Tak ingin berpuas diri, tim Garuda dan Rajawali pun meningkatkan permainan mereka dengan kembali mencetak booyah pada game kedua dan keempat.

Walau sudah berada di atas angin, kedua tim yang berisikan anak-anak kebanggaan Tanah Air ini juga memiliki momen inkonsistensi dalam pertandingan.

Salah satu momen tersebut adalah di map terakhir. Pada saat itu, kedua timnas Indonesia harus hengkang dari map lebih awal.

<p>Penampilan Timnas Free Fire Indonesia di SEA Games 2021. (Doc: PBESI)</p>

Karena hal tersebut, tim asal Thailand pun mampu mengumpulkan poin dan memposisikan diri mereka di peringkat 2 klasemen.

Meski sempat dicibir sejak proses pelatnas, tim Free Fire Indonesia mampu menjawab kritik tersebut dengan menampilkan pertandingan yang apik.

Berisikan atlet dari tim yang berbeda, tentunya penampilan di SEA Games 2021 ini menjadi bukti ke-10 anak muda Indonesia mampu menciptakan sebuah tim yang solid.

Informasi, Indonesia memboyong dua tim ke SEA Games 2021. Tim pertama diberi nama Garuda dengan atlet, seperti Ibnu Nasir Ramdani, Nur Ivaldi Fajar, Richard William Manurung, Shahin Taskhir dan Viktor Innosensius.

Agus Suparman (EVOS), Muhamad Fikri Alief Pratama (DG Esports), Rafli Aidil Fitrah (FE Esports), Raihan Maghfur (Dewa United Esports) dan Rhama Satria (RANS Esports) berada di tim Rajawali.

Rencananya, timnas Free Fire Indonesia akan kembali berlaga pada final day 2 tanggal 15 Mei mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketua Harian PBESI Siapkan Bonus untuk Atlet Esports

<p>Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo</p>

Ketua Harian PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Bambang Sunarwibowo mewakili Ketua Umum PBESI Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan melakukan pengecekan pada para atlet esports menjelang SEA Games 2021 di Vietnam.

Menurut Bambang, pengecekan tersebut meliputi kebutuhan perlengkapan, mentalitas atlet, hingga stamina. Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga memberikan arahan pada para atlet. Dalam pengecekan persiapan tersebut, Bambang menuturkan, dirinya

"Kami mengecek kesiapan terakhir atlet sebelum pemberangkatan ke Vietnam. Mulai dari kebutuhan perlengkapan, mentalitas atlet, hingga staminanya," ujar Bambang di basecamp military lifestyle, Megamendung, Bogor seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (6/5/2022).

Ia menuturkan, para atlet esports dipastikan telah memiliki stamina yang unggul. Karenanya, ia yakin para atlet bisa mendapatkan hasil pertandingan yang terbaik.

"Dalam waktu yang dekat ini, mereka harus bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan menunjukkan staminanya, agar memperoleh medali emas untuk bangsa Indonesia," ucapnya melanjutkan.

3 dari 4 halaman

Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2022

Ilustrasi Game Mobile, PUBG (Photo by SCREEN POST on Unsplash)

Pada ajang SEA Games 2021 ini, Indonesia akan memberangkatkan 38 atlet esports yang berlaga di enam nomor pertandingan. Bambang berharap Indonesia bisa mendapatkan emas dari seluruh nomor pertandingan tersebut.

Untuk diketahui, game esports yang dipertandingkan dalam ajang SEA Games kali ini adalah FIFA, Crossfire, Free Fire, PUBG Mobile, serta Mobile Legends. Rencananya, para atlet akan bertolak ke Vietnam pada 10 Mei 2022.

Sebagai tambahan, Bambang menuturkan, Ketum Umum PBESI akan memberikan tambahan uang saku untuk para atlet dan pendukung yang berangkat ke Vietnam sebesar Rp 850 juta. Lalu, ada bonus sebesar Rp 7 miliar untuk para atlet dan pendukung yang berhasil membawa pulang emas.

4 dari 4 halaman

Daftar Nama Atlet Esports

Ilustrasi main Mobile Legends Bang Bang (Foto:Shutterstock).

CrossFire

Syafiq al Madihidj (Manager), Dayllen Effendi Putra (Pelatih), dan Bambang Tri Utomo (Analyst)

Atlet:

Derry Alviano, Evan Jordan, Gian Kurniadi, Jason Adrian, Riddho Putra Muharam, Samuel Santosa, dan Yudi Kurniawan.

FIFA Online 4

Wong Andy Wijaya (Pelatih) dan Muhammad Hafizuddin (Manager).

Atlet:

Aziz Muhammad Surya Jaya, Mohammad Ega Rahmaditya, Pugu Mujahid Mantang, dan Rizky Faidan

Free Fire

Adi Gustiawan (Manager), Fayad (Pelatih), dan Ahmad Fadly Masturoh (Analyst).

Atlet:

Agus Suparman, Ibnu Nasir Ramdani, Muhammad Fikri Alief Pratama, Nur Ivaldi Fajar, Rafli Aidil Fitrah, Raihan Maghfur, Rhama Satria, Richard William Manurung, Shahin Taskhir, dan Victor Innosensius.

Mobile Legends

Bramanthyo Rinaldy (Manager), James Chen Jui Teng (Pelatih), Adi Syofian Asyauri (Pelatih), dan Ronaldo Aditya Lieberth (Analyst).

Atlet:

Albert Neilsen Iskandar, Gilang, Calvin Winata, Nicky Fernando Pontonuwu, Calvin, Rivaldi Fatah, dan Ihsan Besari Kusudana.

PUBG Mobile

Isfan Satria Wijaya (Manager – Team), Ershad Riansyah (Manager – Solo), Andrew Harwin Harijadi (Pelatih – Team), Jeffry Hariwijaya (Pelatih – Solo), Steven Valerian Danilo (Analyst – Team), dan Doni Saputra Ismaidi (Analyst – Solo).

Atlet:

Jason, Sharfan Syahman Shodiq, Febrianto Genta Prakasa, Eksarachman Jayanto, Alan Reynold Kumaseh, M Rizqie Habibullah Iswandi, Muhammad Albi, Genta Effendi, Made Bagus Prabaswara, dan Nizar Lugatio Pratama.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini