Sukses

Bethesda Tunda Peluncuran Game Starfield dan Redfall ke 2023

Bethesda menunda peluncuran dua game paling ditunggu tahun ini, yaitu Starfield dan Redfall hingga tahun 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Bethesda Software, studio game dibalik kesuksesan seri The Evil Within, The Elden Scroll, dan Fallout mengungkap informasi tentang game baru garapannya.

Dalam sebuah postingan di akun Twitter-nya, studio milik Microsoft itu menunda peluncuran dua game paling ditunggu tahun ini, yaitu Starfield dan Redfall.

Adapun Starfield sendiri adalah game dengan latar cerita sci-fi RPG, dan Redfall mengambil cerita unik bertema vampire tetapi shooter.

Mengutip pernyataan perusahaan di Twitter, Sabtu (13/5/2022), tim Arkane Austn dan Bethesda Game Studio berambisi membuat game terbaik untuk pemain setiannya.

"Kami ingin memastikan player mendapatkan game terbaik dari Redfall dan Starfield," ujar Microsoft.

Starfield adalah game RPG fksi ilmiah yang dibuat oleh tim dibalik pembuatan seri Elder Scrolls, dan IP baru sejak 25 tahun studio ini berdiri.

Sementara itu, Redfall adalah game bergenre open-world co-op shooter dengan gaya Left 4 Dead, dan dibuat oleh studio Arkane pimpinan direktur kreatif Dishonored, Harvey Smith.

Kedua game tersebut memiliki silsilah yang bagus, dan keduanya sangat penting bagi pemilik baru Bethesda, Microsoft.

Ini karena Redfall dan Starfield akan menjadi judul Bethesda pertama yang secara eksklusif meluncur di PC dan, sejak hari pertama, di Xbox Game Pass.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Microsoft Bakal Rilis Perangkat Streaming Game Khusus TV

Integrasi langsung Xbox Game Pass ke Windows 11. Pengguna bisa langsung memainkan dari cloud. (Microsoft)

Microsoft dilaporkan akan menghadirkan produk terbaru untuk mendukung layanan Xbox Cloud Gaming miliiknya. Seperti diketahui, Xbox Cloud Gaming merupakan layanan streaming game berbasis cloud

Lewat layanan ini, pengguna dapat melakukan streaming dan bermain game secara langsung di perangkat yang diinginkan, baik di mobile maupun PC. Layanan yang diperkenalkan tahun lalu ini merupakan bagian Xbox Game Pass.

Lalu menurut laporan terbaru, seperti dikutip dari Venture Beat, Minggu (8/5/2022), Microsoft berencana untuk memperluas jangkauan Xbox Cloud Gaming. Tidak hanya diakses melalui perangkat mobile atau PC, perusahaan dilaporkan berencana menghadirkan layanan ini ke TV pengguna.

3 dari 5 halaman

Main Game di Smart TV

PC Game Pass (Dok. Microsoft Indonesia)

Oleh sebab itu, Microsoft disebut berencana merilis perangkat streaming untuk layanan Xbox Cloud Gaming dalam jangka waktu sekitar 12 bulan ke depan. Belum diketahui seperti apa bentuk perangkat ini, tapi kemungkinan akan mirip dengan dongle TV pintar yang ada di pasaran saat ini.

Dengan kata lain, perangkat ini tinggal dihubungkan ke TV agar pengguna bisa mengakses layanan Xbox Cloud Gaming melalui TV miliknya. Lalu, pengguna dapat mengaksesnya sebagai bagian dari paket berlangganan Xbox Game Pass Ultimate.

Selain perangkat tersendiri, Microsoft juga dilaporkan tengah bekerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan aplikasi streaming khusus game Xbox di smart TV besutan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Rencananya, aplikasi ini akan debut dalam waktu 12 bulan ke depan.

Langkah Microsoft ini tidak mengagetkan, karena perusahaan diketahui akan memperluas jangkauan Xbox ke lebih banyak orang. Karenanya, perusahaan terus berupaya mengembangkan layanan tersebut, termasuk dengan merilis perangkat khusus.

Di sisi lain, Xbox Cloud Gaming sendiri masih terbatas untuk pelanggan Xbox Game Pass Ultimate di 22 negara. Microsoft menyebut layanan ini sudah memiliki lebih dari 100 judul game yang dapat dimainkan pelanggannya.MAin 

4 dari 5 halaman

Trek to Yomi hingga Sniper Elite 5

Microsoft umumkan daftar Xbox Game Pass April 2022. (Doc: Xbox)

Di sisi lain, Xbox baru saja mengumumkan deretan game yang akan tampil di Xbox Game Pass Mei 2022. Bulan ini, gamer Xbox dan PC akan kedapatan 3 judul game rilis perdana atau day one. Apa saja?

Ketiga game yang rilis perdana di konsol dan PC, adalah Trek to Yomi, Sniper Elit 5, dan Hardscape: Shipbreaker.

Selain ketiga game tersebut, Xbox juga menyertakan judul-judul seperti Loot River, NHL 22, Danganronpa 2, Floppy Knights, dan masih banyak lagi.

Informasi, ini hanyalah daftar judul game awal Xbox Game Pass di bulan main. Beberapa minggu mendatang akan diungkap judul lainnya.

Dari sekian judul game yang muncul bulan ini, Trek to Yomi adalah salah satu yang paling ditunggu kehadirannya.

5 dari 5 halaman

Xbox Game Pass

Logo Microsoft (Dok. Microsoft)

Dilansir IGN, Kamis (5/5/2022), Trek to Yomi adalah game sinematik action-adventure terinspirasi dari kreator film asal Jepang, yaitu Akira Kurosawa.

Game ini dapat diunduh dari Xbox Game Pass ke konsol dan PC mulai 5 Mei 2022.

Berikut ini adalah daftar lengkap judul game batch pertama yang hadir di Xbox Game Pass Mei 2022.

Loot River — Tersedia saat ini

Citizen Sleeper — 5 Mei

Trek to Yomi — 5 Mei

Danganronpa 2: Goodbye Despair Anniversary Edition — 10 Mei

Eiyuden Chronicle: Rising — 10 Mei

This War Of Mine: Final Cut — 10 Mei

NHL 22 (EA Play) — 12 Mei

Floppy Knights — 24 Mei

Hardspace: Shipbreaker — 24 Mei

Sniper Elite 5 — 26 Mei

Pac-Man Museum — 27 Mei 

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.