Sukses

iPad Air 5 dengan Chip M1 Hadir Resmi di Indonesia, Berapa Harganya?

Setelah diperkenalkan bulan lalu, iPad Air 5 yang menggunakan chip M1 besutan Apple kini sudah bisa dibeli di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - iPad Air 5 yang diperkenalkan bersama iPhone SE 2022 pada bulan lalu resmi hadir untuk pasar Indonesia. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (13/5/2022), tablet ini sudah tersedia serta dapat dibeli di iBox dan Digimap.

Saat pertama kali diperkenalkan, iPad Air generasi kelima ini berhasil menarik perhatian karena dibekali chip M1. Apple menyebut chip ini mampu memberikan peningkatan kinerja yang sangat besar, bahkan pada alur kerja yang tinggi.

Menurut Apple, CPU 8-core memberikan kinerja hingga 60 persen lebih cepat, dan 8-core GPU memberikan kinerja grafis hingga dua kali lipat lebih cepat dibandingkan iPad Air generasi sebelumnya.

Untuk mendukung CPU dan GPU tersebut, Apple mengombinasikannya dengan Neural Engine 16-core yang mendukung fungsi machine learning dan memungkinkan penggunaan tablet tingkat lanjut.

iPad generasi terbaru ini tersedia dalam lima pilihan warna, yakni pink, space grey, purple, blue, dan starlight. Saat ini, baru tersedia pilihan Wi-Fi saja, tapi dari situs resmi, ada pula varian WiFi+seluler.

Lantas, berapa harga iPad Air 5 untuk pasar Indonesia? Bagi yang penasaran, simak daftar lengkapnya berikut ini.

iPad Air 64GB

  • WiFi : Rp 10.999.000
  • WiFi + seluler : Rp 13.999.000

iPad Air 256GB

  • WiFi : Rp 13.999.000
  • WiFi+ seluler : Rp 16.999.000

Sebagai informasi, iPad ini hadir dengan layar Liquid Retina 10,9 inci, dengan 3,8 juta piksel, termasuk kecerahan 500 nits, P3 wide color gamut, True Tone, dan lapisan layar anti-reflektif.

Tablet ini juga mendukung speaker stereo, serta Touch ID yang terpasang di tombol bagian atas. Perangkat ini juga mendukung penggunaan Apple Pencil Generasi ke-2 dan Magic Keyboard.

Apple juga menyematkan fitur Center Stage di kamera depan ultra wide 12MP. Fitur ini membantu tampilan kamera secara otomatis untuk menyesuaikan dengan pergerakan pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apple Pensiunkan Port Lightning iPhone dan Pakai USB Type C Mulai 2023?

Di sisi lain, Apple dikabarkan akan pensiunkan port Lightning pada iPhone dan menggantikannya dengan port USB Type C mulai tahun depan. Informasi ini berdasarkan pernyataan dari analis Ming-Chi Kuo.

Dalam sejumlah cuitan, Kuo mengatakan, Apple akan memulai perubahan tersebut pada 2023.

Kuo mengatakan, adopsi USB Type C pada iPhone bisa meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone, namun untuk spesifikasi akhirnya masih tergantung pada dukungan iOS.

"Survei terbaru saya mengindikasikan iPhone 2023 akan meninggalkan port Lightning dan berganti ke port USB Type C. USB Type C bisa meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya dalam desain hardware, namun spesifikasi detail final masih tergantung pada dukungan iOS," kata Ming melalui akun Twitter.

Prediksi Kuo bukannya hal baru. Sebelumnya, rumor dan spekulasi bahwa Apple mengadopsi USB Type-C untuk iPhone telah beredar selama bertahun-tahun lalu.

Mengutip The Verge, Kamis (12/5/2022), industri smartphone umumnya telah menganut standar port USB Type C. Apple sendiri telah menambahkan port USB Type C ke iPad terbarunya dan menggunakan port Thunderbolt yang dengan USB Type C di sejumlah produk Mac.

3 dari 5 halaman

Tekanan dari Regulator Uni Eropa

Bukan hanya dari industri, tekanan untuk beralih ke USB Type C juga muncul dari pembuat kebijakan. Pasalnya, Komisi Uni Eropa masih mempertimbangkan adanya aturan yang mewajibkan penggunaan port USB Type C pada smartphone dan perangkat elektronik lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengurangi limbah elektronik dengan menstandardisasi pengisi daya dan kabel data.

Sayangnya, Apple selalu menentang gagasan tersebut. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bahkan disebut-sebut mau membuat iPhone tanpa port dan mengandalkan pengisian daya nirkabel dan transfer data alih-alih menggunakan port USB Type C.

Tahun lalu pun, Ming Chi Kuo pun memperkirakan Apple tidak mempertimbangkan penggunaan port USB Type C. Pada Maret 2021, ia menyebut, Apple berencana mempertahankan port Lightning di iPhone untuk beberapa waktu yang yang bisa diperkirakan.

Berdasarkan rumor dari MacRumors dalam artikelnya baru-baru ini, saat Apple memperkenalkan standar port Lightning pada September 2012, Phil Schiller menyebutnya sebagai "konektor modern untuk dekade berikutnya." 

4 dari 5 halaman

Tiga iPhone Tak Dapat Update iOS 16

Terlepas dari itu, sebelumnya saat iOS 16 diumumkan akhir tahun ini, kemungkinan akan ada tiga iPhone yang tidak lagi mendapatkan update iOS 16, meski kini ketiganya masih mendapatkan update software iOS 15.4.

Mengutip laman Tomsguide, Minggu (1/5/2022), berdasarkan tipster Apple LeaksApplePro, akan ada tiga iPhone yang kini menjalankan iOS 15, namun tidak akan mendapatkan iOS 16.

Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016).

Jika dicermati, ini bukan pertama kalinya beredar isu bahwa iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016) tidak akan mendapatkan update iOS 16. Tahun lalu, sumber berbeda menyatakan hal serupa.

Sebelumnya, di tahun lalu saat menghadirkan iOS 15, Apple memberikan kejutan yang menyenangkan. Di mana, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa diperbarui software-nya hingga iOS 15.

Namun seiring iOS yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dan daya komputasi yang lebih kuat, kejutan menyenangkan seperti di atas tidak bisa terus ada. 

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.