Tips Buat Kamu yang Mau Internetan Makin Hemat dan Praktis

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 12 Mei 2022, 11:05 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 11:05 WIB
Ilustrasi internetan.
Perbesar
Ilustrasi internetan. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Kamu orangnya media sosial banget? Sebagian besar waktu yang kamu habiskan ada di dunia digital? Scroll atas sampai bawah, swipe kanan sampai kiri, dan cari orang yang match ketika lagi surfing di platform digital, itu keseharian kamu? Tapi, itu semua nggak bisa lancar dijalankan ketika kuota internet kamu habis kan?

Nha, kalau kayak gitu pasti buat kamu sebal yha kan? Terus naluri kepo kamu ke-trigger, apa sih yang buat kuota internet boros banget. Nha, kalau gitu, coba kamu simak tips menghemat kuota internet yang bisa kamu terapkan yha!

Matikan Kuota Internet di Aplikasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet dengan mematikan kuota internet pada aplikasi yang terpakai. Cara ini bisa dibilang ampuh untuk mengurangi konsumsi kuota internet kamu lho.

Cek Aplikasi yang Boros Kuota

Sebagai pengguna smartphone yang bijak, ada baiknya kamu perhatikan deh aplikasi mana yang memakan banyak kuota internet kamu. Hal ini, untuk antisipasi penggunaan kuota berlebih yang bisa menjadi penyebab boros kuota internet setiap bulannya yha.

Stop Pembaruan Otomatis pada Smartphone

Ada saatnya smartphone kamu meminta untuk melakukan pembaruan perangkat atau aplikasi. Ini bisa jadi salah satu penyebab dari borosnya penggunaan kuota internet di smartphone kamu lho.

Nha, mulai sekarang, coba ganti fitur pembaruan ini menjadi manual, biar kamu bisa melakukan pembaruan sesuai dengan selera kamu. Atau kalau kamu nggak mau lupa, coba diganti aja dengan mode perbarui dengan jaringan wifi. Dengan begitu, pembaruan akan diproses saat smartphone kamu tersambung dengan jaringan wifi yha.

Batasi Penggunaan Kuota Internet

Beberapa smartphone yang tersebar di pasaran, sudah mendapatkan fitur bawaan yang dapat membatasi penggunaan kuota internet di smartphone kamu lho. Nha, kamu bisa mengaktifkan fitur ini, sehingga saat kuota hampir melebihi batas penggunaan, kamu diberi peringatan secara otomatis. Yha, kalau smartphone kamu nggak support fitur ini, kamu bisa unduh di Play Store aplikasinya yha.

Kurang-kurangin Streaming Video

Biasanya, buat ngilangin rasa bosan saat gabut, seringkali kamu memilih untuk nonton film atau video. Kalau kamu tonton itu secara offline atau tersambung ke jaringan wifi sih nggak masalah yha. 

Namun, apa jadinya kalau kamu nonton secara streaming pakai kuota internet? Pastilah boros yha. Kamu bisa siasati itu dengan unduh dulu film atau video yang kamu mau tonton dengan jaringan wifi, terus simpan deh di smartphone kamu.


Selalu Ada Selalu Bisa

Nha, kalau kamu ikuti lima tips di atas, dijamin kuota internet kamu bakal lebih hemat deh. Tapi, kalau kamu emang mau tetap menggunakan paket data, ada solusi praktisnya lho. Semua dimulai dari Tokopedia sebagai marketplace yang mengusung #SelaluAdaSelaluBisa ini menghadirkan sisi praktis buat kamu bisa isi paket data.

Sebagai marketplace nomor satu di Indonesia yang memiliki pengunjung sebesar 135 juta di tahun 2021, Tokopedia memiliki beragam produk yang tersedia. Kamu bisa menemukan beragam produk elektronik, fashion, hingga paket internet dari bermacam provider. Nggak salah yha kalau Tokopedia ini jadi andalan netizen buat penuhin kebutuhan mereka.

Buat kamu yang menjunjung tinggi sisi praktis dalam segala transaksi, Tokopedia bisa menjawab itu. Kamu bisa beli paket internet smartfren, paket internet Telkomsel, dan paket internet Indosat yang lebih murah, hanya dengan sekali klik di aplikasi Tokopedia, masukin nomor kamu, pilih metode pembayaran, dan langsung deh paket internet kamu masuk. Dengan begitu, surfing di media sosial jelas akan terasa nyaman dan nggak bakal bikin badmood yha!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya