Sukses

5 Tips dan Trik Mudahkan Pemakaian WhatsApp Web

Pengguna WhatsApp Web di komputer dan laptop, berikut adalah 5 tips dan trik untuk membuat penggunaan WhatsApp Web jadi lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan maraknya bekerja dari rumah atau dari jarak jauh, penggunaan WhatsApp Web langsung dari komputer pun mengalami peningkatan. Praktisnya mengakses WhatsApp Web dari komputer atau laptop membuat orang tak perlu sering-sering mengecek aplikasi WhatsApp di smartphone.

Nah, untuk mempermudah penggunaan WhatsApp Web, pengguna perlu mengetahui beberapa tips dan trik agar makin praktis.

Berikut adalah 4 trik dan tips WhatsApp Web untuk mempermudah pemakaian WhatsApp di laptop atau komputer, sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Selasa (10/5/2022).

1. Pintasan Keyboard

Agar makin mudah memakai WhatsApp Web di komputer, pengguna perlu mengetahui sejumlah pintasan atau shortcut keyboard.

Mengetahui sejumlah pintasan atau shortcut keyboard ini akan membuat pengguna lebih cepat dalam mengetik. Apa saja?

- Ctrl + Alt + Shift + U: Tandai belum dibaca

- Ctrl + Alt + Shift + M: Mute atau bisukan notifikasi

- Ctrl + Alt + E: Arsipkan chat

- Ctrl + Alt + Backspace: Hapus chat

- Ctrl + Alt + Shift + P: Pin chat

- Ctrl + Alt + / garis miring ke depan: Lakukan pencarian.

- Ctrl + Alt + Shift + N: Buat Chat baru

- Ctrl + Alt + Shift + N: Buat Grup baru

- Ctrl + Alt + P: Profil dan Tentang

- Ctrl + Alt + , (koma): Pengaturan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Cari Emoji dengan Keyboard  

Perpesanan instan rasanya kurang lengkap tanpa emoji. Namun, agak ribet jika pengguna harus berpindah dari keyboard ke mouse/ tetikus, mengklik ikon emoji yang ada di samping papan pengetikan dan menemukan emoji yang tepat.

Untungnya, ada cara mudah untuk mencari emoji di WhatsApp Web.

Pada kotak teks biasa, ketik : (titik dua) dan diikuti dengan dua huruf emoji yang ingin dipakai. Pengguna akan mendapatkan prompt pencocokan emoji yang berubah sesuai dengan huruf yang diketikkan.

Gunakan tombol panah pada keyboard untuk beralih antara emoji yang ditampilkan. Tekan Enter untuk menerima.

Pengguna juga bisa mengakses tombol emoji, stiker, dan GIF dengan menekan Shift + Tab di jendela chat mana pun.

Hal ini akan menyorot ikon emoji, dan tekan Enter untuk membuka menu emoji, stiker, dan GIF. Tekan Tab dan Shift + Tab untuk beralih melalui tiga pilihan. Navigasikan di dalam menu dengan tombol panah.

3 dari 5 halaman

3. Gunakan Beberapa Akun WhatsApp di Satu PC

Sejumlah orang memiliki dua akun WhatsApp di dua smartphone berbeda. Pengguna yang memakai SIM card ganda bisa saja memiliki dua akun WhatsApp berbeda.

Jika pengguna ingin menjalankan dua akun WhatsApp Web di satu komputer yang sama, pengguna tidak bisa membukanya di tab terpisah dan signin secara masing-masing.

Trik WhatsApp Web paling mudah dan yang mungkin dilakukan adalah dengan membuka incognito window atau membuka WhatsApp Web di browser berbeda.

Jadi misalnya pengguna sudah sign in satu akun WhatsApp di Chrome, mulailah satu jendela baru di Incognito Mode. Pengguna bisa membuka WhatsApp Web di Incognito Mode selama satu jam sebelum logout otomatis.

Pengguna juga bisa menggunakan browser berbeda untuk masuk ke akun WhastApp satu lagi. Seperti proses login ke WhatsApp Web, pengguna mungkin diminta untuk memindai kode QR.

 

4 dari 5 halaman

4. Baca Pesan Tanpa Tanda Ceklis Biru

Selama pengguna mengaktifkan tanda ceklis biru, pengguna lain akan bisa melihat apakah kamu sudah membaca pesan WhatsApp atau belum.

Nah, untuk lebih menjaga privasi, pengguna bisa menonaktifkan tanda pembacaan pesan di smartphone atau WhatsApp Web. Caranya:

- Buka chat di jendela WhatsApp Web

- Buka jendela program lain dan ubah ukurannya sehingga pengguna bisa melihat chat WhatsApp Web lengkap di background atau menempatkannya berdampingan.

- Klik di jendela baru dan simpan kursor di sana. Ini menjadi langkah penting, karena komputer akan mengira pengguna tengah bekerja di jendela berbeda.

- Pesan WhatsApp akan dimuat di jendela WhatsApp Chat, yang bisa dilihat tanpa ditandai sebagai pesan yang sudah dibaca dengan centang biru. Menggunakan cara ini, pesan akan memiliki tanda ceklis abu-abu. Itu artinya, pengguna telah menerima pesan tetapi belum membacanya.

 

5 dari 5 halaman

5. Aktifkan Dark Mode untuk WhatsApp Web

WhatsApp memiliki fitur Dark Mode untuk membuat pengguna lebih nyaman menatap layar komputer saat chat.

Untuk mengaktifkan dark mode di WhatsApp Web, caranya:

- Buka web.whatsapp.com di browser

- Login dengan memindai kode QR

- Klik opsi menu yang ditandai dengan ikon titik tiga vertikal

- Klik "Setting" > "Chat" > "Theme" > "Dark" > "Ok".

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.